"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Superkomputer? 10 Superkomputer Yang Ada Dikala Ini!

Tidak semua komputer diciptakan untuk menanggulangi beban pekerjaan yang sama. Prosesor yang tersedia di pasaran pun beragam yang diadaptasi dengan kebutuhan dan harga. Namun, kebutuhan akan pemrosesan data yang lebih singkat dan lebih banyak menciptakan terciptanya Superkomputer. Lalu, apa itu Superkomputer dan bagaimana bentuknya?


Apa itu Superkomputer?


Superkomputer


Sebenarnya Superkomputer sama saja dengan komputer biasa dalam hal fungsional, tetapi bedanya hanyalah Superkomputer dapat memproses data lebih singkat dan lebih banyak. ‘Tenaga’ dari superkomputer umumnya diukur berdasarkan berapa operasi tata cara tersebut dapat memproses setiap detik.


Teraflop dan Petaflop


Pernah mendengar perumpamaan Teraflop? Teraflop adalah satuan untuk mengukur seberapa cepat suatu perangkat (dalam hal ini komputer) melaksanakan kalkulasi floating point (FLOP) setiap detiknya. Kalkulasi FLOP ini mencakup angka integer, bilangan positif, dan desimal kemudian di acak dan dijadikan suatu soal untuk dikalkulasikan oleh perangkat.


Sebagai acuan, kalkulator yang umum kita pakai memiliki kecepatan penghitungan sebesar 10 FLOP. Itu artinya, setiap detik kalkulator sanggup menyelesaikan 10 perhitungan angka. Lalu, bagaimana dengan Teraflop?


Teraflop ialah satuan triliun untuk FLOP. Sehingga bila komputer anda memiliki kecepatan 1 Teraflop, maka komputer anda mampu menuntaskan penghitungan angka sebanyak 1 triliun dalam 1 detik. Tentu terdengar sungguh cepat bukan? Namun, ketika anda mendengar Petaflop, satuan ini untuk ketika ini hanya digunakan untuk superkomputer.


1 Petaflop adalah sama dengan 1000 Teraflop. Kecepatan seperti itulah yang mampu dijalankan oleh superkomputer, bahkan lebih. Tentu komputer lazimyang dijual di toko-toko belum ada yang memiliki kecepatan sebanyak itu.


Daftar superkomputer tercepat di dunia


Dari penjelasan diatas, anda sudah tahu bagaimana penampilan superkomputer bergotong-royong. Tentu kita harus memiliki pola superkomputer yang ada untuk benar-benar tergambarkan di benak kita semua.


Berikut daftar 10 superkomputer tercepat di dunia yang dihimpun oleh Top500 pada bulan Juni 2018.


















































































No.NamaJumlah CoreKecepatan (Teraflop)Daya (kW)
1Summit (Amerika Serikat)2.282.544122.3008.806
2Sunway Taihulight (Cina)10.649.60093.014,615.371
3Sierra (Amerika Serikat)1.572.48071.610(Belum ada gosip)
4Tianhe-2A (Cina)4.981.76061.444,518.482
5AI Bridging Cloud Infrastructure (ABCI) – (Jepang)391.68019.8801.649
6Piz Daint (Switzerland)361.76019.5902.272
7Titan (Amerika Serikat)560.64017.5908.209
8Sequoia (Amerika Serikat)1.572.86417.173,27.890
9Trinity (Amerika Serikat)979.96814.137,33.844
10Cori (Amerika Serikat)622.33614.014,73.939

Mari kita bicara sedikit mengenai superkomputer tercepat ketika ini adalah Summit.


Summit, Superkomputer tercepat saat ini


Summit ialah superkomputer yang di buat oleh IBM untuk digunakan di Laboratorium Nasional Oak Bridge. CPU yang Summit miliki menggunakan 2 IBM POWERS 9.216 dan GPU yang dipakai menggunakan 6 NVidia Volta 27.648. Jumlah node yang ia miliki mencapai 4.608 dan masing-masing node memiliki penampilan sebesar 42 Teraflop.



Spesifikasi mencengangkan yang lain yakni untuk kapasitas memori per node ialah sebesar 512 GB dengan jenis DDR4 ditambah dengan 96 GB memori jenis HBM2. Total memori yang Summit miliki berjumlah lebih dari 10 Petabyte DDR4! Sedangkan metode operasi yang Summit gunakan adalah Red Hat Enterprise Linux (RHEL) model 7.4.


Dengan spesifikasi yang sungguh-sungguh tinggi, sesungguhnya untuk apakah superkomputer ini? Mari kita bahas bersama.


Penggunaan Superkomputer di seluruh dunia


Seperti yang sebelumnya dibahas, penggunaan superkomputer intinya sama saja dengan komputer biasa yang kita pakai, tetapi kalau pekerjaannya benar-benar kompleks dan cukup lama untuk komputer lazimuntuk melakukannya, maka superkomputer bisa jadi solusi yang sempurna.


Ada 3 tempat atau bidang dimana superkomputer biasa dipakai. Mungkin masih banyak daerah lain, namun kita diskusikan saja tempat atau bidang yang paling banyak penggunaannya.


Militer


Pastinya anda tidak menduga bahwa militer juga menggunakan superkomputer. Penggunaan superkomputer di bidang militer umumnya digunakan dikala pihak militer ingin melakukan simulasi eksperimen untuk demonstrasi peledakan atau skenario penembakan untuk penangkapan teroris. Sehingga, para prajurit dapat bertindak sesuai simulasi dan mampu meminimalkan hilangnya nyawa prajurit


Desain Pesawat


Penggunaan lain di bidang militer meliputi pattern recognition, dimana superkomputer dapat mengetahui pola pergerakan lawan di dalam sebuah gedung. Selanjutnya penggunaan superkomputer untuk pembuatan gambaran satelit dipakai untuk mengecek bidang tanah dimana serdadu akan bertandingdengan musuh. Militer pun tentu saja punya mesin senjata seperti pesawat, tank, dan lain-lain yang mungkin di desain oleh superkomputer alasannya rancangan produk seperti itu mesti mempunyai desain yang rinci. Dan masih banyak lagi pengaplikasian superkomputer di bidang militer.


Pemerintahan


Tentu pemerintahan ingin seluruh rakyatnya sehat. Untuk itu, pemerintahan seperti pemerintahan Amerika Serikat mempunyai superkomputer yang ditujukan khusus untuk mempelajari penyakit, dalam kasus ini yakni penyakit hepatitis C yang disebabkan oleh virus. Dengan superkomputer, para peneliti berhasil membuat sebuah terapi gres yang mampu menghemat dan bahkan menyembuhkan penyakit hati pada pasien.


Selain di bidang medis, superkomputer dipakai untuk menciptakan suatu model cuaca yang menolong badan metereologi memprediksi angin angin ribut dan badai. Bahkan superkomputer yang lebih canggih mampu memprediksi tragedi tersebut 5 hari sebelumnya.


Industri


Semakin banyak industri saat ini yang mulai menggunakan superkomputer. Salah satu penggunaannya adalah simulasi mesin jet dengan teknologi modern. Perusahaan-perusahaan aerospace tersebut tentu butuh superkomputer semoga dapat melakukan simulasi tersebut dengan cepat.


Sama seperti pemerintahan, beberapa industri swasta juga memakai superkomputer untuk mendesain kendaraan baik darat, laut, maupun udara. Contohnya mirip pesawat yang mampu didesain di superkomputer, sekaligus melaksanakan simulasi jikalau desain pesawat tersebut terbang dengan kecepatan yang mampu ditentukan.


Bagaimana berdasarkan anda artikel Apa itu Superkomputer?


Setelah anda membaca artikel ini, anda mengerti apa itu superkomputer, apa saja misalnya, dan bagaimana pengaplikasiannya di dunia kasatmata. Lalu, apakah anda pernah memakai superkomputer? Sepenting apakah superkomputer di pekerjaan anda ketika ini jika anda diberikan satu buah superkomputer? Silahkan tulis di kotak komentar ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar