"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Memakai Trello: Buat Daftar Belanja Hingga Administrasi Proyek


Bingung bagaimana cara memakai Trello? Dengan Trello, anda bisa melakukan banyak hal. Dari hal berkala eksklusif saban hari anda sampai manajemen proyek skala besar yang biasa digunakan di perusahaan. Trello menunjukkan banyak hal semoga anda mampu menertibkan hal penting dengan lebih teratur dan lebih terarah secara bersama-sama.









Apa saja yang mampu anda lakukan dengan Trello?





Trello ialah sebuah alat untuk berkolaborasi yang mampu mengendalikan projek-projek anda di satu layar. Walaupun ditujukan untuk penggunaan banyak orang, tetapi pasti anda bisa menggunakannya untuk diri anda sendiri saja.





Trello lebih dari sekedar menciptakan daftar belanja. Sebelum kita mulai membicarakan cara memakai Trello, perlu kita sama-sama pahami dulu hal ini. Bisa jadi Trello akan mengganti hidup anda jadi lebih baik dengan aneka macam fitur yang ditawarkan. Berikut gambar biasa apa saja yang bisa anda lakukan dengan Trello.





1. Melihat pertumbuhan pekerjaan anda





Entah itu anda masih duduk di dingklik Sekolah Menengan Atas atau kuliah maupun melakukan pekerjaan , pastinya ada mempunyai tugas atau pekerjaan yang harus anda kerjakan. Trello mampu menolong anda melakukan hal tersebut dan bahkan anda mampu mengatur tenggat waktu kapan peran tersebut mesti simpulan.





2. Menyimpan gosip apapun





Mulai dari daftar belanja, resep kuliner, sampai catatan pribadi bisa anda lakukan dengan mudah. Tidak cuma goresan pena, anda juga bisa menambahkan gambar untuk memperjelas catatan anda.





3. Berdiskusi dengan keluarga bahkan sobat kantor





Aspek inilah yang menciptakan Trello bisa anda pakai untuk aneka macam hal. Misalnya anda mempunyai rencana merayakan ulang tahun anak anda yang paling kecil, anda mampu memanggil anak pertama dan istri anda untuk merencanakan ulang tahun tersebut. Selain untuk keperluan keluarga, pasti kebutuhan kantor untuk pekerjaan juga bisa anda kerjakan.





4. Berbagi





Karena mampu memanggil keluarga dan sobat, anda juga mampu membagi apapun tulisan dan catatan yang anda buat ke orang lain dengan gampang. Sebagai acuan bila dirasa pekerjaan anda terlalu berat, anda mampu meminta sobat kantor anda untuk menolong pekerjaan.





Cara menggunakan Trello





Setelah anda paham apa saja yang bisa anda lakukan dengan Trello, mari kita bahas bagaimana cara menggunakan Trello. Anda harus mendaftar apalagi dahulu di Trello sebelum bisa menggunakannya. Setelah mendaftar, silahkan masuk dengan akun yang gres anda buat.





Untuk membantu kita mampu lebih mengerti dengan cepat, Trello memakai 3 ungkapan, yaitu Boards, List, dan Cards. Selain itu, penulis akan pribadi memakai studi kasus dalam menggunakan Trello. Studi kasusnya ialah menulis untuk blog ini.





Boards





Boards atau bahasa indonesia-nya yaitu papan menerangkan pekerjaan atau proyek apa yang saat ini anda lakukan. Karena studi kasusnya kali ini ialah menulis di blog ini, maka penulis berikan tema board-nya yaitu “Menulis Windowsku”. Silahkan sesuaikan dengan tugas atau proyek yang anda kerjakan.





Tombol Membuat Board Baru Trello




Cara menciptakan board baru di Trello adalah klik “Boards” pada pojok kiri atas browser anda dan klik “Create new board…”





Memberi Nama Board Trello




Berikan nama board anda. Anda juga bisa memilih penampilan board anda mirip apa di gambar bab kanan. Jika sudah, klik “Create Board”. Board untuk proyek “Menulis Windowsku” telah kita buat. Tentu saja silahkan anda buat sesuai proyek atau peran yang anda kerjakan dikala ini.





Langkah berikutnya dalam cara menggunakan Trello adalah menciptakan List.





List





List umumnya digunakan untuk menciptakan tahapan proyek apa saja yang harus kita perhatikan biar proyek selesai. Tentu hal ini dapat berubah tergantung judul dari board anda.





Membuat List Trello 2




Sangat gampang untuk menciptakan List. Dibawah dari nama Board anda, silahkan ketik nama List-nya yang akan anda buat. Dalam List atau Daftar kali ini, penulis menciptakan dengan judul “Daftar Judul Artikel Selanjutnya”. Di dalam List inilah semua judul postingan yang ditulis tercantum. Jika sudah, klik “Add List”.





List Trello Tahapan




Sekarang, kita mesti mempertimbangkan apa saja tahapan-tahapan biar daftar yang ada di List tamat dilakukan dengan hasil optimal. Untuk penulis sendiri, aku menciptakan 3 tahapan lagi sehabis penulis simpulan membuat judul postingan, ialah:





  1. “B. Sedang Ditulis” : Berisi daftar artikel yang ketika ini sedang dilakukan.
  2. “C. Diulas Kembali” : Berisi daftar postingan yang di-review sebelum masuk untuk dipublikasikan.
  3. “D. Selesai” : Seluruh daftar artikel yang sudah simpulan akan masuk dalam List ini.




Card





Di Card ini, anda mesti menulis apa saja peran atau inspirasi yang harus anda selesaikan semoga proyek anda berhasil. Untuk tahap pertama ini, penulis akan membuat card gres pada List A yaitu “A. Daftar Judul Artikel Selanjutnya”. Caranya sungguh mudah.





Menambah Card Dalam List Trello




Klik “Add a card”. Kemudian, berikan nama card anda. Pada gambar diatas, penulis telah membuat 3 card atau dalam studi perkara ini yaitu 3 judul postingan yang mau penulis buat.





Mengubah Pengaturan Card Dalam List Trello




Setelah tamat membuat card, anda bisa mengganti pengaturan card tersebut dengan cara klik saja di card-nya. Anda bisa memperlihatkan deskripsi dan menawarkan jatuh tempo kapan peran tersebut harus final mirip gambar diatas. Disini, penulis menunjukkan jatuh tempo bahwa artikel ini harus tayang Senin, 13 Agustus 2018.





Anda bisa menambahkan Label untuk menawarkan warna pada Card yang anda pilih. Cara ini sungguh tepat untuk menawarkan prioritas pembuatan Card. Misalnya jikalau anda menawarkan Card anda berlabel Merah, maka card tersebut harus dilakukan apalagi dahulu.





Memindahkan Card ke List lain





Karena List disini bertugas sebagai tahapan-tahapan biar proyek kita simpulan, maka kita perlu memindahkan card yang telah kita buat ke List lain. List A ialah daftar judul artikel yang harus buat, sehingga penulis harus memindahkannya ke List B supaya ada artikel yang harus penulis lakukan.





Memindahkan Card Ke List Lain Trello




Caranya juga sangat gampang, klik tahan dan geser card tersebut ke List yang anda harapkan seperti animasi diatas. Sehingga artikel nomor 1 merupakan artikel yang saat ini penulis lakukan.





Mengundang keluarga atau sobat untuk membantu pekerjaan





Anggap saja penulis dikala ini tamat membuat postingan nomor 1 dan ingin melanjutkan artikel nomor 2, maka penulis akan menggeser ke tahapan selanjutnya sama mirip sebelumnya. Namun disini penulis membutuhkan santunan agar orang lain menolong mengulas kembali artikel yang sudah dibentuk.





Mengundang Teman Mengerjakan Proyek Trello




Untuk memanggil sahabat, silahkan klik icon tambah teman (1). Kemudian, isikan alamat email teman (2) anda serta kalimat ucapan undangannya (3) mirip gambar diatas. JIka telah, klik “Send Invitation” (4). Teman anda akan mendapatkan undangannya dan mesti mengklik tautan yang dikirim untuk bisa mulai mengerjakan bersama di Trello. Kemudian, sobat anda mesti menciptakan akun Trello supaya dia bisa mulai membantu anda.









Langkah selanjutnya ialah membawa sahabat gres anda supaya mengerjakan peran yang ada di card anda. Caranya gampang, klik icon pensil pada card seperti gambar diatas, lalu klik “Change Members” (1). Kemudian, klik saja nama sahabat yang baru saja anda tambahkan (2). Jika sudah, klik “Save” untuk menyimpan pengaturannya.





Notifikasi Tambah Member Card Trello




Jika teman anda membuka Trello-nya, maka beliau akan mendapatkan notifikasi bahwa beliau telah diperintahkan untuk mengerjakan card tersebut seperti gambar diatas.





Berkomentar dalam Card





Menambah Komentar Card Trello




Jika anda ingin bertanya sesuatu tentang tugas yang diberikan, anda bisa berkomentar di dalam card tersebut. Klik saja Card yang ingin anda komentari dan ketik saja komentar anda (1). Jika telah, klik “Save” (2).





Membalas Komentar Trello




Ketika teman anda berkomentar, pasti komentar sobat anda timbul di Trello milik anda. Anda pun bisa membalas di Trello anda dengan gampang seperti gambar diatas. Klik saja “Reply” pada komentar yang ingin dibalas dan mulai ketik.





Menandai bahwa card tersebut sudah selesai





Menandai Card Selesai Trello




Jika anda atau sahabat anda tamat melakukan card tertentu, silahkan pindahkan card tersebut ke List “Selesai”. Kemudian, klik card tersebut dan beri tanda centang pada “Due Date” seperti animasi diatas.





Bagaimana berdasarkan anda artikel Cara Menggunakan Trello?





Selain Excel yang juga bisa dipakai untuk administrasi proyek, Trello menawarkan cara yang keren untuk mengontrol tugas dan pekerjaan anda, sehingga anda lebih produktif. Apalagi Trello juga menunjukkan opsi untuk berkolaborasi dengan sahabat dan keluarga, bisa jadi Trello akan menjadi kandidat aplikasi yang akan terus anda gunakan untuk jangka panjang. Lalu, bagaimana berdasarkan anda Trello? Bagaimana cara anda sebelumnya dalam mengatur pekerjaan anda? Silahkan tulis di kotak komentar.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar