"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Menciptakan Grafik Di Excel Super Lengkap!

Belajar cara menciptakan grafik di Excel sungguh dibutuhkan. Grafik atau diagram/chart merupakan solusi yang tepat jikalau anda ingin memudahkan orang lain dalam membaca data. Visualisasi menciptakan pembaca tidak jenuh dengan angka-angka yang rumit dan pembaca juga lebih mengetahui pergerakan data. Lalu, bagaimana cara membuat grafik di Excel?


Sumber Data: Jumlah Produksi Kacang Tanah


Disini, kita akan membuat grafik dengan memakai data dari BPS yang mampu anda download selaku studi kasus mencar ilmu kita. Silahkan klik disini untuk mulai men-download. Data ini aku ambil dari data BPS, namun aku ubah biar menggunakan format file terbaru yakni “.xlsx”.


Jika anda menggunakan format file usang ialah .xls, anda tidak mampu menggunakan fitur baru yang ada di Office 2013, 2016, maupun 2019.


Data Jumlah Produksi Kacang Tanah Excel


Selesai download, silahkan buka dan kesannya seperti diatas. Data tersebut terdiri dari jumlah bikinan kacang tanah untuk semua provinsi dari tahun 1993 hingga 2015. Disitu juga tersedia data se-Indonesia yang berada di baris paling bawah.


Menyeleksi data yang mau diubah menjadi grafik


Anda bisa mengubah seluruh data tersebut menjadi grafik. Namun disini, saya ingin melihat tren hasil buatan kacang tanah setiap tahun untuk Provinsi Aceh. Maksud dari tren disini yakni apakah jumlah produksi kacang tanahnya menurun atau naik setiap tahunnya.


Menyeleksi Data Produksi Kacang Tanah Excel


Seperti animasi diatas, silahkan anda seleksi hingga Provinsi Aceh saja. Jika anda ingin menggunakan Provinsi yang lain, seleksi dahulu header-nya, kemudian klik dan tahan tombol ALT di keyboard anda dan seleksi baris provinsinya. Jika anda ingin memakai data seluruh Provinsi, tentukan anda seleksi seluruh Provinsinya dan jangan sampai baris “indonesia” ikut anda seleksi.


Memilih grafik atau diagram/chart


Ada banyak jenis grafik yang bisa anda pilih di Excel. Dan seluruhnya mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Karena studi kasus kita dikala ini yaitu melihat tren hasil produksi kacang tanah, grafik atau diagram yang sempurna untuk hal tersebut ialah “Line Chart”. Karena grafik jenis ini secara jelas mampu menyediakan gambaran turun dan naik dari hasil produksinya.


Menggunakan Line Chart Excel


Setelah anda seleksi, silahkan klik hidangan “Insert” (1), kemudian klik tombol kecil mirip nomor (2). Kemudian pada tab “All Charts” (3), pilih jenis “Line” dan pilih saja seperti nomor (4). JIka sudah, klik OK (5).


Grafik Line Excel


Seperti gambar diatas, grafik ini secara terang menunjukkan kita ilustrasi tren jumlah buatan kacang tanah setiap tahunnya untuk Provinsi Aceh. Bisa dilihat bahwa produksinya berkembangtajam antara tahun 1993 hingga 1995. Namun perkembangannya terus menurun hingga tahun 2015.


Menambah atau mengganti elemen pada grafik


Garis Axis Grafik Excel


Pada gambar grafik diatas, sebetulnya masih ada yang abnormal. Jika anda menawarkan grafik tersebut ke orang lain, mungkin mereka mengajukan pertanyaan. Angka apa yang ada di garis sumbu vertikal (A)? Ya, disana ada angka 0 sampai 35000 dan grafik tersebut belum menerangkan angka apa. Selain itu, pada garis sumbu horizontal, grafik kita menawarkan informasi yang salah yaitu garis yang sebaiknya diisi “Tahun”, tetapi ternyata diisi “Kacang tanah buatan (Ton)” (B).


Menambahkan Judul Axis Grafik Excel


Excel memungkinkan anda untuk menambah bagian baru kepada grafik atau diagram anda dengan gampang. Dalam hal ini, anda ingin menyertakan isu judul untuk garis sumbu vertikal anda. Untuk melakukannya, klik tanda plus dibagian kanan grafik dan beri tanda centang pada “Axis Titles” dan ganti judul sumbunya mirip gambar diatas.


Grafik Dengan Judul Axis Yang Benar Excel


Untuk mengganti “Kacang tanah Produksi (Ton)”, yang perlu anda kerjakan hanyalah menggantinya di tabel anda menjadi “Tahun” mirip gambar diatas. Terakhir, silahkan hapus Axis TItle untuk garis horizontal dengan cara klik saja dan tekan tombol Del di keyboard anda.


Menambahkan Elemen Lain Di Grafik Excel


Baru saja, anda memperbesar bagian gres adalah “Axis Titles”. Selain itu, masih banyak komponen lain yang bisa anda tambahkan mirip Legend atau garis tren dengan Trendline mirip gambar diatas. Silahkan bereksperimen dengan elemen-elemen tersebut.


Mengubah performa grafik


Mengubah Tampilan Grafik Excel


Tentu anda mampu mengubah tampilan dari grafik anda dengan gampang bila dirasa grafik yang anda buat saat ini belum mempesona. Caranya adalah klik saja icon “Chart Styles” seperti gambar diatas dan pilihlah sesuai cita-cita anda.


Mengubah Warna Grafik Excel


Selain itu, anda mampu mengganti warna garis pada grafik pada tab “Color” seperti gambar diatas.


Mengubah data yang tampil


Mengubah Data Yang Tampil Di Grafik Excel


Data yang ada di grafik juga mampu ubah sesuai kebutuhan. Misalnya saja jikalau anda tak mau menampilkan data bikinan kacang tanah pada tahun 1993 dan 1994, anda cukup klik pada icon “Chart Filters”, kemudian hilangkan saja tanda centang pada data yang tak mau anda munculkan. Jika telah, klik “Apply”.


Tombol Menambah Data Di Grafik Excel


Selain mengubah data yang ditampilkan, anda juga bisa menambah data. Studi perkara kali ini ialah memperbesar data dari Provinsi lain. Misalnya saja Provinsi Sumatera Barat. Untuk melakukannya, klik saja “Select Data…”. Kemudian, klik tombol “Add” seperti gambar diatas.


Menambah Data Pada Grafik Excel


 


Selanjutnya, pada kolom “Series name:”, klik kolom yang mengandung kata “Sumatera Barat” bila anda ingin memperlihatkan provinsi terseubt. Kemudian, seleksi data yang akan anda tambahkan mirip animasi diatas. JIka telah, klik OK.


Keadaan Grafik Setelah Data Ditambahkan Excel


Bisa anda lihat pada gambar diatas, data untuk provinsi Sumatera Barat dan tampakbahwa produksi kacang tanah untuk provinsi tersebut lebih stabil tiap tahunnya bila ketimbang Aceh.


Mengubah jenis grafik


Mengubah Jenis Grafik Di Excel


Jika anda ingin mengganti jenis grafiknya, anda mampu melakukannya pada tab “Design” dan klik “Change Chart Type”. Pastikan anda menentukan jenis grafik yang sempurna. Dikarenakan berlainan grafik mempunyai kelebihan masing-masing dalam menampilkan data.


Bagaimana berdasarkan anda artikel Cara Membuat Grafik di Excel?


Dengan membaca artikel ini, anda lebih paham bagaimana membuat dan mengatur performa serta mengubah data yang tampil. Keahlian ini menjadi sungguh penting kalau anda ingin mempresentasikannya di depan klien anda. Tidak mungkin anda menghidangkan data berupa tabel. Menggunakan grafik atau diagram mampu ditentukan balasan pasti agar penyajian anda menarik.


Bagaimana menurut anda artikel cara membuat grafik di Excel ini? Apakah masih ada yang belum anda pahami? Silahkan tulis di kotak komentar pengalaman anda dalam membuat grafik.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar