Panduan Lengkap Cara Membuat Blog atau Website Untuk Pemula

Dalam membuat blog atau website di intemet, kita memiliki dua pilihan, yaitu memakai fasilitas blogging gratis dan memakai yang berbayar. Setiap pilihan tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Salah satu cara gratis untuk memiliki halaman blog di internet adalah dengan menggunakan Blogger.com.

Daftar Materi Pembahasan :

Blogger merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk pengguna Gmail yang ingin membuat blog secara gratis. Sampai saat ini, layanan blogger masih menjadi layanan terbaik dalam membuat blog gratis di internet di antara layanan-layanan lainnya.

Beberapa keunggulan Blogger dibanding yang lainnya adalah penggunaan blogger yang mudah, tampilan yang tidak kalah menarik dengan banyak pilihan template, mudah dioptimasi dari sisi Search Engine Optimization (SEO), dan lainnya.

Dalam artikel kali ini, kita akan membuat blog di Blogger.com. Berikut langkah-langkahnya.

1. Membuat Akun Email di Gmail

Blogger adalah aplikasi yang dimiliki oleh Google. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakannya, pengguna diwajibkan untuk masuk ke halaman Blogger.com mengunakan alamat email dengan Gmail. Jika Anda belum memiliki email di Gmail, buatlah terlebih dahulu.

Adapun cara membuat email di Gmail adalah sebagai berikut.
1. Kunjungi http://mail.google.com.
2. Untuk lebih memudahkan, ubah  bahasa ke Indonesia dengan klik tombol drop down yang ada di tengah bawah.
3. Klik Buat Akun (create account) dan pilih for myself (untuk sendiri)
4. Isilah formulir yang ada dengan data diri Anda:
- Nama Depan: isi dengan nama depan Anda, mísalnya Alfiannor.
- Nama Belakang: isi dengan nama belakang Anda, misalnya Boobs.
- Pilih nama pengguna Anda: ini yang nantinya menjadi alamat email Anda. Isilah dengan nama yang Anda inginkan, misalnya alfiannorBoobs, maka alamat email Anda akan menjadi alfiannorboobs@gmail.com.

Perlu Anda ketahui, satu nama email hanya bisa dimiliki oleh satu orang untuk seluruh dunia. Oleh karena itu, nama yang sudah diambil oleh orang lain tidak dapat Anda dapatkan atau dengan kata lain, tidak tersedia untuk dibuat yang baru. Setelah nama pengguna diisi, secara otomatis akan dicek apakah nama tersebut masih tersedia atau tidak. Apabila tidak tersedia, Anda harus mencari nama lain yang masih tersedia dibuatkan secara otomatis.
  • Buat sandi: isilah dengan kata sandi yang Anda inginkan.
  • Buatlah kata sandi yang kuat agar tidak mudah di-scan oleh software robot jahat, yaitu sandi yang merupakan campuran dari huruf, angka, serta karakter khusus, misalnya B4chyou123455.
  • Konfirmasi sandi Anda: tulis ulang kata sandi yang tadi Anda masukkan (harus sama persis), misalnya B4chyou123455

 5. Kalau sudah klik Selanjutnya dan akan di arahkan ke Menu Baru yaitu konfirmasi nomor telepon, email pemulisahn (jika ada), tanggal lahir dan jenis kelamin
- Nomor telepon : isi dengan nomor ponsel/HP anda (bukan nomor whatsapp)
- Email pemulihan : isi email pemulihan jika ada.
- Tanggal lahir : isi dengan tanggal lahir anda
- Gender : pilih jenis kelamin Anda, contoh: Pria

6. Klik tombol langkah Berikutnya.
7. Selanjutnya, Google akan mengirimkan SMS ke nomor HP yang telah dicantumkan di atas.
8. Masukkan kode yang dikirim oleh google pada fom yang tersedia.
8. Selamat! email Gmail Anda sudah jadi dan bisa digunakan untuk mendaftar di Blogger.com.

2. Membuat Blog di Blogger

Pada tahapan ini. anda akan dipandu step by step membuat blog. Pada pembuatan blog diperlukan sebuah email yang sebelumnya sudah ada buat. Untuk langkah-langkanya silahkan ikut pdanduannya berikut;
1. Silahkan masuk ke Blogger.com.
2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah dipahami.
3. Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan akun email Gmail Anda.

Jika diminta konfirmasi profil blogger, pilihlah salah satu dan dalam praktik kali ini kita pilih Buat profil Blogger Umum dengan mengklik "Buat Profil Blogger +.

5. Isi nama tampilan. Nama tampilan ini akan muncul nantinya di setiap artikel blog kita.

6. Klik Lanjutkan ke Blogger.
7. Klik blog Baru
8. Isi judul blog yang akan tampil di bagian paling atas blog. Isi juga alamat blog (url) nantinya dan pilih template yang Anda sukai. Kemudian, klik Buat Blog.
9. Jika berhasil, blog sudah jadi dan Anda akan diarahkan ke halaman seperti ini:
10. Untuk mencoba memasukkan tulisan pertama Anda di blog, silahkan klik Entri Baru dan Pilih Compose. Disini anda bisa mengetik seperti anda mengetik di office word..

11. Isi judul artikel dan isi artikel. Setelah itu, tuliskan kategori pada kolom label. Selanjutnya, klik Publikasikan.
Selamat! Blog Anda sudah jadi dan tulisan pertama Anda sudah berhasil dipublikasikan. Silakan klik menu Lihat Blog untuk melihat tampilan blog Anda. Langkah selanjutnya, Anda tinggal bermain- main dengan bagian pengaturan. Jangan khawatir, karena instruksi yang diberikan sangat mudah dipahami. Klik bagian Setelan dan sesuaikan pengaturannya dengan selera Anda.

3. Mempercantik Tampilan Blog

Untuk mempercantik tampilan blog, kita dapat mengganti template nya. Template pada blogger ini ibarat pakaian untuk blog tersebut. Kita bisa menemukan banyak sekall, ribuan bahkan ratusan ribu template blogger gratis di internet.

Untuk mencari template blogger di internet, Anda bisa mengetikkan di mesin pencari seperti Google "Best free blogger template 2020 atau keyword-keyword lainnya. Kemudian, akan muncul banyak sekali situs yang menyediakan template gratis. Setelah men-download template blogger yang paling cocok untuk selera Anda, saatnya memasang template tersebut di blog Anda. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik menu "template".
2. Klik menu "Cadangkan/Pulihkan" yang ada di bagian atas kanan.
3. Kemudian, klik menu Browse dan folder komputer Anda akan terbuka. Silakan ambil template yang sudah Anda download sebelumnya. Untuk template blog ada yang disediakan secara gratis ada juga yang berbayar. Beberapa situs penyedia template gratis yaitu; Mastemplates, Templateism, Bloggertheme9ThemeExposeSoratemplates, Betemplates, Templatesyard, Bthemez, Deluxtemplates

Harap dicatat bahwa format template blogger tersebut harus dengan akhiran .xml. Jika dalam bentuk rar/Zip silahkan di ekstrak terlebih dahulu.

4. Kemudian klik "Unggah".
Selamat, Tampilan Blog anda sudah berubah menjadi tampilan yang baru sesuai template yang anda inginkan.

Langkah mempercantik selanjutnya adalah dengan menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang masih ada di tampilan blog.

Untuk mempercantiknya, biasanya ada panduan yang disediakan oleh penyedia template bersangkutan. Lihat di situs tempat Anda men-download template tersebut, atau lakukan pencarian (browsing) di Google tentang panduan-panduan lainnya perihal menyempumakan blog Anda.

4. Cara Membuat Website Self Hosted

Website Self hosted  maksudnya adalah website yang memakai hosting sendiri dan tidak menumpang di hosting orang lain. Jika sebelumnya kita telah membahas membuat blog di Blogger, maka blog di Blogger tersebut menggunakan hosting yang sudah disediakan oleh pihak Blogger. Sementara itu, komponen yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website self hosted adalah domain, hosting, dan software (CMS untuk Wordpress).

a. Apa Itu Domain

Domain adalah alamat IP atau nama unik untuk website kita nantinya, misalnya NamaSaya.Com. Domain tersebutlah yang nantinya akan kita promosikan agar orang lain mudah mengingat dan mudah mengaksesnya.

b. Apa Itu Hosting

Hosting adalah tempat menyimpan file-file website kita di internet, seperti file-file gambar, tulisan-tulisan, video, software website, dannlainnya akan tersimpan di dalam hosting ini. Jika diibaratkan, hosting hampir sama dengan flashdisk yang sering kita pakai menyimpanbdata offline. Untuk online disebut hosting. Jadi, alurnya adalah kita akan menghubungkan domain ke hosting sehingga ketika pengunjung mengetikkan domain kita, maka akan muncul tampilan website Tampilan website tersebut diambil (tersimpan) di hosting.

c. Apa Itu Software Website?

Software website adalah aplikasi yang kita gunakan untuk membuat website, sering juga disebut CMS (Content Management System).

Inilah cara yang paling mudah dalam membuat website sehingga kita tidak perlu coding pembuatan website dari nol. Kita cukup menyediakan domain dan hosting kemudian instal software website (CMS)-nya.

CMS yang paling direkomendasikan adalah WordPress karena memiliki banyak keunggulan dibanding CMS lainnya, seperti pemakaian yang lebih mudah, desain yang profesional dengan banyak pilihan themes, lebih disukai oleh mesin pencari, didukung dengan plugin yang lengkap, dan kelebihan-kelebihan lainnya.

Selain wordpress, kita juga bisa menggunakan hosting blogger, dengan menggunakan hosting blogger kita tidak perlu lagi membeli hosting. Jadi silahkan pilih mau hosting wordpress atau hosting blogger. Dari 2 hosting ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

d. Di Mana Membeli Domain dan Hosting?

Langkah pertama adalah kita harus sudah memiliki domain dan hosting. Anda bisa membelinya di perusahaan-perusahaan penyedia domain dan hosting. Di Indonesia sudah banyak sekali penyedianya, browsing-lah untuk mencari penyedia domain hosting yang berkualitas. Anda perlu melihat dan memerhatikan review dari pelanggan yang pemah membeli di penyedia tersebut, apakah merasa puas atau malah tidak puas.

Kalau masih bingung dimana tempat mencari domain dan hosting, silahkan kunjungi penyedia Domain dan Hosting di bawah.

- Link Niagahoster klik disini
- Link Qwords klik disini
   Untuk Niagahoster diskon 5% dengan menggunakan kupon "a-JAGOBLOG".

Setelah mendapatkan penyedia yang benar-benar bagus, lakukan pemesanan dan biasanya pembayaran melalui transfer bank lokal. Akan tetapi, jika Anda membeli dari penyedia luar negeri, maka pembayarannya menggunakan dolar paypal atau kartu kredit. Jika Anda membeli domain dan hosting-nya bersamaan dan dari satu penyedia, biasanya mereka sudah menghubungkan domain dengan hosting yang Anda beli. Dengan begitu, pekerjaan Anda tinggal menginstal CMS dan mengisi website.

Jika mengalami kendala atau pertanyaan yang berkaitan dengan domain dan hosting yang Anda beli, perusahaan penyedia yang bagus seharusrya memiliki cuslomer service yang cepat menanggapi pertanyaan kliennya.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Membuat Blog atau Website Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel