"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

6 Kiat Berbelanja Mouse Yang Tepat Untuk Anda

Jangan beli mouse sebelum anda membaca postingan ini! Tips berbelanja mouse ini perlu anda ketahui supaya anda mampu menerima mouse sesuai keperluan maupun penggunaan. Mouse ketika ini terdiri dari aneka macam macam spesifikasi maupun bentuk. Karena mouse menjadi perangkat yang akan anda gunakan terus menerus, sungguh penting untuk anda untuk mengetahui apa mouse yang sempurna.


Langsung saja kita simak tips membeli mouse buat anda.


1. Mouse untuk penggunaan Normal atau Gaming


Para produsen mouse biasanya memproduksi 2 jenis mouse adalah untuk penggunaan lazimatau penggunaan untuk gamer. Bagi sebagian besar pengguna komputer, mouse biasa ialah pilihan standar yang mampu dipakai kapan saja. Namun bagi anda yang terobsesi dengan game dan ingin mengungguli musuh, mouse gaming menjadi opsi yang wajib.


Mouse Gaming Vs Mouse Biasa


Perbedaannya mouse lazimdan gaming terletak pada mutu produk. Bukan berarti mouse biasa mempunyai mutu buruk, namun mouse gaming biasanya ditunjang dengan ketahanan luar biasa. Misalnya dalam ketahanan jumlah klik di setiap tombolnya, mouse gaming mencapai ketahanan sampai puluhan juta klik pada tombolnya. Ini sangat penting karena bermain game mengharuskan anda mengklik beberapa kali dalam satu waktu, sehingga ketahanan tombol menjadi aspek penting. Mouse gaming juga cenderung mempunyai tombol-tombol tambahan yang mampu digunakan di dalam game, sehingga anda bisa mengurangi ketergantungan terhadap keyboard.


Untuk berita lengkap tentang perbedaan mouse lazimdan mouse gaming, sudah kami tulis sebelumnya di postingan ini.


2. Wired atau Wireless (Kabel atau Tanpa Kabel)


Di zaman yang semakin meningkat ini, perangkat tanpa kabel makin lama kian menjadi primadona. Termasuk untuk mouse, mouse tanpa kabel bisa dibilang solusi terbaik. Anda tidak butuhrepot mengatur kabel mouse yang berantakan.


Di tahun-tahun sebelumnya, mouse dengan kabel menjadi opsi alasannya waktu tanggapanyang baik dan pribadi bekerja dikala anda colok di port USB anda. Harganya yang lebih hemat biaya juga menjadi alasan banyak orang kenapa memilih mouse kabel. Selain itu, anda tidak perlu berurusan dengan baterai kalau memakai mouse kabel.


Maksud dari waktu respon yaitu seberapa usang komputer mendapat respon ketika anda mengklik tombol mouse. Waktu respon mouse biasanya diukur dengan satuan milidetik.


Namun untuk saat ini, banyak sekali mouse tanpa kabel yang murah atau dibawah 100 ribu. Masalah waktu respon ketika ini juga tidak menjadi duduk perkara dan perbedaannya makin lama kian sedikit dengan mouse kabel. Mouse tanpa kabel juga memiliki ketahanan baterai hingga 2 tahun dan pastinya akan ada pemberitahuan jika baterai akan habis, sehingga anda bisa berkemas-kemas mengubahnya.


Untuk penggunaan wajar , mouse tanpa kabel adalah solusi yang tepat. Waktu responnya yang telah sangat bagus dan dikala ini anda tidak mampu membandingkan waktu respon mouse kabel dan tanpa kabel, alasannya rasanya sama saja. Bahkan untuk penggunaan gaming, mouse tanpa kabel sudah mampu menjadi opsi utama bagi kebanyakan gamer.


Mouse Gaming Logitech


Namun jika anda adalah gamer profesional yang di setiap milidetiknya sangat berharga, mouse dengan kabel mungkin masih menjadi solusi. Produsen mirip Logitech masih banyak memperlihatkan mouse gaming dengan kabel alasannya ketika ini masih menjadi favorit bagi para gamer. Seperti gambar diatas, mouse ini memberikan waktu tanggapansebesar 1 militedik dengan ketahanan tombol sebesar 50 juta klik.


Steelseries Rival 650


Tapi jangan berpikir kalau mouse gaming tanpa kabel tidak mampu memperlihatkan hal tersebut. Seperti mouse SteelSeries Rival 650 diatas, mouse tersebut juga mampu memperlihatkan waktu respon sebesar 1 milidetik. Selain itu, ketahanan tombolnya juga telah meraih 60 juta klik. Dalam hal spesifikasi, mouse tanpa kabel bergotong-royong sudah menyamai mouse kabel. Mungkin dari sisi harga saja yang menciptakan adaptasi mouse gaming tanpa kabel tidak sebanyak mouse kabel.


Konektivitas mouse Wireless


Untuk konektivitas dari Wireless Mouse, produsen umumnya menawarkan 2 jenis. Yaitu koneksi RF (Radio Frequency) dan Bluetooth. RF merupakan konektor tercepat alasannya dikala tercolok di port USB anda, mouse pribadi bisa anda gunakan. Tidak seperti Bluetooth dimana anda harus melakukan Pair ketika pertama kali menggunakan. Namun, koneksi RF membutuhkan USB anda, sehingga mengurangi jumlah port yang tersedia untuk perangkat yang lain.


Kelebihan Bluetooth adalah tidak memerlukan port USB. Namun, ada jeda waktu dimana ketika mouse dihidupkan, mouse tidak pribadi mampu digunakan. Anda mesti menanti kurang lebih 3 detik sebelum mampu menggunakannya. Konektor RF tidak mirip dan eksklusif bisa digunakan dikala mouse atau komputer dihidupkan.


3. DPI (Dots Per Inch)


Tips berbelanja mouse lain yang perlu anda amati adalah spesifikasi DPI atau Dots Per Inch. Istilah ini digunakan untuk menentukan seberapa banyak kursor mouse bergerak ketika mouse secara fisik anda gerakkan. Sebagai teladan, contohnya anda memiliki layar monitor dengan resolusi 4K yang mempunyai panjang sebesar 3.840 piksel. Jika anda mempunyai mouse dengan 400 DPI, berarti anda perlu menggerakkan mouse anda sepanjang 10 inch supaya bisa menggerakkan kursor dari pojok kiri ke kanan atau sebaliknya di monitor anda.


Jika anda berpikir makin besar DPI yang mouse anda miliki kian cantik, hal tersebut tidaklah mirip itu. DPI besar tidak menjamin bahwa penggunaan mouse lebih baik. Berikut beberapa fakta mengenai DPI ini.



  • Bagi pengguna komputer biasa mirip penggunaan di kantor atau sejenisnya, anda tidak perlu memperhatikan spesifikasi DPI di mouse.

  • Mouse dengan DPI tinggi sungguh memiliki kegunaan kalau anda menggunakan monitor dengan resolusi tinggi atau anda memakai 2 atau lebih monitor. Semakin tinggi DPI, kursor mampu bergerak lebih cepat.

  • Banyak mouse yang bisa diatur seberapa besar DPI-nya. Jika anda bermain game, DPI besar berfungsi semoga anda mampu melaksanakan reaksi lebih cepat terhadap sesuatu. Namun jikalau anda atur untuk menggunakan DPI rendah, tingkat akurasi menjadi lebih cantik. DPI rendah sangat bermanfaat bila anda bermain game seperti Sniper dimana gerakan mouse dengan DPI rendah akan meningkatkan akurasi dalam menembak musuh.

  • DPI juga besar lengan berkuasa jikalau anda sering memakai aplikasi multimedia mirip Photoshop. DPI rendah menciptakan anda bisa lebih presisi dalam mengganti foto.

  • DPI berlainan dengan pengaturan Mouse Sensitivity yang umum terdapat di aplikasi pengaturan mouse. Tingkat akurasi lebih tinggi bila anda merendahkan DPI. Sedangkan kalau anda merendahkan mouse sensitivity, efeknya hanyalah merendahkan kecepatan pergerakan kursor dan tingkat akurasinya tidak sebaik DPI yang rendah.


4. Optik atau Laser


Agar dapat mengetahui gerakan, mouse menggunakan teknologi optik maupun laser. Sebenarnya 2 hal tersebut menggunakan teknologi yang serupa. Mouse optik menggunakan lampu LED dan mouse akan menyaksikan pantulannya untuk memilih gerakan. Mouse laser seperti namanya memakai sinar laser untuk membaca gerakan.


Karena mouse optik mengandalkan pantulan cahaya LED, mouse ini biasanya tidak bisa dipakai di permukaan beling. Sedangkan mouse laser mampu melakukan pekerjaan di hampir semua permukaan. Selain itu, mouse laser juga lebih sensitif sehingga banyak mouse laser bisa dikelola seberapa besar DPI-nya.


Tentu dengan kelebihan mouse laser tersebut, harganya jadi lebih mahal. Jika diseleksi sesuai penggunaan, pilih mouse optik bila anda jarang berpindah-pindah tempat bekerja. Jika anda sering berpindah daerah kerja, pilih mouse laser sebab bisa menyesuaikan lebih banyak permukaan, tergolong kaca.


5. Mouse ergonomis


Mouse ergonomis ialah mouse yang di desain untuk menitik beratkan pada kenyamanan penggunaan secara natural. Mouse ergonomis ini di rancangan untuk mengikuti bagaimana posisi tangan secara natural. Salah satu mouse ergonomis yang populer yaitu mouse Logitech MX Ergo.



Seperti video diatas, rancangan mouse ini sungguh berbeda dari pada umumnya mouse. Mouse ini mampu diangkat hingga 20 derajat sesuai bentuk lekuk kepalan tangan anda. Ukurannya yang lebih besar, sehingga saat anda menggenggamnya, terasa lebih pas.


Namun pada umumnya mouse ergonomis yang terjual memang di rancangan untuk anda yang menggunakan tangan kanan. Sangat jarang mouse ergonomis yang khusus dibuat untuk tangan kiri. Selain itu, harga mouse ergonomis tentu lebih mahal. Silahkan beli mouse ergonomis bila anda yaitu orang yang sungguh bergantung terhadap mouse atau anda menggunakan mouse dalam rentang waktu yang usang. Karena mouse tolok ukur kalau dipakai usang, akan menciptakan tangan anda cepat lelah atau sering kali menjadikan nyeri.


6. Polling Rate


Polling Rate yakni satuan untuk mengetahui seberapa banyak mouse menawarkan laporan ke komputer kepada lokasi mouse dikala ini. Semakin besar polling rate, hal itu berefek pada kehalusan pergerakan kursor dan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Satuan polling rate ini di hitung menggunakan Hz atau hertz.


Kebanyakan mouse menggunakan polling rate sebesar 500 Hz. Itu artinya, mouse melaporkan lokasinya dikala ini ke komputer setiap 2 milidetik. Jika mouse anda mempunyai polling rate sebesar 1.000 Hz, maka mouse tersebut melaporkannya setiap 1 milidetik.


Walau 500 ke 1.000 Hz terkesan sangat banyak, di dalam penggunaannya tidak akan berefek sangat besar. 2 milidetik sendiri telah sangat cepat dan tidak mungkin mouse anda terasa nge-lag. Kesimpulannya, bagi pengguna komputer biasa, anda tidak perlu memperhatikan polling rate ini. Ini berbeda bila anda yakni gamer, jangan hingga mouse anda memiliki polling rate kurang dari 500 Hz.


Bagaimana berdasarkan anda artikel 6 Tips Membeli Mouse ini?


Saya percaya setelah anda membaca artikel tips berbelanja mouse ini, anda lebih hati-hati dalam membeli mouse. Apalagi perangkat ini nantinya terus anda pakai, sehingga menentukan mouse yang tepat telah menjadi kewajiban. Lalu, tips mana yang paling berfaedah untuk anda? Apakah anda mempunyai kiat lain selain yang ada di postingan ini? Silahkan berikan pengalaman anda di kotak komentar.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar