"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ Dan Bagaimana Solusinya


Tahukah anda penyebab internet 4G ‘lemot’? Kecepatan internet yang stabil dan kencang sudah menjadi keperluan pokok ketika ini. Ya bagi sebagian orang mungkin bisa disetarakan dengan keperluan makan dan minum. Tidak percaya? Coba buat anda penggila sosial media yang sudah sudah biasa menikmati layanan internet di perkotaan pindah ke kawasan terpencil yang sulit mendapat sinyal.





Ditulis Oleh: Master Kuota





Hal itu juga yang menuntut operator jaringan seluler untuk terus memperbaiki infrastruktur dan kualitas jaringan pada semua daerah. Contohnya dahulu kita pernah berada di zaman internet 2G GPRS, dimana kecepatan tersebut mampu internetan saja sudah syukur. Lalu muncul internet 3G dengan jaringan UMTS-nya yang mengalami pergantian kecepatan signifikan hingga 5 Mbps. Lalu dikala ini yang telah mulai tersebar merata adalah internet 4G LTE dengan kecepatan 20-42 Mbps secara prakteknya.





Saat 4G sudah menjadi standar, ini sebaiknya kita tidak ada unek-unek lagi soal kecepatan internet. Tapi nyatanya tetap saja kita kadang kala masih mengalami perkara internet lambat sehingga merasa balik ke zaman 2G. Kira-kira di-kurun 4G ini, apakah yang menjadi penyebab internet 4G lemot? Simak penjelasannya dibawah.





1. Sinyal lemah





Ilustrasi Sinyal




Tidak semua operator sudah menjangkau semua sudut kota di Indonesia. Terlebih daerah tersebut banyak terdapat bangunan tinggi ataupun pohon besar. Tentu itu akan menghalangi distribusi frekuensi sinyal ke area tersebut. Karena bertambah banyak hambatan yang dilalui oleh gelombang elektromagnetik maka akan makin lemah sinyal yang diterima.





Solusi: Carilah area atau sudut ruangan yang lebih mudah dijangkau oleh sinyal. Jika hal ini belum bisa memperbaiki sinyal, mempunyai arti operator yang anda pakai masih belum menjangkau sarat tempat anda. Mungkin anda mesti mengubah operator selular anda.





2. Limit bandwidth paket internet tertentu





Beberapa operator seluler menunjukkan paket internet Unlimited terhadap penggunanya. Awalnya menerima respon aktual alasannya adalah pelanggan bisa internetan sepuasnya tanpa mesti khawatir kekurangan kuota. Tapi apakah kita mampu menikmati layanan ini sepuasnya tanpa batas? tentu tidak.





Operator seluler berani menunjukkan paket unlimited kepada konsumen karena kecepatan internet dibatasi. Berbeda dengan paket internet reguler yang menyediakan kecepatan semaksimal mungkin tapi berbatas kuota. Karena itu jangan heran dikala sedang berlangganan paket unlimited, kecepatan internet rasanya tidak membuat puas.





Solusi: Sesuaikan dengan keperluan. Kalau kamu lebih memerlukan internet cepat yang stabil direkomendasikan untuk tidak berlangganan paket ini.





3. Sistem operasi dan aplikasi lainnya yang melakukan update












Update Android Ilustrasi




Penyebab internet 4G lemot juga balasan hal ini. Secara default, auto-update metode dan aplikasi ini telah aktif. Fitur ini akan langsung bekerja seketika saat smartphone menerima notifikasi pembaruan versi terbaru. Itulah sebabnya kita merasa internet begitu lambat padahal semua berjalan normal. Saat di cek sinyal 4G tampaksarat dan paket data pun masih tersisa banyak.




Pada dikala update tata cara dan aplikasi berjalan, bandwidth internet sedang dimaksimalkan untuk memperbarui segala sesuai yang perlu di-update. Sehingga cuma tersisa sedikit (atau bahkan nol) bandwidth untuk kebutuhan lain yang hendak kau kerjakan.




Solusi: Matikan fitur auto-update sistem pada sajian settings ponsel pintar dan matikan auto-update aplikasi yang umumnya ada di pengaturan aplikasi baik di Android maupun iOS.


4. Terlalu banyak pengguna di satu area


Sebagian operator masih membatasi kecepatan internet di setiap BTS pada sebuah area. Hal tersebut mungkin sebuah seni manajemen yang diterapkan oleh operator seluler dalam menertibkan prioritas pendistribusian bandwidth internet di sebuah daerah. Kaprikornus ketika kian banyak pengguna yang terhubung, kian lambat pula kecepatan internetnya.


Banyak Pengguna Facebook Internet


Tapi damai saja, masalah tersebut umumnya jarang terjadi pada kota besar. Karena jika koneksi di kota besar diberlakukan seperti itu maka para konsumen niscaya akan pindah ke lain operator.


Solusi: Cari operator seluler lain pada area tersebut yang menyediakan jaringan 4G


5. Area yang belum tercakup dengan baik oleh operator seluler


Sinyal Di Daerah


Kalau hal ini rasanya sudah semakin membaik dari waktu ke waktu. Karena setiap operator pasti punya planning untuk meng-perluasan jaringan dan meng-cover area yang masih belum dijangkaunya. Tentu dengan menyesuaikan beberapa pertimbangan apalagi dulu.


Keputusan pembangunan tower BTS sesungguhnya tergantung pada keadaan penduduk yang tinggal di tempat tersebut. Apakah telah aktif menggunakan ponsel pintar? Berapa persen penduduk yang memakai ponsel pintar pada sebuah tempat? Barulah ditetapkan sesudah kiranya area tersebut memang memiliki potensi menurut kesempatan operator seluler.


Solusi: Untuk hal ini, anda hanya mampu bersabar dan menunggu hingga operator memperluas jaringan. Atau silahkan anda cari operator lain yang sinyalnya lebih baik. Anda bisa mengevaluasi seberapa luas cakupan area 4G di situs resmi operator selular anda. Sebagai contohnya adalah Telkomsel seperti gambar dibawah ini.


Area Cakupan 4g Telkomsel


6. Pengaturan tipe jaringan


Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan pengguna itu sendiri. Kita bisa lihat status jaringan pada notification kafe, apakah yang aktif itu 3G atau 4G. Kalau 3G biasanya ikon yang hendak timbul yakni abjad ‘H’ atau ‘H+’. Kalau jaringan 4G ikon yang timbul ya 4G.


Ada beberapa masalah saat jaringan internet 4G menjelma 3G. Yaitu lazimnya pada ketika pemadaman listrik, dan genset yang digunakan pada saat itu sudah kehabisan bahan bakar. Tapi kondisi mirip ini tidak begitu terlalu sering terjadi, tergantung stabilitas listrik di tempat kawasan tinggal kamu.


Solusi: Jika jaringan di kawasan kau telah mendukung 4G, secepatnya ubah pengaturan jaringannya menjadi 4G LTE pada sajian Settings > SIM cards & mobile networks > Preferred network type di Android anda.


7. Pengaturan APN salah atau kurang maksimal


APN adalah kependekan dari “Access Point Name” yang berfungsi untuk menjadi gateway/gerbang penghubung antara jaringan operator seluler dengan perangkat seluler pengguna. Singkatnya, jikalau pengaturan APN kita ada yang salah maka koneksi internet akan terganggu atau bahkan tidak bisa terhubung sama sekali.


Solusi: Periksa kembali pengaturan access point name di menu setting. Berikut Cara setting APN Telkomsel 4G selaku salah satu misalnya.


8. Kekuatan perangkat modem di dalam smartphone


Setiap ponsel pintar memiliki spesifikasi tersendiri sesuai tipe dan brand. Spesifikasi tersebut mencakup perangkat keras seperti prosessor, RAM dan termasuk didalamnya modem. Adapter jaringan berfungsi untuk menangkap sinyal yang dipancarkan oleh pemancar terhadap ponsel pintar. Maka makin manis modemnya, akan kian besar lengan berkuasa pula sinyal yang didapat. SoC Qualcomm Snapdragon lazimnya selalu mengikut sertakan produk modemnya di smartphone.



Perbedaan kekuatan modem ini akan terasa ketika kita berada disekitar orang yang juga sedang internet memakai smartphone / laptop. Kalau di ibaratkan milik kita sedang tarik menarik berkelahi berpengaruh dengan perangkat pengguna lain untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Beruntung kalau ponsel pintar anda mempunyai modem yang besar lengan berkuasa, maka tidak perlu cemas akan hal ini. Tapi jikalau sebaliknya pasti akan berpengaruh pada kecepatan internet.


Solusi: Sebelum membeli ponsel pintar, periksa lah terlebih dulu frekuensi jaringan seluler. Frekuensi lazimnya tertera dengan label  LTE grup band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 34(2000), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) seperti gambar dibawah.


Lte Band Gsmarena


Bagaimana menurut anda postingan 8 Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya?


Dari semua daftar tersebut, mana yang menurut anda paling berpengaruh selama anda menggunakan internet? Mudah-mudahan postingan ini dapat menolong anda mengerti kenapa internet anda ‘lemot’ atau lambat. Artikel ini merupakan artikel yang ditulis oleh pembaca Windowsku mirip anda! Jika anda kepincut, anda bisa menulis dan tulisan anda bisa tayang di situs ini! Silahkan datangi halaman Penulis Tamu kami untuk info lebih lanjut.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar