"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

6 Langkah Gampang Cara Print Excel Yang Tepat!


Dengan banyaknya data yang ada di Excel anda mungkin menciptakan anda kesusahan dalam mencetaknya. Namun jangan khawatir, artikel ini menawarkan 6 langkah simpel dan mudah cara print Excel dan menentukan hasil cetakan sesuai cita-cita anda. Langsung saja ini dia langkah-langkahnya.









1. Konversi data anda ke Tabel





Excel merupakan aplikasi pengolah kalkulasi data dan tabel yang sangat powerful. Menguasainya mampu jadi skill yang dibutuhkan dimanapun anda bekerja. Anda mampu mulai dengan 12 langkah mencar ilmu excel dengan cepat yang ada di situs ini untuk mempelajarinya.





Data Biasa Excel




Walau anda sudah memasukkan data ke dalam baris maupun kolom, data-data tersebut dalam Excel masih terdefinisi sebagai data biasa, bukanlah suatu tabel. Untuk itu data diatas perlu kita ubah menjadi tabel.





Tombol Format As Table Excel




Caranya ialah pilih semua data anda dan klik hidangan “Home” (1) > “Format as Table” (2) dan pilih format tabel yang anda harapkan (3). 





Data Untuk Format Tabel Excel




Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan data yang hendak dijadikan tabel. Karena kita sudah menentukan semua datanya sebelumnya, biarkan saja seperti itu. Pastikan beri tanda centang pada “My table has headers” untuk pertanda bahwa tabel kita sudah mempunyai header seperti No, nama depan, belakang, dan lain-lain.





Sort A To Z Excel




Dengan membuat data menjadi tabel, ada berbagai macam hal gres yang mampu dilakukan secara otomatis. Misalnya saja gambar diatas, penulis mengurutkan dari A ke Z untuk email. Selain itu, penulis juga mampu menyaring email berdasarkan keyword yang penulis tentukan. Sehingga, atur dahulu data yang akan anda cetak memakai cara ini bila diharapkan.





2. Mengatur Print Area





Anda bisa memilih baris dan kolom apa saja yang hendak anda cetak menggunakan Print Area. Secara bawaan, seluruh tabel anda akan di cetak. Namun bila anda menginginkan hanya baris 1 sampai 10 saja yang anda ingin cetak, anda mampu melakukannya dengan gampang.





Mengatur Print Area




Pada tabel diatas, penulis mempunyai 100 baris data. Misal anda ingin mencetak dari nomor 1 hingga 10 saja, klik dan drag untuk menyeleksinya dan klik hidangan “Page Layout” > “Print Area” > “Set Print Area”. Dengan begitu, cuma header dan data dari 1 sampai 10 saja yang akan dicetak. Anda tidak perlu melakukan ini kalau ingin mencetak semua.





3. Periksa data yang tersembunyi di dalam sel





Ketika anda mengetik suatu data yang terlalu panjang, Excel tidak secara otomatis memperlebar kolomnya. Dan kalau anda cetak, data yang tersembunyi dalam sel tidak akan tercetak.





Mempelebar Ukuran Kolom Otomatis Excel




Untuk memperlebar kolom, klik dobel pada panel kolom bagian kanan seperti animasi diatas dan Excel akan memperlebar secara otomatis sesuai data mana yang paling panjang. Lakukan hal ini juga terhadap kolom yang lain jika diharapkan.





Menggunakan Wrap Text Excel




Solusi lain dari data yang terlalu banyak yaitu dengan menggunakan “Wrap Text”. Caranya adalah klik sekali kolom yang ingin anda ubah klik “Wrap Text”. Dengan tidak melaksanakan pengaturan lebar kolom maupun Wrap Text ini, mampu jadi beberapa data anda tidak tercetak.





4. Mengatur Orientation, Margin, dan Scaling





Dengan Orientation, Margin, dan Scalinganda mampu mengontrol jarak dari ujung kertas sampai tabel yang dicetak. Untuk mengendalikan Margin, tekan tombol CTRL + P dimana shortcut keyboard ini menuju pribadi ke halaman cetak.





Mengatur Orientation Excel




Selain mengatur Margin, mengontrol orientasi kertas juga sungguh penting. Jika tabel anda mempunyai banyak header, gunakan orientasi “Landscape”. Jika mempunyai banyak baris data, gunakan “Portrait”. Dalam studi perkara ini, penulis ingin mencetak seluruh tabel dari baris satu hingga 100. Karena mempunyai banyak data dan header yang penulis miliki hanya 6, penulis menggunakan orientasi “Portrait” seperti gambar diatas.





Mengatur Margin Excel




Selanjutnya, saatnya kita menertibkan Margin. Anda mampu memilih Margin yang Excel telah sediakan maupun mengendalikan sendiri. Sebagai pola Margin dengan jenis “Wide”, tabel akan dicetak dengan Margin yang terlihat lebih lebar dan luas. “Narrow” akan mengurangi margin baik panjang maupun lebar dan sangat cocok untuk data dan kolom header yang banyak. Untuk mengendalikan sendiri, klik “Custom Margins…”





Custom Margins Excel




Pengaturan Margin di atas, bawah, kiri, dan kanan semua bisa anda ubah disini sesuai keperluan. Agar tabel terlihat sempurna, mencentang “Horizontally” dan “Vertically” pada pengaturan “Center on page” sungguh diharapkan agar tabel tercetak sempurna di tengah secara vertikal maupun horizontal.





Mengatur Scaling Excel




Terakhir adalah Scaling atau pengaturan ukuran tabel. Anda mampu mengontrol semoga tabel terlihat lebih kecil dan bahkan lebih besar tergantung keperluan. Pada animasi diatas, Excel hanya mampu mencetak sampai data nomor 49. Selebihnya, Excel akan mencetaknya di kertas gres. Jika anda ingin mencetak seluruh baris dalam satu kertas, anda bisa klik “No Scaling” dan pilih Scaling berjenis “Fit All Rows in One Page”.





Mengatur Scaling Manual Excel




Anda mampu mengontrol lebih lanjut Scaling secara manual dengan mengklik “Custom Scaling Options…” dan akan muncul jendela mirip gambar diatas. Sebagai teladan penulis ingin mencetak dengan menghemat ukuran tabel sesungguhnya sebesar 50%.





5. Menambahkan Header/Footer





Mengatur Header Footer Excel




Masih di jendela yang sama mirip “Custom Scaling Options…”, anda bisa mengklik tab “Header/Footer” dan silahkan anda buat Header/Footer yang umum anda buat dikala memakai Microsoft Word. Menambahkan nomor halaman serta tanggal dibuat bisa semua anda kerjakan disini.





6. Tinjau tabel yang dicetak di Print Preview





Print Preview Excel




Saat ini, anda telah siap mencetak kalau anda telah mengikuti seluruh cara print Excel di artikel ini. Untuk menyaksikan lagi preview dari tabel yang mau anda cetak, anda bisa lihat pada panel sebelah kanan layar anda seperti gambar diatas. Seperti yang anda lihat, penulis telah menyertakan Header/Footer.





Bagaimana berdasarkan anda postingan 6 Langkah Praktis Cara Print Excel Yang Sempurna?





Sekarang, anda sudah mempelajari cara print Excel dengan presisi yang hebat sampai bisa menyertakan Header/Footer. Diharapkan artikel ini mengubah kebiasaan lama anda dalam mencetak yang mungkin belum efisien dan belum benar caranya. Lalu, apakah ada cara lain yang mungkin mampu disertakan di artikel ini? Bagaimana cara anda sebelumnya untuk mencetak data Excel anda? Tulis di kotak komentar pengalaman anda ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar