6 Tips Memilih Tempat Praktik Kerja Lapangan/Magang Yang Wajib Di Ketahui Siswa SMK

Bahyudinnor.Com - Kesempatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebelum lulus sekolah ataupun saat sedang mencari pekerjaan tetap adalah tawaran yang perlu kamu pertimbangkan. Sedikit banyaknya akan ada gambaran tentang dunia kerja yang akan kamu dapat melalui kegiatan tersebut. Hampir semua sekolah SMK melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib dipenuhi oleh siswa kelas Sebelas sebelum naik kelas Dua belas, sekaligus memberi kesempatan buat para siswa SMK untuk terjun langsung ke dunia kerja sebagamana mestinya.

Hal ini juga berlaku di seluruh SMK di Indonesia, pengalaman yang kamu punya dari kegiatan PKL akan membantu perusahaan yang kamu lamar untuk mempertimbangkan lamaran kerjamu atau usaha yang nantinya bakal kamu geluti sebagai wirausahawan. Misalnya kalau kamu memang passionate dengan dunia Desain Grafis Percetakan, pengalaman PKL di desain grafis percetakan pasti akan menambah nilai jual CV kamu atau ilmu kamu dibidang hal tersebut. Tapi, jangan asal pilih tempat PKL juga, ya! Kamu perlu memperhitungkan beberapa tempat Praktik Kerja Lapangan agar tidak salah pilih yang akan saya bagikan pada tipsnya di artikel ini.

#Tips 1 "Menentukan Lokasi Tempat Kegiatan PKL"

Sumber Gambar freepik.com 
Menentukan Lokasi Tempat Kegiatan PKL merupakan hal yang wajib kamu tentukan. Karena kalau salah pilih akan mempengaruhi motivasi dan semangat belajarmu nantinya. Seperti hal ini semisal PKL di luar kota atau daerah terpencil jadi pilihan kamu? Tidak ada salahnya juga jika memang berkaitan dengan pekerjaan yang nanti akan kamu pilih sesuai pashion kamu atau jurusan disekolah yang kamu ambil. 


#Tips 2 "Skill dan Tempat Dunia Industri/Usaha Apa Yang Dimiliki"

Sumber Gambar freepik.com 
Berkenaan dengan yang satu ini , mungkin kamu akan dapat jawaban dari teman-teman yang juga pernah melaksanakan kegiatan ditempat PKL atau kepada guru-guru kamu, bahkan mungkin kamu bisa search di internet dimana kamu akan melaksanakan kegiatan PKL, Karena posisi sebagai anak PKL memang tidak memberi jaminan apapun buat kemajuan skill kamu. Tetapi, kamu juga bisa mencari tahu gambaran pekerjaan apa dari posisi atau divisi yang akan kamu lakukan nantinya. Kriteria yang ditentukan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) itu perlu kamu cari tahu dan gali lebih banyak lagi. Sewaktu kamu sudah diterima dan mulai melaksanakan kegiatan PKL di sana harus tak harus kamu siap dengan konsekuensi yang akan kamu dapati. Karena Skill yang bisa kamu kenali lebih dalam supaya selesai kegiatan PKL, kamu punya pengetahuan dan pengalaman yang sudah lebih baik dibanding sebelum melaksanakan kegiatan PKL dan pada waktu sekolah sebelumnya.


#Tips 3 "Durasi dan Waktu Praktik Kerja Lapangan"

Sumber Gambar freepik.com 
Durasi yang kamu punya untuk bisa ada di tempat PKL juga harus sudah jelas dan diinfokan ke pihak kantor sebelum persetujuan. Apabila jika pada waktu kamu melaksanakan kegiatan PKL setiap hari dan berbenturan dengan jadwal bimbingan pembuatan laporan PKL misalnya, pastikan atasan kamu di DU/DI mengetahui dan mau memberi sarana untuk pembuatan laporan dan toleransi melakukan konsultasi ke pembimbing sekolah. 


#Tips 4 "Pengalaman Kerja"

Sumber Gambar freepik.com 
Salah satu bagian hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah pada saat mencari tempat PKL adalah pengalaman kerja seperti apa yang akan kamu dapatkan? Ada Kebetulan dirempat kamu  tidak semua DU/DI memberikan tugas sewajarnya tugas seorang anak PKL. Tak jarang juga cerita anak PKL yang tugasnya cuma bantu bersih-bersih, fotokopi atau mendata dokumen saja. Maka dari itu, nilai pengalaman kerja yang ditawarkan pada tempat PKL juga perlu kamu pertimbangkan. Kamu bisa bertanya ke Kakak kelas yang sudah pernah bekerja di DUA/DI tersebut kalau memang ada, tapi kalau tidak sebaiknya kamu cari tahu. Apakah DU/DI ini akan mengajarkan kamu untuk berorganisasi dengan profesional? Apakah jenis pekerjaannya mendapatkan supervisi langsung dari manajemen atau hanya sekedar mengikuti alur yang sudah ada tanpa bisa berdiskusi dengan atasan?

#Tips 5 "Paid/Unpaid Internship?"

Sumber Gambar freepik.com 
Bagi sebagian siswa PKL, yang menarik dari mengambil kesempatan Praktik Kerja Lapangan adalah uang saku yang bakal diberikan DU/DI di setiap akhir bulan selama internship (Praktik Kerja Lapangan. Hal ini cukup wajar, karena seharusnya anak Praktik Kerja Lapangan juga tetap dihargai walaupun tidak sebesar yang didapat pegawai kontrak apalagi pegawai tetap. Di luar negeri telah ada aturan gaji minimum yang bisa diberikan pada siswa/mahasiswa yang Praktik Kerja Lapangan baik di dalam atau luar sekolah/kampus. Tapi di Indonesia hanya beberapa perusahaan yang cukup mengapresiasi keberadaan dan kontribusi anak Praktik Kerja Lapangan. Jadi kalau masalah gaji atau uang saku menjadi pertimbanganmu, cari tahu juga sebelum kamu mendaftar ya.  Tapi ini bukan menjadi pilihan utama, yang penting ilmu nya dapat. Hehehehe..


#Tips 6 "Potensi Network/Jaringan"

Sumber Gambar freepik.com 
Tips dari saya yang ini, pastinya juga tips dari banyak pihak dan orang-orang yang sudah pernah melewati masa PKL, yaitu Network (Jaringan). Tidak bisa dipungkiri bahwa network adalah salah satu yang dikejar dari kesempatan Praktik Kerja Lapangan. Kamu akan punya kenalan baru yang sudah profesional di bidangnya, rekomendasi yang baik dari sekolah di tempat Praktik Kerja Lapangan akan menambah bobot profil kamu juga, khususnya kalau sektor kerja/usaha ke arah mana yang akan kamu tuju sesuai dengan DU/DI tempat Praktik Kerja Lapangan terdahulu. Cerita soal pengalaman para profesional juga akan kamu dapat ketika PKL, asalkan kamu tidak pasif dan tetap kooperatif selama PKL dengan karyawan DU/DI. Setujuuuu....!!!!

Nah itu dia teman-teman “6 Tips Memilih Tempat PKL Yang Cocok Untuk Membangun Karier Impian kamu“. Ternyata banyak sekali yang harus dipertimbangkan sebelum mengikuti program Kegiatan PKL di suatu DU/DI. Pada akhirnya kamu sendiri lah yang akan menentukan PKL di mana sebelum terjun melaksanakan kegiatan tersebut. 

Semoga tipsnya yang saya berikan ini bisa bermanfaat dan membantu kamu menentukan tempat PKL yang Cocok buat kamu, ya.!!!!

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "6 Tips Memilih Tempat Praktik Kerja Lapangan/Magang Yang Wajib Di Ketahui Siswa SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel