"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Menciptakan Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Cukup menyita waktu bila kita harus mempelajari lagi bagaimana cara membuat daftar pustaka. Namun, tahukah anda bahwa Microsoft Word mampu membuat daftar pustaka otomatis? Bahkan bagi seseorang yang telah lama memakai aplikasi pengolah kata ini, mungkin masih banyak yang belum menggunakan fitur ini. Lalu, bagaimana cara menciptakan daftar pustaka otomatis di Microsoft Word?


1. Menambahkan citasi


Daftar pustaka terdiri dari banyak sekali tumpuan yang harus anda tambahkan saat anda mengutip isu tertentu. Informasi yang anda peroleh dari buku, majalah, maupun dari web pun mampu anda masukkan supaya makalah atau dokumen apapun yang anda buat lebih berhubungan yang umum dinamakan citasi. Makara, sebelum menciptakan daftar pustaka, tentu anda harus menciptakan citasi terlebih dahulu yang memberikan bahwa ada isu tertentu yang diambil dari rujukan lain.


Menambahkan Referensi Citasi Word


Untuk menambahkan citasi di kalimat atau paragraf, klik kalimat atau paragraf yang sudah anda copy atau ambil dari sumber rujukan anda. Biasanya, anda masukkan citasi di akhir kalimat atau paragraf. Kemudian, klik tab References (1) > Insert Citation (2) > Add New Source… (3)


Menambahkan Citasi Baru Word


Kemudian, isi info mengenai sumber rujukan anda. Anda tidak perlu mengisi semuanya mirip diatas, cuma yang penting-penting saja mirip tipe sumber rujukan apakah informasi tersebut diambil dari buku, web, atau lainnya. Sebagai acuan, penulis memasukkan website selaku referensi. Masukkan informasi yang lain mirip judul artikel, kapan dibentuk, alamat situsnya, dan lain-lain. Jika sudah, klik OK.


Citasi Di Paragraf Word


Gambar diatas menawarkan bahwa kalimat atau paragraf tersebut diambil dari citasi yang telah kita buat.


2. Menambahkan daftar pustaka otomatis


Menambahkan Daftar Pustaka Otomatis Word


Jika sudah menyertakan citasi, barulah kita mampu menciptakan daftar pustaka. Untuk membuat daftar pustaka otomatis, klik tab References > Bibliography > dan pilih jenis daftar pustakanya. 


Hasil Daftar Pustaka Otomatis Word


Pada gambar diatas, ada 2 jenis sumber referensi yang penulis gunakan. Yang pertama dari buku dan yang kedua yakni situs web. Bisa anda lihat bahwa formatnya berlawanan sesuai dengan jenis referensinya.


Mengubah Gaya Citasi Daftar Pustaka Word


Jika formatnya bukan seperti itu, anda bisa mengubah format atau gaya daftar pustaka dengan cara klik tab References dan pilih formatnya di “Style” mirip gambar diatas.


Iso 690 Format Gaya Daftar Pustaka Word


Pada awalnya, penulis menggunakan format “APA”. Kemudian sesudah penulis ganti menjadi “ISO 690”, kesudahannya menjadi seperti diatas. Silahkan pilih format daftar pustaka mirip keperluan anda.


3. Mengatur sumber acuan


Tombol Pengaturan Referensi Citasi Word


Jika citasi yang anda gunakan semakin banyak, akan sukar menertibkan citasi-citasi tersebut. Namun anda tak perlu cemas, anda bisa mengaturnya dengan gampang. Klik saja “Manage Sources” untuk melakukannya.


Pengaturan Sumber Referensi Word


Anda mampu menyertakan, mengubah, dan menghapus citasi jikalau diharapkan serta tersedia juga preview dari daftar pustaka. Ketika anda meniadakan citasi, pasti daftar pustaka anda akan di-update.


Bagaimana menurut anda postingan Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word?


Selesai membaca postingan ini, anda sudah mahir membuat daftar pustaka otomatis. Sekarang, anda tidak perlu lagi membuat daftar pustaka secara manual dan mengatur citasi juga bisa lebih mudah. Lalu, apakah anda menggemari fitur Microsoft Word yang satu ini? Apakah ada yang masih belum dimengerti? Silahkan tulis pertanyaan atau komentar anda di bawah ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar