"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

3 Kiat Jitu Cara Menanggulangi Laptop Overheat


Laptop memungkinkan kita untuk melakukan pekerjaan dimana saja dan kapan saja, sehingga menciptakan kita jadi lebih produktif. Laptop juga semakin usang semakin tipis dan ringan tetapi makin bertenaga, sehingga pengguna laptop saat ini lebih banyak dibandingkan pengguna komputer desktop. Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop overheat, sehingga era pakai laptop anda menjadi lebih usang.









Tolak ukur laptop overheat





Laptop dikala digunakan suhunya pasti meningkat. Untuk itu, kita perlu mengetahui ukuran laptop kepanasan itu bahu-membahu seperti apa. Sehingga belum cukup anda menyimpulkan overheat kalau laptop anda panas. Berikut 3 tanda laptop overheat atau kepanasan.





  1. Suara kipas internal kian kencang
  2. Performa laptop kian menurun
  3. Laptop datang-datang mati. Hal ini dikarenakan kebanyakan laptop memiliki prosedur pengaman dimana kalau suhunya berada di jarak tidak kondusif, maka laptop akan otomatis mati untuk melindungi perangkat keras.




Beranda Speccy




Untuk mengetahui berita lebih jauh tentang suhu di banyak sekali komponen laptop anda seperti prosesor maupun harddisk, anda bisa memakai aplikasi Speccy untuk mengetahuinya mirip gambar diatas.





Musuh utama laptop overheat





Laptop di rancangan sedemikian rupa agar mampu mengusir panas dengan maksimal setiap kali anda memakainya. Namun, ada faktor eksternal yang menciptakan laptop menjadi tidak efektif dalam menciptakan panas. Dan lawan khususnya adalah abu dan kotoran yang melekat di komponen dalam laptop.





1. Mengusir abu dengan alat peniup udara





Tips ini kami taruh paling pertama karena ialah cara tercepat dan juga cara paling kondusif alasannya adalah anda tidak perlu membongkar laptop anda. Anda cukup mempersiapkan alat peniup udara berupa kaleng maupun alat yang lain yang sama. Perlu diingat bahwa jangan sekali-kali anda meniup dengan verbal anda, dikarenakan udara dari verbal sangat lembap, sehingga mampu menghancurkan bagian dalam laptop anda.











Seperti video diatas, silahkan semprotkan alat peniup udara lewat lubang udara di laptop yang berfungsi untuk menghirup udara.





2. Membersihkan debu melalui bab dalam laptop





Jika cara sebelumnya tidak sukses, cara yang ini bisa jadi cara paling mutakhir dalam menanggulangi overheating. Cara ini mengharuskan anda untuk membongkar laptop anda. Jika laptop anda masih dalam periode garansi, lebih baik jika anda bawa saja ke daerah servis resminya dan umumnya tidak akan dikenakan ongkos.





Jika anda menentukan untuk membongkar sendiri laptop anda sendiri, hal pertama yang mesti anda kerjakan yakni mencari buku manual yang membahas pembongkaran laptop versi anda. Biasanya, buku manual tersebut mampu anda dapatkan di situs resmi laptop anda.





Dukungan Laptop Lenovo




Saya beri pola untuk laptop Lenovo, anda bisa mencari buku manualnya di halaman perlindungan Lenovo. Kemudian, silahkan klik Laptop dan pilih seri laptop Lenovo anda seperti gambar diatas.





Unduh Panduan Pengguna Laptop Lenovo




Terakhir, silahkan klik “Panduan Pengguna” mirip gambar diatas. Disana terdapat cara-cara membongkar laptop anda dengan cara yang benar. Jika merk laptop anda bukan Lenovo, silahkan cari di bagian halaman dukungan dari merk laptop anda.





Ada 2 hal yang bisa anda lakukan kalau anda telah membongkar laptop anda, ialah:





a. Membersihkan abu





Laptop Rusak




Setelah anda membaca dan membongkar laptop anda, silahkan gunakan Cotton Bud yang dicelupkan dengan alkohol (jangan pakai air biasa). Kemudian, bersihkan kipas laptop dan area di sekitarnya.





b. Menambahkan Thermal Paste





Thermal Paste ialah sebuah cairan kental yang berfungsi untuk konduksi panas, utamanya di bab prosesor maupun GPU komputer. Dengan adanya thermal paste, konduksi panas menjadi lebih baik sehingga suhu komputer anda bisa turun disaat penggunaan.





Thermal Paste
“File:Wärmeleitpaste Thermal Compound.jpg”by Darkone is licensed under CC BY-SA 2.5




Jika anda mencari di internet, ada banyak produk thermal paste yang dijual. Pastikan anda membeli thermal paste dengan merk yang anda kenal dan harganya juga jangan terlalu murah. Contohnya produk thermal paste dari Cooler Master ini dan rating pembeliannya juga sungguh bagus.





3. Menggunakan Cooling Pad





Cooling Pad
“File:Laptop cooler.JPG”by Littletung is licensed under CC BY-SA 3.0




Cooling Pad juga efektif dalam menurunkan panas laptop. Namun, tidak semua Cooling Pad mampu anda beli. Ada satu standar yang sungguh penting dalam berbelanja Cooling Pad.





Kebanyakan laptop mengambil udara dari bawah laptop dan udara panas akan keluar dari samping kiri, kanan, atau belakang laptop. Untuk itu, standar dibawah ini wajib anda ikuti supaya penurunan panas laptop maksimal.





Kriteria tersebut ialah belilah Cooling Pad yang menghembuskan udara ke atas, bukan ke bawah. Kenapa? Karena Cooling Pad yang menghembuskan udara ke bawah sebetulnya membuat laptop lebih panas lagi.





Selesai telah menangani laptop overheat





Dengan mengikuti cara-cara diatas, pastinya panas laptop akan berkurang. Menutup aplikasi yang tidak digunakan juga mampu menjadi kiat dari segi software semoga kerja prosesor jadi lebih rendah.





Dan walaupun belum ada gejala laptop anda kepanasan, melaksanakan pencucian internal laptop sangat diusulkan, semoga kinerja komputer jadi lebih elok dan era pakainya jadi lebih tahan lama.






https://www.bahyudinnor.com//wp-admin/post.php?post=167&action=edit

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar