"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

9 Fitur Android Pie 9.0 Terbaik Yang Wajib Anda Coba


Sudahkah anda mendapatkan update Android Pie di ponsel pintar anda? Tidak mirip perangkat iOS yang cepat mendapatkan update, Android terkendala dengan banyaknya jenis ponsel pintar di berbagai merk. Namun kalau telah menerima update, berikut fitur Android Pie 9.0 terbaik yang wajib anda coba.









Catatan: Fitur-fitur baru di Android Pie biasanya lebih diketahui dengan bahasa Inggris. Namun aku menambahkan bahasa Indonesia untuk mempermudah pembaca.





1. Kesehatan Digital / Digital Wellbeing





Dari semua fitur Android Pie, fitur ini yang paling aku suka. Dengan aplikasi Kesehatan Digital, kita bisa mengetahui berapa usang kita menggunakan ponsel pintar. Bahkan anda bisa mengetahui aplikasi apa yang paling kerap kita gunakan dan kita mampu membatasinya.





Tujuan utama dari aplikasi ini ialah mengurangi penggunaan ponsel pintar. Karena di zaman ini, kita lebih sering menyaksikan smartphone daripada bersosialisasi. Untuk itu, aplikasi Kesehatan Digital sangat perlu dan bahkan wajib kita gunakan setiap harinya.





Kesehatan Digital Wellbeing Android Pie




Untuk melihat data-data pemakaian smarphone, silahkan buka Setelan > Kesehatan Digital. Dan anda eksklusif mampu melihat penggunaan ponsel pintar anda pada hari ini serta aplikasi apa saja yang paling lama anda pakai. Bisa anda lihat pada gambar diatas bahwa aku sudah memakai ponsel pintar selama 3 jam. Dan aplikasi yang paling banyak aku pakai ialah Youtube









Karena itu, saya ingin menghemat penggunaan Youtube aku sehari-hari dengan cara menghalangi penggunaan Youtube. Sentuh Dasbor pada aplikasi Kesehatan Digital dan anda akan melihat daftar aplikasi yang sering anda gunakan. Sentuh timer pada aplikasi Youtube dan berikan waktu yang diinginkan. Misalnya saja 1 jam 30 menit dan sentuh Oke.





Notifikasi Timer Kesehatan Digital Wellbeing Android




Karena anda mengaturnya selama 1 jam 30 menit, itu mempunyai arti anda tidak bisa memakai Youtube lebih dari waktu tersebut dalam sehari. Jika telah melampaui, maka Android akan memberi tahu anda dan anda tidak bisa memakai Youtube lagi





2. Menggunakan gesture navigasi terbaru





Gesture navigasi yang baru secara otomatis anda gunakan kalau ponsel pintar yang anda gunakan telah memakai Android Pie 9.0 dikala anda membelinya. Namun bila anda melaksanakan upgrade dari Android Oreo ke Pie, navigasi baru tidak diaktifkan.









Untuk mengaktifkannya, buka Setelah/Settings dan ketik “gestur” dan sentuh di hasil pencariannya. Kemudian, sentuh “Geser tombol Layar utama ke atas”. Langkah terakhir, aktifkan gestur tersebut mirip gambar diatas.





Setelah anda aktifkan gesture gres, maka ada perbedaan yang langsung anda rasakan. Seperti cara untuk mengubah aplikasi atau multitasking, bagaimana cara kembali ke aplikasi sebelumnya dan membuka app drawer. Namun semua itu nantinya menjadi sudah biasa kalau anda sudah usang menggunakannya dan terasa lebih intuitif daripada cara usang.





3. App Actions





Android Pie 9.0 ini dilengkapi dengan kemampuan AI (Artificial Inteligence) atau kecerdasan buatan. Misalnya saja fitur Android Pie App Actions ini. Dengan fitur ini, Android mampu memprediksi aktivitas apa yang anda lakukan di waktu-waktu tertentu.





App Actions Android




Cara mengaksesnya sangat gampang, silahkan buka app drawer anda dan anda mampu langsung tahu acara apa yang umum anda gunakan di waktu kini. Misalnya gambar diatas, Android tahu kalau di waktu tersebut, aku suka menelepon sahabat aku atau membuka browser di Chrome. Selain itu, Android juga tahu aplikasi apa saja yang mungkin anda buka di waktu tersebut.





4. Kecerahan dan Baterai Adaptif









Fitur AI lainnya lagi yang disematkan ke Android ada di sektor baterai dan brightness. Android akan menganalisa penggunaan baterai terhadap aplikasi. Jika dirasa aplikasi tersebut tidak perlu menggunakan baterai berlebih, maka aplikasi tersebut diturunkan prioritasnya dan baterai anda bisa hemat. Untuk mengaksesnya, buka Setelan > Baterai > Baterai Adaptif.









Untuk kecerahan adaptif, Android akan mengenang pengaturan brightness di kondisi cahaya tertentu. Pada awalnya, anda harus mengatur secara manual misalnya jika anda menggunakan smartphone di terik matahari. Semakin lama, Android akan mengingat preferensi anda dan mulai mengatur secara otomatis kecerahan layar. Untuk mengaksesnya, buka Setelan > Tampilan > Kecerahan Adapatif.





5. Memilih secara manual Dark Mode





Di Android Oreo, Android secara otomatis mengubah ke Dark Mode kalau anda menggunakan wallpaper dengan nuansa gelap. Namun, anda tidak bisa mengaturnya secara manual. Di Android Pie, anda mampu melakukannya dengan mudah.





Tema Perangkat Device Theme Android




Untuk mengubahnya secara manual, buka Setelah > Tampilan > Tema Perangkat. Misalnya Jika anda ubah menjadi “Cerah”, maka apapun wallpaper yang anda gunakan, Android tetap memakai tema cerah.





6. Melakukan Screenshot dari tombol Power





Cara lama dalam menangkap layar ialah tombol Volume Bawah + Power masih bisa anda pakai. Di Android Pie 9.0, anda mampu menekan tahan tombol Power dan akan ada shortcut gres untuk menangkap layar.









Selain itu, anda mampu mengganti pribadi tangkapan layar di tombol dengan menyentuh tombol Edit seperti gambar diatas.





7. Seleksi teks jadi lebih mudah





Seleksi Teks Android




Apakah anda sering melakukan seleksi teks di web atau di aplikasi yang lain di Android? Di Android Pie, seleksi teks jadi lebih gampang dengan adanya penampilan preview yang lebih besar.





8. Pengaturan notifikasi yang lebih canggih





Pernahkah anda merasa bila satu atau lebih aplikasi terlampau banyak mengirimkanmu notifikasi? Tentu hal tersebut cukup menganggu dan mungkin anda berniat menghapus aplikasi tersebut. Namun di Android Pie, anda tidak perlu melakukan hal tersebut alasannya anda mampu menonaktifkan notifikasi tanpa mesti hapus aplikasi.









Silahkan buka Setelan > Aplikasi & Notifikasi > Notifikasi. Kemudian, sentuh pada bab “Lihat semua dari 7 hari terakhir”. Kemudian, ganti sortirnya menjadi ke “Paling Sering” untuk memperoleh aplikasi yang paling kerap mengantarkan notifikasi. Setelah itu, anda bisa mematikan notifikasi aplikasi yang menurut anda mengusik.





9. Tombol untuk melakukan rotasi layar





Saya yakni tipe orang yang tidak senang memakai rotasi otomatis di ponsel pintar. Karena rotasi otomatis biasanya terjadi di waktu-waktu yang tidak saya sukai. Namun di Android Pie, masalah tersebut tertuntaskan berkat adanya tombol yang otomatis timbul dikala kita berubah dari Portrait ke Landscape dan sebaliknya.





Tombol Rotasi Android




Tombol diatas cuma muncul ketika posisi smartphone anda berpindah saja. Ketika berpindah dan anda setuh tombol rotasinya, maka aplikasi pun akan berganti rotasinya.





Itulah dia 9 Fitur Android Pie 9.0 terbaik yang wajib anda coba





Sebenarnya banyak fitur lain yang diperkenalkan, namun 9 fitur diatas yang paling lebih banyak didominasi. Pembaruan lainnya lebih ke keselamatan yang lebih baik serta aksesibilitas yang lebih mudah. Lalu, apakah anda telah coba semua fitur tersebut? Atau anda belum menerima update Android Pie? Silahkan ketik di kotak komentar bagaimana pengalaman anda.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar