"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Memnbuat Animasi Tween

Tujuan Pembelajaran  

Adapun tujuan dari aktivitas pembelajaran mampu berdiri diatas kaki sendiri pada KD 3.3  selaku yakni sebai berikut:
  1. Mampu menerapkan teknik animasi tweening 2D 
  2. mampu membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening
Animasi Tween ialah animasi yang proses perancangan / pembuatannya memakai dua buah keyframe dengan menggerakkan 1 objek dari titik satu ke titik lain, tanpa mengalami perubahan bentuk. Misal kita ingin menganimasikan mobil bergerak dari kiri ke kanan layar. Cara kerja tweening yakni dengan cara memilih dua poin kondisi pada objek awal dan final, sedangkan rangkaian gerakan diantaranya telah dibentuk secara otomatis oleh Software Adobe Animate. 
Animasi yang dihasilkan menggunakan sistem ini yaitu gerakan yang halus, pergeseran letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna. Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah menciptakan objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. 


Pada tutorial ini akan dibahas tentang teknik animasi dengan menggunakan Adobe Animate yakni "Animasi Classic Tween dan Motion Tween"

A. Membuat Animasi Classic Tween 
Buka software Adobe Animate yang ada pada komputer kita, pilih create new > ActionScript 3.0

Langkah Pertama menciptakan animasi Classic tween yakni Pilih layer 1 frame 1, Buatlah suatu objek kotak dengan dukungan Rectangle tool pada area kerja atau stage Klik kanan pada layer 1 frame 40, (usang durasi animasi diputuskan berdasarkan Frame) dilanjutkan dengan menentukan insert keyframe, Pada Frame 40 Pindahkan Objek Kotak Kekanan Stage.


Diantara frame 1 – 40, klik kanan pilih animasi Clasic Tween.


Jika pekerjaan kita benar, Tampak ada tanda panah pada frame seperti gambar dibawah ini.


Dilanjutkan dengan memindah objek kotak pada frame 40 kearah kanan stage.




Pada panel Properties Kita juga mampu memberi Animasi rotasi, CW (berputar Searah Jarum Jam), CCW (Berputar berlawanan arah jarum jam).


Lanjutkan dengan test movie, dengan cara menekan shortcut Ctrl+Enter, atau dapat juga melalui menu control > test.

B. Membuat Animasi Motion Tween
Buka software Adobe Animate yang ada pada komputer kita, pilih create new > ActionScript 3.0 Pilih layer 1 frame 1, Buatlah sebuah objek kotak dengan pertolongan Rectangle tool pada area kerja atau stage. Klik kanan pada layer 1 frame 40, (lama durasi animasi ditentukan berdasarkan Frame) dilanjutkan dengan menentukan Insert Frame.



Pilih CreateMotion Tween.

Setelah Memilih Create Motion Tween, kalau muncul message box yang mememeritahkan kita untuk mejadikan objek symbol seperti gambar dibawah, lanjutkan saja dengan menekan OK.


pada frame 40, geser objek kotak dari kiri kekanan. maka akan muncul garis titik titik berwarna biru tampak seperti gambar dibawah. Titik titik Warna biru tersebut melamabangkan jumlah frame yang sedang digunakan.


Kita juga bisa merubah alur dengan menggeser titik titik sesebut sesuai keingingan kita.


untuk menyaksikan hasilnnya kerjakan test movie, dengan cara menekan shortcut Ctrl+Enter, atau mampu juga lewat sajian control > test.
Semoga berguna.

Kompetensi Dasar
3.3 Menerapkan teknik animasi tweening 2D
4.3 Membuat animasi 2D menggunakan memakai teknik tweening

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar