"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Vpn (Virtual Private Network) Dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Semenjak kominfo melaksanakan pemblokiran beberapa situs media sosial dengan argumentasi menghentikan penyebaran berita hoaks, banyak netizen yang mulai memakai VPN. Lalu, apa itu VPN sesungguhnya? Jangan hingga salah kaprah, berikut penjelasannya untuk anda.









Apa itu VPN?





Virtual Private Network atau VPN yakni suatu layanan yang memungkinkan kita untuk mengakses web secara pribadi dan kondusif dengan cara melaksanakan koneksi kepada server tertentu dan menyembunyikan seluruh agresi kegiatan internet anda. VPN sangat populer dipakai jika kita menggunakan Wifi publik maupun jaringan internet yang tidak kondusif yang lain.





Internet Email




Sebenarnya, penggunaan VPN di abad awalnya lebih banyak dipakai untuk penggunaan bisnis. Sehingga transaksi perbankan antar perusahaan maupun bank dapat dilaksanakan dengan aman. Efek samping dari VPN juga menciptakan kegiatan internet kita terjaga, pengguna rumahan mirip kita juga mampu mengambil manfaat dari VPN.





Cara kerja VPN





Secara garis besar, cara kerjanya sangat gampang. Jika anda memakai VPN, maka anda tidak akan pribadi terkoneksi dengan server milik situs yang anda tuju. Namun, anda akan terkoneksi apalagi dulu dengan server VPN. Kemudian, server VPN akan mengarahkan anda ke situs yang anda tuju, seakan-akan server VPN tersebut yang mengakses situsnya.





Alur Kerja Vpn




Selain itu, seluruh koneksi tersebut akan terenkripsi untuk menghindari pencurian data. Layanan VPN umumnya menawarkan aplikasi yang bisa anda pasang di komputer maupun ponsel pintar. Jika sudah terpasang dan diaktifkan, seluruh koneksi internet anda akan dienkripsi mulai dari dikala anda menekan tombol enter sampai halaman situs muncul.





Dari klarifikasi diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa VPN menjadi jembatan anda untuk mengakses internet. Sehingga sebelum anda mampu menyaksikan situs, server VPN akan menjadi jembatan dan bertindak seakan-akan server VPN tersebut yang mengaksesnya dan bukan anda.





Apa saja manfaat penggunaan VPN?





Berikut manfaat dalam menggunakan VPN yang mampu anda peroleh:





1. Menyembunyikan lokasi





Saat anda menggunakan internet, anda akan mendapatkan alamat IP (Internet Protocol) yang mampu digunakan untuk mendeteksi lokasi anda. Jika anda menggunakan VPN, hanya alamat IP dari server VPN tersebut yang bisa didapatkan.





2. Mengamankan data yang ditransfer





Memang bertambah banyak situs yang mengadopsi protokol HTTPS yang bisa melaksanakan enkripsi data. Namun dengan menggunakan VPN, data anda akan lebih aman dan makin sulit diakses oleh hacker jahat.





3. Mengakses konten eksklusif





Contoh gampangnya yaitu situs mirip Vimeo dan Reddit memang diblokir oleh pemerintah Indonesia. Namun dengan VPN, anda mampu mengaksesnya.





4. Memilih lokasi pengaksesan situs





Menggunakan layanan VPN memungkinkan anda untuk mengganti lokasi server VPN. Oleh sebab itu, anda mampu mengakses internet dengan lokasi yang berbeda-beda tiap dikala.





Bagaimana pengelolaan data ketika berinternet tanpa atau dengan VPN?





Ketika anda menggunakan internet, ada banyak gosip yang mampu ditemukan oleh beberapa pihak. Misalnya saja yakni ISP atau Internet Service Provider. ISP merupakan penyedia layanan internet anda. Misalnya anda menggunakan Indihome, maka pihak Telkom memiliki jalan masuk sarat terhadap situs-situs apa saja yang anda saluran.









Jika anda memakai Wifi publik, hal tersebut bantu-membantu sungguh berbahaya. Pemilik Wifi publik tersebut mampu saja mendapatkan gosip situs anda. Selain itu, orang lain yang mempunyai tool tertentu juga bisa mendapatkan informasinya.





VPN dapat menghindari itu semua alasannya adalah penyuplaiVPN sebagian besar memiliki aplikasi sendiri yang memastikan seluruh pertukaran data dari dan ke internet seluruhnya dikelola VPN. Walaupun hal tersebut terdengar sungguh cantik, tetapi bukan mempunyai arti anda tidak perlu cemas. Mengapa?





Masalah serius tentang VPN gratis





Membuat suatu infrastruktur VPN sangatlah memerlukan ongkos yang besar. Ini semua sebab server VPN bisa terletak di banyak negara dan memiliki ratusan server yang mampu pengguna pilih. Sebenarnya sangat ajaib jika ada pemasokVPN yang menunjukkan VPN secara gratis. Bagaimana mereka menawarkan VPN gratis dengan modal yang tak murah?





2 versi penawaran VPN gratis





1. Freemium





Model ini memperlihatkan terhadap anda VPN gratis tetapi dengan batas waktu tertentu. Jika anda ingin melanjutkan, anda mesti membayar. Dengan cara ini, anda mampu jadi menerima seluruh fitur VPN Premium dengan waktu tertentu dan membuat anda terlena untuk membeli VPN berbayar.





Plan Tunnelbear Vpn




Contoh pemasokVPN Freemium adalah Tunnelbear. Seperti gambar diatas, untuk akun gratis, anda mendapatkan gratis VPN sebesar 500 MB. Jika melebihi itu, anda mesti membayarnya.





2. Gratis 100%





Betternet Vpn




VPN model ini menunjukkan anda pengalaman VPN yang sungguh-sungguh gratis. Salah satu contoh VPN gratis adalah Betternet.co. Di halaman resminya, sama sekali tidak ada halaman untuk anda mengeluarkan uang untuk layanan ini.





Karena gratis, pastinya ada sesuatu yang mungkin anda tidak pahami bila anda menggunakannya. Apa saja itu?










Kekurangan menggunakan VPN gratis





1. Koneksi yang lebih lambat





Ini bekerjsama hal yang biasa bila anda menggunakan VPN gratisan. Karena yang memakai VPN gratis sungguh banyak dan penyuplaiVPN tidak memiliki prioritas, maka koneksi lambat akan anda rasakan jika menggunakan VPN gratis.





2. Pengelolaan data privasi yang jelek





Memang terdengar aman kalau data anda melalui VPN. Yang jadi dilema yaitu apakah layanan VPN yang anda pakai mampu dipercaya? VPN gratis perlu dipertanyakan dalam hal iman dalam pengelolaan data.





Betternet Vpn Kebijakan Privasi




Saya ambil contoh salah satu VPN gratis berjulukan Betternet. Di halaman kebijakan privasinya, mampu kita sama-sama baca bahwa Betternet ternyata mengoleksi alamat IP, email, username, dan data lainnya. Walaupun mereka mengklaim bahwa data tersebut tidak akan disangkut pautkan dengan acara online yang lain, tapi ini pertanda bahwa VPN gratis ternyata juga mengoleksi data eksklusif anda.





3. Lokasi dan jumlah server yang sedikit





Karena gratis, pasti penyedia VPN gratis belum mempunyai server yang banyak di berbagai negara. Bisa jadi bila anda ingin menikmati konten di suatu negara, penyedia VPN belum memiliki server disana.





VPN gratis yang aku rekomendasikan





Opera Vpn




Jika aku mesti memakai VPN, aku umumnya menggunakan VPN yang dibuat oleh Opera. Anda bisa memakai VPN dari Opera dengan memasang browser Opera di browser anda. Seperti pada gambar diatas, sungguh gampang untuk memakai VPN di Opera dan semuanya gratis.





Kebijakan Privasi Vpn Opera




Namun yang membuat lebih terpana adalah Opera mengklaim bahwa mereka tidak pernah mengirimkan gosip apapun ihwal situs yang anda kunjungi ke servernya, seperti yang terlihat di halaman kebijakan privasi mereka.





VPN berbayar yang disarankan





Vpnmentor Peringkat Vpn




Saya langsung tidak pernah menggunakan VPN berbayar. Untuk itu, aku mereferensikan anda ke situs VPNMentor. Situs ini mengklaim bahwa mereka sungguh jujur dan transparan dalam melakukan peringkatan.





Sekarang anda paham apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya





Penggunaan VPN yang kian populer, perlu diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni mengenai layanan ini. Jangan sampai anda cuma menggunakannya saja tanpa mengetahui dampaknya, apalagi jika anda memakai VPN gratis.





Lalu, apakah ada yang belum anda pahami perihal apa itu VPN? Kapan anda mengenal VPN? Silahkan bagikan pengalaman anda dalam menggunakan VPN di kotak komentar dibawah.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar