"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Ada Apa Dengan Directory System32 Di Windows?

Ada Apa Dengan Directory System32 Di Windows? Bolehkah menghapusnya?

Bagi anda yang sudah berkecimpung lama di dunia komputer, tidak menutup kemungkinan anda mengenal dengan istilah System32. Ya, System32 merupakan sebuah folder yang ada di setiap komputer yang menggunakan metode operasi Windows. Lalu, apa itu folder System32 sesungguhnya?
System32
System32 yakni suatu folder yang pertama kali ada di sistem operasi Windows 2000 yang berisi beragam file supaya Windows anda melakukan pekerjaan dengan normal. Banyak sekali file yang ada di folder tersebut, tetapi ada 2 jenis file yang paling signifikan jumlahnya, yaitu:

1. DLL (Dynamic Link Library)

File Audio Dll System32

File jenis ini membuat aplikasi yang anda jalankan berfungsi normal. Misalnya saja dikala anda membuka aplikasi Spotify, maka Spotify akan mencari file DLL yang tepat agar suara mampu keluar dari speaker komputer anda. Seperti gambar diatas, ada banyak sekali file dengan nama “audio” di dalam folder System32.

2. Exe (Excutable File)

File Exe System32

File jenis ini lazimnya kita gunakan untuk melakukan aplikasi layaknya anda melakukan browser anda. Didalam folder System32, ada banyak juga jenis file tersebut, salah satunya adalah aplikasi diam-diam untuk menghapus malware di Windows mirip gambar dibawah ini:

Microsoft Windows Malicious Software Removal Tool Aug 2019

Mungkin masih ada pertanyaan di benak anda, kenapa namanya “System32”? Kenapa tidak dengan angka yang lain?

Jawabannya ialah direktori ini ialah folder yang mesti diakses saat sebuah aplikasi dijalankan dengan arsitektur 32 bit. Jika anda menggunakan Windows dengan arsitektur 64 bit, maka akan ada folder lain selain folder System32.

Folder SysWOW64

System32 Syswow64 Windows

Jika anda membuka isi folder System32 dan SysWOW64, maka sekilas isi foldernya terlihat sama. Lalu, kenapa seperti itu?

Disini, Windows mencoba biar seluruh aplikasi yang masih berjalan di 32 bit tetap berjalan meskipun anda sudah memakai Windows 64 bit. Bahkan kepanjangan dari SysWOW64 sendiri ialah “System Windows 32 bit On Windows 64 bit”. Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa masih ada folder System32 jika folder SysWOW64 mampu melaksanakan 32 bit?

Ini dikarenakan masih banyak aplikasi lama yang membutuhkan System32, menulis secara kasar direktori tersebut, sehingga Windows tidak bisa mengarahkannya ke folder SysWOW64. Sehingga, tugas folder System32 ini masih digunakan hingga ketika ini karena merupakan folder sangat penting di Windows.

Terjawab sudah apa itu folder System32. Menghapus satu atau bahkan seluruh file yang ada di folder tersebut mampu menciptakan komputer anda tidak bekerja dengan normal. Untuk itu, selalu hindari mengakses folder tersebut apapun alasan anda. Jika komputer anda bersikap asing, silahkan gunakan Antivirus maupun Antimalware agar mampu didapatkan sumber masalahnya.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar