"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

5 Kiat Menertibkan Data Excel Yang Besar Dan Banyak


Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda susah mengontrol data Excel-nya? Saya pun sering mengalami hal tersebut dan kiat yang ada di postingan ini mudah-mudahan bisa menolong anda untuk bernavigasi dan mengontrol banyaknya data dalam Excel anda.









1. Freeze Pane





Dengan Freeze Pane, anda mampu ‘membekukan’ baris atau kolom sehingga saat anda melakukan scroll ke bawah atas atau kanan kiri, baris dan kolom tersebut tidak bergerak. Hal ini sungguh berkhasiat dikala anda sedang menganalisa data di Excel di kolom atau baris yang diluar jangkauan layar.





Menggunakan Freeze Pane Excel




Untuk menggunakan Freeze Pane, pilih sel dimana baris atau kolom seharusnya dibekukan. Jika sudah, klik menu View > Freeze Panes. Maka Excel akan membekukan baris dan kolom sesuai sel yang anda pilih sebelumnya.





Membekukan Baris Saja Atau Kolom Saja Excel




Jika anda ingin membekukan baris saja atau kolom saja, anda bisa menentukan “Freeze Top Row” atau “Freeze First Column”.





2. Split





Dengan Split, anda bisa membagi layar anda 4 bagian atau jendela. Dan setiap jendelanya, anda bisa melaksanakan scroll secara berdikari tanpa mengusik jendela yang lain. Salah satu fungsinya adalah untuk mengevaluasi bab tertentu dari data anda dan anda mampu mengubahnya.





Menggunakan Split Excel




Untuk menggunakan fitur ini, klik sel dimana Excel akan membaginya menjadi 4 jendela. Jika sudah, klik menu View > Split. Anda tentu bisa menertibkan ukuran setiap jendelanya dengan klik dan geser garis jendelanya.





3. Menambahkan dan menghapus kolom dan baris dengan cepat





Anda sudah tamat membuat tabelnya, namun ada yang tertinggal dan anda mesti menambahkan satu baris lagi di antara data-data tersebut. Bagaimana cara anda melakukannya? Caranya sungguh mudah.





Menambahkan Baris Baru Excel




Yang perlu anda kerjakan ialah klik kanan pada nomor baris yang ingin anda tambahkan baris gres diatasnya. Setelah itu, klik “Insert”. Untuk menambahkan kolom baru, kerjakan hal yang serupa adalah klik kanan saja di abjad baris dan klik “Insert”. Dan untuk menghapusnya, silahkan pilih pilihan “Delete”.





4. Mengubah ukuran kolom atau baris sesuai ukuran data secara otomatis





Data Terpotong Excel
Data pada kolom Email terpotong alasannya ukuran kolom terlalu kecil




Jika sel yang menampung data terlalu banyak, maka Excel tidak akan menampilkannya. Anda mesti mengubah ukuran kolom baris secara manual agar data bisa muat untuk dimunculkan. Hal ini sungguh merepotkan jikalau anda memiliki data yang banyak alasannya adalah anda tidak tahu ukuran kolom atau baris yang ideal untuk memunculkannya.





Mengubah Ukuran Kolom Otomatis Excel




Namun Excel mampu mendeteksinya secara otomatis dan mengganti ukuran kolom atau baris dengan mudah. Yang perlu anda lakukan adalah arahkan kursor ke sebelah kanan dari kolom yang ingin anda perbesar seperti animasi diatas. Jika sudah, klik dobel dan Excel akan memperbesar ukuran kolom secara otomatis sesuai dengan ukuran data terpanjang. Lakukan hal yang sama untuk baris.





5. Melakukan otomasi terhadap kolom





Tabel Excel Rata Rata




Contohnya mirip anda mempunyai data mahasiswa beserta nilai dari 2 mata kuliah yaitu matematika dan bahasa inggris. Kemudian, anda ingin mencari tahu rata-rata nilai mahasiswa. Tentu anda tinggal memakai rumus “average” yang ada di Excel. Masalahnya bukan di rumus, tetapi masalahnya yaitu banyaknya jumlah mahasiswa.





Melakukan Otomasi Rumus Data Excel




Tenang saja alasannya adalah anda juga bisa otomasi seluruh pekerjaan tersebut. Pada kolom rata-rata, gunakan rumus “Average” seperti biasa. Kemudian setelah simpulan, klik dobel pada pojok kanan bawah sel tersebut seperti animasi diatas. Maka secara otomatis Excel akan melaksanakan rata-rata sampai data paling bawah.





Dengan cara diatas, anda tidak perlu klik dan geser ke bawah sebab hal tersebut bikin capek, terlebih jikalau data anda sungguh banyak. Dan pasti anda mampu melaksanakan hal tersebut tidak hanya untuk rumus “average” saja.





Mengatur data Excel pastinya jauh lebih singkat





Excel memang sungguh mempermudah kita dalam mengolah data berupa tabel. Yang perlu kita lakukan adalah memperoleh cara-cara tersembunyi tersebut, seperti tips yang ada di artikel ini. Kami pun memiliki banyak artikel Excel lain yang mungkin mempesona untuk anda baca lebih lanjut.





Lalu, bagaimana berdasarkan anda tips-kiat ini? Apakah anda mempunyai kiat lainnya? Silahkan beri kesan dan kiat lainnya kalau ada di kotak komentar dibawah


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar