"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Mudah Untuk Mencari dan Cek NISN Siswa Secara Online

Update Terbaru Cara Cek/Cari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Siswa PAUD-TK/SD/SMP/SMA/SMK Paling Cepat, Mudah, dan Benar
BAHYUDINNOR.COM Cara Mudah Untuk Mencari dan Cek NISN Siswa Secara OnlinePada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi bagimana cara Cek NISN Siswa. Perlu diketahui Nomor Induk Siswa Nasional ataun yang sering disebut NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.
Sistem pengelolaan NISN secara nasional dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan).
NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya disemua jenjang baik, PAUD, TK, SD, SMP, SMA atau sederajat. Oleh sebab itu, para siswa juga perlu mengetahui beberapa tujuan dan manfaat NISN secara online, meliputi:
  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia. Dengan NISN ini bisa dengan mudah memantau perkembangan riwayat pendidikan siswa. Termasuk perubahan data, seperti mutasi, tahun kelulusan, hingga data siswa putus sekolah.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
Setelah mengetahui cara cek NISN online, maka siswa tak perlu repot-repot datang dan menemui petugas sekolah untuk meminta 10 digit nomor unik ini.
Namun, ada baiknya Anda selalu menyalin atau memotret nomor NISN yang dimiliki guna kebutuhan di masa mendatang apabila situs mengalami error atau tidak dapat diakses sementara waktu.

A. Cara Cek NISN Siswa Berdasarkan NISN Secara Online

Sebelum melakukan mengecekan ada hal yang perlu diperhatikan, isi kolom isian dengan data yang valid dan sesuai dengan profil diri pengguna. Setelah yakin, ikuti cara cek NISN siswa secara online berikut ini:
1. Buka browser dan akses situs di alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ atau https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
Dikarenakan masih ada proses konfigurasi server, maka untuk sementara alamat pencarian NISN (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/) dirubah ke alamat ini: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ Setelah ada tampilan seperti di bawah ini, silakan Anda klik Close
2. Pengguna akan dibawa ke homepage pencarian NISN, kemudian lengkapi data dalam kolom isian yang tersedia di sebelah kiri.
3. Isi kolom NISN dengan 10 digit yang dimiliki
4. Isi nama lengkap ibu kandung pengguna
5. Ketik kode captcha yang muncul
6. Untuk pengecekan, maka klik tombol 'Cari Data'
Jika data yang diisikan telah valid, maka tampilan situs akan beralih menampilkan data dan NISN siswa

B. Cara Cek NISN Berdasarkan Identitas Siswa

Selain melakukan pengecekan dengan mengetahui NISN Siswa sebelumnya, pengguna juga diberikan opsi lain untuk mencari NISN berdasarkan nama apabila sebelumnya NISN dianggap keliru atau pengguna tidak tahu NISN pada halaman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama.

Hal ini berguna untuk memastikan keabsahan data manakala pengguna lupa nomor NISN miliknya yang terdaftar. Hal ini sering terjadi pada keselahan dari sekolah ketikan menuliskan nomor NISN pada Raport siswa.
Sekali lagi, isikan seluruh isian data dengan valid, sebab hal itu akan mempermudah akses pengguna, sekaligus mempercepat proses pencarian NISN.
1. Buka browser dan akses situs nya dibawah.
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama
2. Pengguna akan dibawa ke homepage pencarian NISN, silakan isi kolom isian yang tersedia.
3. Isi data dengan benar seuai yang diperlukan seperti mengisi nama lengkap siswa, tempat lahir siswa, tanggal lahir, nama lengkap ibu kandung pengguna dan yang terkahir ketik kode captcha yang muncul
4. Untuk submit, maka klik tombol 'Cari Data'

Apabila data yang sudah diisikan dikirim, maka akan ada tampilan situs akan beralih menampilkan informasi data apakah telah valid (Muncul NISN Siswa) ataukah invalid (Datan tidak ditemukan). 

3. Tips Cek NISN secara Online

Tak jarang situs Kemendikbud ini lemot karena overload atau membeludaknya pengguna yang masuk di saat bersamaan. Biasanya hal ini terjadi ketika menjelang pendaftaran SNMPTN.
Untuk memberikan kelancaran akses, pengguna perlu mengikuti beberapa anjuran berikut ini:
1. Pastikan pengguna tersambung dengan jaringan internet dengan kecepatan internet yang stabil
2.Refresh halaman dengan menekan tombol F5 pada keyboard jika menggunakan perangkat Laptop/computer, dan menggulir layer jika menggunakan gawai (handphone)
3. Melalui Google cached, dengan cara ketik alamat situs di kolom pencarian Google, lalu pilih anak panah ke bawah dan klik 'cached' Coba lakukan clear cache browser. Atau bisa ganti menggunakan browser lain

Demikian bagaimana Cara Mudah Untuk Mencari dan Cek NISN Siswa Secara Online melalui Pencarian Berdasarkan NISN beserta Pencarian Berdasaran Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir Siswa, dan Nama Ibu Kandung. Semoga bermanfaat.

Keyword:
cek nisn siswa sd, cek nisn siswa mi, cek nisn siswa kemendikbud
cek nisn siswa online 2020, cek nisn siswa ra, cek nisn siswa aktif, cek nisn siswa man
cek nisn siswa tk
cek nisn siswa min
cara cek nisn siswa mi
cek nisn siswa sd/mi
cara cek nisn siswa min
cara cek nisn siswa mi 2020
cara cek nisn siswa dari mi
cara cek nisn siswa ra
cek nisn siswa tidak aktif
cara cek nisn siswa tk
cara mengecek nisn siswa mi
cara melihat nisn siswa mi
cara melihat nisn siswa ra
cara mengecek nisn siswa ra
cara melihat nisn siswa tk
cara mengecek nisn siswa tk
cara melihat nisn siswa tk di verval pd
cara mencari nisn siswa mi
cara mengetahui nisn siswa mi
cara mencari nisn siswa sd/mi
cara mengetahui nisn siswa ra
cara mencari nisn siswa tk
cara mengetahui nisn siswa tk
cara mendapatkan nisn siswa mi
cara mendapatkan nisn siswa tk
cara mengajukan nisn siswa mi
cara membuat nisn siswa mi
cara mendaftar nisn siswa mi
cara mengajukan nisn siswa pindahan dari mi
cara mendaftarkan nisn siswa tk
cara pengajuan nisn siswa mi
cara mendaftarkan nisn siswa mi
cara daftar nisn siswa mi
cek nisn siswa online 2020
cek nomor nisn siswa online
cek nisn siswa sd online
cek nisn siswa smp online
cara cek nisn siswa secara online
cara cek nisn siswa sd online
cara cek nisn siswa sma online
cara cek nisn siswa smp online
cek nomor induk siswa nasional online
cara cek nisn siswa secara online terbaru
cara mudah untuk mencari dan cek nisn siswa secara online
cara melihat nisn siswa sd online


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar