"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

8 Tips Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word Yang Tepat!


Membuat tabel di Microsoft Excel mungkin telah biasa anda kerjakan. Namun, bagaimana jika menciptakan tabel di Microsoft Word? Anda tepat tiba ke postingan ini alasannya adalah disini, anda akan memperoleh cara membuat tabel di Microsoft Word yang sempurna dan anggun untuk laporan atau apapun dokumen yang anda buat.









1. Cara menciptakan tabel





Membuat Tabel Di Microsoft Word




Mari kita mulai dari dasarnya dulu. Cara tercepat dalam menciptakan tabel ialah dimulai dari menu Insert (1) > Table (2) dan pastikan berapa banyak kolom & baris yang ingin anda buat dan klik (3) untuk menjadikannya mirip gambar diatas.





Tombol Plus Untuk Menambah Baris Kolom Tabel Microsoft Word




Jika kolom atau baris dirasa masih kurang sesudah anda membuat tabelnya, anda bisa memakai tombol “+” di antara baris maupun kolom mirip animasi diatas.





Menyeleksi Baris Kolom Tabel Microsoft Word




Tips berikutnya yakni melakukan seleksi baris maupun kolom dengan segera. Yang perlu anda lakukan yaitu arahkan kursor anda ke area luar dari tabel. Untuk memilih satu kolom, pastikan kursor anda berkembang menjadi kursor tanda panah kebawah berwarna hitam. Untuk menyeleksi baris, amati kursor dengan arah kursor terbalik dari umumnya seperti animasi diatas.





Memberikan Warna Baris Tabel Microsoft Word




Setelah anda melakukan seleksi, tentu anda bisa melakukan pengubahan sesuka hati dengan banyak opsi yang diberikan Microsoft Word. Misalnya saja memberikan warna terhadap baris, dengan cara klik menu Design > Shading dan pilih warna yang anda kehendaki.





Icon Seleksi Seluruh Tabel Microsoft Word

TIPS: Klik icon seperti gambar untuk menyeleksi seluruh isi satu tabel






2. Mengkonversi teks ke tabel dan sebaliknya





Pernahkah anda mendapatkan data dalam bentuk teks dalam bentuk struktur Tabular dan anda ingin menggantinya menjadi tabel? Anda mampu melakukannya di Microsoft Word dan bisa dilakukan cuma dalam 3 detik saja.





Konversi Teks Ke Tabel Microsoft Word




Langkah pertama adalah seleksi dulu seluruh data tabular yang anda miliki (1). Klik menu Insert (2) > Table (3) > Convert text to Table… (4). Kemudian, anda bisa diberikan pilihan untuk memformat tabelnya. Jika telah puas, klik saja OK. Maka risikonya akan menjadi seperti dibawah ini.





Hasil Teks Ke Tabel Microsoft Word




Terlihat pada gambar diatas bahwa data tabular anda telah menjelma tabel dan siap untuk anda ubah jikalau dirasa kurang.





Menu Convert To Text




Untuk melaksanakan hal yang sebaliknya, seleksi seluruh tabel (1) dan klik menu Layout (2) dan klik Convert to Text (3).





Opsi Convert To Text Microsoft Word




Kemudian, silahkan pilih sesuai kemauan anda. Disini, saya menggunakan pilihan “Commas” agar data dalam tabel di pisahkan dengan koma. Jika sudah, klik OK. Maka akhirnya kembali seperti semula.





3. Memberikan nomor secara otomatis





Di Excel, anda bisa memberikan nomor secara otomatis dengan cara yang gampang. Anda bisa melakukannya di Microsoft Word, namun dengan cara yang berlainan.





Memberikan Nomor Secara Otomatis Tabel Microsoft Word




Seleksi kolom atau baris yang ingin anda berikan nomor, kemudian pada sajian Home, klik pada Bullets & Numbering dan klik opsi angka seperti animasi diatas.





4. Mengatur ukuran kolom dan baris





Memunculkan Ruler Microsoft Word




Dengan menggunakan Ruler, anda mampu mengendalikan ukuran kolom dan baris dengan mudah. Ruler secara bawaan disembunyikan oleh Microsoft Word semenjak model Office 2007. Untuk memperlihatkan Ruler di Microsoft Word, klik menu View dan klik “Ruler”.





Memperbesar Memperkecil Ukuran Kolom Baris Tabel Microsoft Word




Untuk mulai mengatur ukuran kolom dan baris, silahkan klik tabel anda. Kemudian, anda mampu memindah ukuran kolom maupun baris dengan memakai Ruler mirip animasi diatas. Anda juga mampu menggunakan garis-garis pada tabel untuk menambahatau memperkecilnya.





5. Mengubah kolom menjadi baris atau sebaliknya





Di Microsoft Excel, perintah “Transpose” menciptakan posisi kolom menjadi baris maupun sebaliknya. Ada beberapa situasi dimana anda mesti menukar posisi kolom dan baris, sehingga cara ini mesti anda pelajari untuk melakukan hal tersebut.





Namun, pilihan transpose hanya dimiliki oleh Microsoft Excel saja, sehingga anda harus memindahkan tabel yang ada di Microsoft Word ke Excel untuk melakukannya.





Melakukan Transpose Excel




Untuk melakukannya, copy dahulu tabel yang ada di Microsoft Word ke Excel. Kemudian, anda copy atau cut tabel yang ada di Excel. Pada hidangan Home, klik Paste dan pilih pilihan “Transpose”.





Setelah anda melaksanakan transpose, copy kembali dan paste ke Microsoft Word anda.





6. Menggunakan ulang tabel yang telah anda buat





Jika anda sering sekali membuat tabel yang sama di dokumen yang sama maupun di dokumen lainnya, anda mampu memakai fitur Quick Parts yang ada di Microsoft Word, sehingga anda tidak perlu sibuk-sibuk menciptakan ulang tabelnya.





Menyimpan Quick Parts Word




Untuk melakukannya, pilih tabel anda. Kemudian, klik menu Insert > Text > Quick Parts > “Save Selection to Quick Part Gallery…”. Kemudian, berikan isu mengenai Quick Parts yang anda buat.





Menggunakan Quick Parts Yang Tersimpan Word




Jika ingin menggunakan Quick Parts, klik lagi menu Insert > Text > Quick Parts dan eksklusif pilih. Anda juga mampu mengklik “Building Blocks Organizer…” untuk melihat seluruh Quick Parts yang pernah anda buat.





7. Menambahkan caption pada tabel dan menggunakannya selaku daftar isi tabel





Caption sungguh berguna untuk memberikan judul terhadap tabel yang anda buat. Caranya sangat mudah menambahkan caption.





Memberikan Caption Tabel Word




Seleksi seluruh tabel, lalu klik kanan pada tabel dan klik “Insert caption”. Berikan nama caption dan jikalau telah, klik OK. Maka tampilannya akan mirip diatas. Tentu anda bisa mengontrol format caption dengan mudah jika tampilannya dirasa tidak pas.





8. Copy dan Paste tabel untuk Email





Jika anda diminta untuk mengirimkan tabel yang telah anda buat di Microsoft Word lewat email, anda bisa Copy dan Paste sepatutnya anda memakai aplikasi Office lainnya. Hal ini sangat efektif, apalagi jikalau tabel anda miliki sungguh kompleks dan membuatnya langsung lewat aplikasi Email sungguh merepotkan.





Copy Paste Tabel Ke Email




Seperti terlihat pada gambar diatas, aku menggunakan aplikasi Mail di Windows 10. Saya mampu dengan mudah Copy & Paste tabel yang aku buat di Microsoft Word ke aplikasi email. Bahkan, anda juga mampu melakukannya di Email lain mirip Gmail dan Yahoo mirip gambar dibawah ini.





Copy Paste Tabel Ke Gmail




Cara menciptakan tabel di Microsoft Word sudah anda pelajari





Tips-tips yang anda pelajari di artikel ini sungguh bermanfaat biar anda bisa membuat tabel lebih singkat dan lebih manis lagi, walau anda tidak memakai Excel. Lalu, apakah anda memiliki tips lain dalam membuat tabel di Microsoft Word? Yuk bagikan pengalaman ada di kotak komentar dibawah.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar