"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

10 Cara Mengembangkan Penampilan Game Di Laptop

Bermain game menjadi tidak seru jikalau game yang anda mainkan lambat. Apalagi laptop tidak mirip komputer desktop yang dapat di upgrade dengan bebas

Performa Game
Bermain game menjadi tidak seru jikalau game yang anda mainkan lambat. Apalagi laptop tidak mirip komputer desktop yang dapat di upgrade dengan bebas. Untuk itu, mengenali cara meningkatkan performa game di laptop menjadi kewajiban dan bisa anda peroleh di postingan ini. Berikut cara-caranya:

1. Update driver kartu grafis

Driver sangatlah penting biar graphics card di laptop anda. Jika memakai driver yang salah atau versi usang, Windows tidak mengetahui bagaimana menggunakannya kartu grafis di laptop anda secara optimal.

Sering sekali driver baru yang disediakan oleh vendor menenteng tunjangan dan kenaikan performa secara keseluruhan maupun game yang spesifik. Ini lazimterjadi ketika kartu grafis dirilis, game tersebut belum ada dijual. Ketika dijual, barulah vendor mampu menciptakan driver yang dioptimasi khusus untuk game tersebut.

Nvidia Driver Download

Berikut ialah daftar dimana anda bisa mendownload driver kartu grafis modern:
NVidia:

https://www.nvidia.com/Download/index.aspx?lang=en-us
AMD:
https://www.amd.com/en/support
Intel:
https://downloadcenter.agen rahasia.com/product/80939/Graphics-Drivers

Pastikan anda menentukan driver yang tepat sesuai spesifikasi kartu grafis komputermu. Jika anda tidak mengetahuinya, anda bisa memakai aplikasi mirip Speccy untuk mengenali informasinya.

2. Mengatur Power Mode

Laptop didesain sedemikian rupa biar hemat dalam memakai daya. Windows secara otomatis mengontrol penggunaan daya, sehingga anda tidak butuhmemikirkannya.

Hal tersebut sungguh cantik dikala anda melakukan pekerjaan hanya menggunakan aplikasi ringan maupun menonton video. Laptop tidak akan memakai banyak daya untuk melaksanakan aplikasi ringan. Tapi tidak elok terhadap game yang anda mainkan.

Cara Meningkatkan Performa Game Laptop Dengan Mengganti Power Mode Windows 10

Namun, Windows 10 memperlihatkan opsi untuk meningkatkan tampilan secara gampang dengan mengubah Power Mode. Caranya sungguh gampang, anda cukup klik icon power pada Taskbar anda dan geser ke “Better performance” atau “Best performance”. Dengan begitu, Windows 10 akan mengutamakan tampilan dibandingkan dengan daya tahan baterai ketika bermain game.

3. Menggunakan Game Mode

Dengan Game Mode, Windows 10 akan mengutamakan game anda. Seperti berhenti mengirimkan anda notifikasi dari aplikasi selain dari game yang anda mainkan. Selain itu, Game Mode meningkatkan frame rate dari beberapa game.

Cara Meningkatkan Performa Game Laptop Dengan Game Mode Windows 10

Secara bawaan, Game Mode senantiasa aktif. Namun bila anda penasaran apakah Game Mode aktif atau tidak, anda bisa buka Start dan ketik “game mode” dan tekan enter. Seperti gambar diatas, Game Mode telah aktif di komputer aku.

4. Menggunakan DirectX versi terbaru

DirectX yakni suatu tool untuk memfasilitasi para pengembang game dalam menciptakan game di Windows. Setiap model terbaru DirectX lazimnya menenteng kenaikan penampilan. Saat artikel ini turun, DirectX versi 12 yaitu yang terbaru.
Informasi Directx Windows 10

Untuk mengetahui versi DirectX anda, tekan tombol Windows + R. Kemudian, ketik “dxdiag” dan tekan enter. Seperti gambar diatas, komputer saya sudah mempunyai DirectX versi modern. Jika komputer anda mempunyai versi usang, anda bisa mengecek Windows Update untuk menerima model terbarunya.

5. Menutup aplikasi lain selama bermain game

Semakin banyak aplikasi yang anda lakukan selagi bermain game, hal tersebut mampu mengganggu performa komputer. Karena aplikasi yang berjalan akan mengkonsumsi resource RAM anda dimana umumnya game memakai banyak RAM.
Menutup Aplikasi Windows 10

Untuk mengeceknya, silahkan lihat taksbar anda dan tutup aplikasi yang tidak diharapkan.

6. Menggunakan Graphics Settings

Kartu grafis di laptop banyak yang menggunakan 2 kartu grafis. Kartu grafis yang pertama yaitu dari prosesor (Integerated Graphics) anda dan yang kedua yaitu kartu grafis dedicated. Kartu grafis yang pertama biasanya memiliki konsumsi daya yang rendah, namun performanya lebih lemah dibandingkan yang kedua.

Hal ini sesungguhnya sangat efektif, karena Windows dapat memakai integerated graphic dikala keperluan grafisnya rendah dan begitu sebaliknya. Pergantian penggunaan kartu grafis tersebut biasanya terjadi secara otomatis. Namun anda bisa menggantinya secara manual bila diharapkan. Misalnya jika anda bermain game, anda bisa menentukan kartu grafis yang dedicated untuk mendapatkan tampilan lebih.

Graphics Settings Windows 10

Caranya yakni buka Start dan ketik “graphics setting” dan tekan enter. Seperti gambar diatas, anda mampu klik “Browse” untuk menentukan aplikasi yang diinginkan. Jika sudah, klik “Options” untuk menentukan kartu grafis.

Memilih Kartu Grafis Graphics Settings Windows 10

Disini, aku memilih game “Crysis Warhead”. Agar tampilan gamenya lebih cepat, saya menentukan “High Performance” biar Windows hanya menggunakan kartu grafis aku yang dedicated yaitu AMD Radeon 520. Jika aku memakai Intel HD Graphics, maka performanya lebih rendah.
7. Menggunakan aplikasi dari kartu grafis
Jika anda telah install driver modern untuk kartu grafis anda, tentukan anda mengevaluasi software yang terpasang di komputer anda. Karena aku memakai Radeon, nama aplikasinya adalah “AMD Settings”. Di aplikasi tersebut, ada pengaturan yang kita mampu ubah supaya performa game kita mampu jadi lebih besar.

Amd Settings Windows 10

Seperti gambar diatas, anda mampu menyaksikan berbagai opsi yang bisa anda pilih. Seperti Anti-aliasing yang fungsinya untuk mengurangi garis gambar yang terlihat tidak lurus dan tampak seperti tangga kalau di lihat secara rinci. Silahkan lihat dokumentasi kartu grafis anda untuk mengetahui opsi yang lain.

8. Mengatur Visual Effect di Windows 10

Cari Adjust The Appearance Settings Windows 10

Visual Effect yang elok di Windows bisa jadi meminimalkan performa game yang anda kerjakan. Anda mampu mengontrol visual effect di Windows 10 dengan cara tekan tombol Windows + i, kemudian ketik “adjust the appearance” dan tekan enter.
Performance Options Best Performance Windows 10

Kemudian, pilih opsi “Adjust for best performance”. Hal ini akan mematikan nyaris keseluruhan animasi visual di Windows 10. Namun ketika anda akhir bermain game, anda mampu menghidupkan kembali ke pengaturan semula.

9. Menggunakan Razer Cortex

Razer Cortex ialah software untuk mengembangkan penampilan komputer secara instan dan dikhususkan untuk gaming. Ada banyak aplikasi serupa, tetapi saya merekomendasikan software ini buat anda karena akomodasi dan peningkatan penampilan yang lumayan banyak.

Walaupun pembuatnya dari Razer, bukan memiliki arti komputer anda harus bermerk Razer untuk menggunakannya. Silahkan download dan install di komputer anda. Secara otomatis, Cortex akan mendeteksi game yang terpasang di komputer anda.

Cara Meningkatkan Performa Game Laptop DenganBoost Razer Cortex

Untuk mempercepat komputer anda, klik sajian “Game Booster” dan klik “Boost”. Terakhir, klik “Boost Now” dan seketika itu juga performa komputer anda akan meningkat. Bukan hanya game, dengan menggunakan aplikasi ini anda juga bisa meningkatkan penampilan komputer anda untuk hal lain, tergolong dalam bekerja.

10. Membersihkan unsur internal laptop

Tips ini sengaja saya taruh paling selesai karena membutuhkan kemampuan anda dalam membongkar laptop. Selain itu, membongkar laptop anda akan menggugurkan garansi laptop anda, jadi kerjakan dengan hati-hati. Namun hasil yang diberikan tidak akan mengecewakan.

Setiap kali kita memakai laptop, debu dapat masuk di komponen dalam laptop mirip kipas dan lain-lain. Hal ini pasti kuat kepada penampilan alasannya komponen laptop akan kian panas dan kipas harus melakukan pekerjaan extra untuk mendinginkannya.

Ketika unsur dalam laptop anda bersih, kipas tidak akan berputar terlalu keras dan arus udara di dalam mampu lebih lega dan kipas mampu optimal dalam menghalau panas.

Untuk membongkar laptop, silahkan cari dokumentasi laptop anda untuk mengenali caranya. Jika anda orang yang tidak pernah membongkar laptop, jangan pernah membongkarnya tanpa panduan! Karena berbagai orang yang mematahkan komponen dalam dan risikonya malah merusak laptop.

Ternyata ada banyak cara meningkatkan penampilan game di Laptop

Dan saya percaya seluruh tips di postingan ini bisa meningkatkan performa game di laptop anda tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Jika anda mempunyai uang lebih, anda juga meningkatkan penampilan game dengan cara menambah lebih banyak RAM maupun mengganti HDD menjadi SSD.

Lalu, apakah artikel ini membantu anda? Apakah anda memiliki pertanyaan lain? Silahkan tulis di kotak komentar.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar