"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Menciptakan Nomor Halaman Berlawanan Di Microsoft Word

Dalam menciptakan dokumen, ada banyak peraturan yang mungkin mesti anda ikuti, termasuk dalam membuat nomor halaman. Misalnya saja untuk daftar isi, anda menggunakan nomor halaman berupa romawi. Sedangkan untuk selanjutnya, anda memakai angka biasa. Bagaimana cara menciptakan nomor halaman berbeda tersebut?


Artikel ini sungguh diperlukan bukan hanya dalam bentuk nomor halamannya saja yang berlawanan, namun juga mampu dipakai untuk format lain (misalnya saja posisi nomor halaman) di Microsoft Word. Misalnya nomor halaman pada Bab I, letak nomor halaman berada di tengah. Sedangkan yang yang lain, nomor halaman diletakkan di samping kanan atau kiri.


Langsung saja, ini ia cara menciptakan nomor halaman berlawanan di Microsoft Word.


1. Studi masalah


Thumbnail View Word


Pada gambar diatas, penulis sudah membuat dokumen, dimana halaman 1 dan 2 ialah daftar isi dan juga gambar. Untuk halaman 1 dan 2 tersebut, penulis ingin menggunakan nomor halaman romawi. Kemudian sisanya, penulis menggunakan nomor halaman dengan angka biasa.


Format Page Number Word


2. Memberikan nomor halaman romawi untuk semua halaman


Anda harus menunjukkan nomor halaman dengan angka romawi apalagi dahulu. Untuk menciptakan nomor halaman dengan romawi, klik tab Insert > Page Number > Format Page Numbers… seperti gambar diatas.


Nomor Romawi Word


Pada “Number format”, pilih angka romawi seperti gambar diatas dan klik OK bila telah.


Memilih Format Nomor Halaman Word


Selanjutnya, klik lagi “Page Number” dan pilih lokasi dimana nomor halaman akan ditaruh. Seperti diatas, saya ingin menaruhnya di pojok kanan bawah. Ketika anda klik format nomor halaman anda, seluruh dokumen anda akan memakai nomor romawi.


Daftar Isi Romawi Word


Dan bila anda update daftar isi anda, mampu anda lihat bahwa seluruh isi dokumen juga berubah menjadi angka romawi. Jika anda belum tahu bagaimana cara membuat daftar isi otomatis, artikel ini akan membantu anda. Sekarang, kita lanjut untuk mengubah format nomor halaman untuk isi dokumen.


3. Mengubah format romawi ke angka umumuntuk isi dokumen


Akhir Halaman Word


Klik pada akhir halaman dimana format nomor halaman untuk berikutnya akan berubah. Dalam studi perkara ini, saya mengklik pada halaman 2 yang isinya ialah daftar gambar. Karena sehabis daftar gambar, ada isi dokumen yang harus mempunyai format nomor halaman berlawanan. Pada gambar diatas, kursor telah saya taruh di paling akhir dari halaman daftar gambar.


Section Breaks Next Page Word


Selanjutnya, klik tab Layout > Breaks > Next Page mirip gambar diatas. Dengan melaksanakan ini, Word akan menciptakan Section baru di halaman selanjutnya dimana Section tersebut mempunyai format yang berlawanan dari halaman sebelumnya.


Section Footer Word


Mengklik “Next Page” memang tak mengubah apapun bentuk dokumen anda. Namun ketika anda klik Header & Footer di halaman 3 yang ialah isi dokumen tadi, maka anda lihat goresan pena “Footer -Section 2-” yang menerangkan bahwa halaman tersebut ialah Section nomor 2. Section nomor 1 di dokumen ini di pegang oleh daftar isi dan gambar sebelumnya.


Link To Previous Design Header Footer Word


Untuk saat ini, section 1 dan section 2 masih terhubung satu sama lain karena memiliki format yang serupa yakni sama-sama memakai nomor romawi. Untuk memutuskan kekerabatan 2 section tersebut, klik tab Design > Link to Previous. Ketika anda klik tombol tersebut, tombol tersebut akan mati dan korelasi dengan section sebelumnya akan terputus.


Menu tab Design tersebut ialah sajian yang hanya bisa diakses cuma saat anda mengakses Header & Footer.


Angka Biasa Mulai Dari Satu Word


 


Kemudian, klik lagi “Page Number > Format Page Numbers…”, tetapi dalam hal ini, pilih angka umumuntuk nomor halaman. Pada bab “Page numbering > Start at:”, ketik angka 1 untuk mengambarkan bahwa section 2 harus dimulai lagi dari satu. Klik OK jika telah.


Selesai


Nomor Halaman Berbeda Thumbnail View Word


Sampai disini, anda telah sukses menciptakan biar nomor halaman di daftar isi & gambar berlainan dengan isi dokumen. Daftar isi & gambar telah saya beri nomor halaman dengan angka romawi dan isi dokumen saya beri nomor halaman angka biasa. Bahkan, saya juga mengganti format nomor halaman menggunakan format lain pada isi dokumen.


Bagaimana berdasarkan anda artikel Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word?


Artikel ini menyediakan cara yang mudah untuk membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word. Tentu nantinya anda mampu membuat Section lagi yang gres untuk mengganti format nomor halaman di halaman selanjutnya. Pengalaman saya menulis skripsi, penulis menggunakan 25-an section biar memiliki format nomor halaman yang berlainan.


Lalu, apakah ada yang anda bingungkan di artikel ini? Bagaimana cara anda sebelumnya dalam menciptakan nomor halaman yang berbeda? SIlahkan tulis di kotak komentar pengalaman anda ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar