Alur Proses Multimedia - Pengenalan Multimedia

Istilah multimedia pertama kali dikenal pada dunia teater, yang mempertunjukkan pagelaran  dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual. Umumnya juga orang mengenal multimedia sebagai sistem dari komputer personal (PC) yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam perkembangannya pengajaran, latihan, pembuatan manufaktur, sedang dalam sistem perekonomian layak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan.

Suatu tinjauan penelitian menyatakan bahwa alat bantu audiovisual (multimedia) meningkatkan pemahaman sampai 200% dalam pengajaran. Adapun alat bantu visual meningkatkan daya ingat sekitar 14-38% dan dapat mengurangi waktu yang diperlukan sampai 40% untuk menjelaskan konsep tunggal dalam kegiatan promosi.
Pada pembelajaran ini kita akan membahas lebih dalam tentang alur proses produksi multimedia. Untuk itu bersungguh-sungguhlah dalam memahami materi berikut ini dengan saksama agar mendapat hasil yang maksimal dan mendapat banyak ilham.

A. Pengenalan Multimedia

1. Kategori Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Ada 2 kategori multimedia berdasarkan definisi dari Media/Medium sendiri sebagai entitas yang dilewati oleh sesuatu, yaitu:

a. Multimedia Content Production

Multimedia Content Production adalah penggunaan Sumber: Dokumen penerbit dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk Content Production menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multìmedia (music, video, film, game, entertaiment, dan lain-lain). Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah media teks, audio, video, animasi, groph/image, interactivity, dan special effect.

b. Multimedia Communication


Multimedia Communication adalah penggunaan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah TV, radio, film, cetak, musik, game, entertoiment, tutorial, dan ICT (internet). Berikut ini merupakan tabel illustrasi dari keterkaitan antara Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.

2. Karakteristik Multimedia


Multimedia juga mempunyai kelompok karakteristik, yaitu:
  1. Bentuk linier, yaitu sebuah struktur multimedia dimana pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir sesuai urutan dari frame atau byte informasi ke yang lainnya
  2. Bentuk non linier atau Interaktif, yaitu struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya.
  3. Hiperaktif merupakan multimedia yang memiliki suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada.

 Dari karakteristik tersebut meliputi:

  1. Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
  2. Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut hypermedia.
  3. Pengembang multimedia, membuat judul multimedia dengan perangkat Authoring, yaitu perangkat pengembangan multimedia.
  4. Projek multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia.

 Ada beberapa istilah-istilah yang sering digunakan dalam multimedia, yaitu:

  1. Multimedia Interaktif, yaitu multimedia yang pengguna akhir atau user dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan
  2. Programmer Multimedia, yaitu orang vang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang harus menggunakan sebuah sistem authoring/bahasa pemrograman.
  3. Projek Multimedia, yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau'televisi, Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan. multimedia.

3. Manfaat Multimedia

Multimedia memiliki manfaat yang beragam, antara lain:

  • Industri Kreatif


Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, hiburan, dan seni komersial.

  • Komersial


Presentasi yang menarik digunakan untuk menarik perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.

  • Hiburan dan seni rupa


Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film, dan animasi. Pada multimedia permainan/games dan program perangkat lunak telah tersedia dan terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.

  • Pendidikan


Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan buku referensi seperti ensiklopedia yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia. Perkembangan proses pembelajaran saat ini telah berkembang dengan pesat karena penggunaan multimedia.

  • Teknik


Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan simulasi komputer untuk
sebagai hiburan dan pelatihan. Cotohnya pelatihan militer atau industri. Multimedia juga dapat dimanfaatkan untuk desain web interface dalam beberapa perangkat lunak.

  • Perindustrian


Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai sarana untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan dalam memantau perkembangan perusahaan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.

  • Matematika dan Penelitian Ilmiah



Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai khususnya untuk modeling dan simulasi, Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya menjadi pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.

  • Kesehatan


Dalam pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri. Kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.

  • Gambar Dokumen


Pengambilan foto copy/dokumen dan mengkonversi ke dalam format digital. (Kurnia Yahya S.Kom)

=====================================================================
Sumber : Buku Siswa Teknik Pengolahan Audio Video Kompetensi Keahlian Multimedia

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "Alur Proses Multimedia - Pengenalan Multimedia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel