"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Progressive Web Apps? Penjelasan Lengkap


Untuk mendapatkan aplikasi di smarphone kita, tentu saja kita senantiasa menggunakan Play Store untuk Android dan App Store untuk perangkat iOS. Lalu, apakah ada daerah untuk bentuk lainnya? Ya, itulah PWA atau Progressive Web Apps. Lalu, apa itu Progressive Web Apps sebenarnya?









Apa itu Progressive Web Apps?





Apa itu Progressive Web Apps (Logo)




Progressive Web Apps yakni suatu aplikasi yang berasal dari situs web dan bisa menjadi aplikasi tolok ukur di perangkat. Sehingga, anda bisa mengakses situs tersebut layaknya suatu aplikasi yang umum anda pasang melalui Play Store, App Store, maupun Microsoft Store.





Dari pengertian diatas, telah terperinci bahwa aplikasi berupa PWA hanya bisa didapatkan jika anda mengunjungi situs tersebut. Dan jika anda sudah menerimanya, situs tersebut nantinya tersedia persis layaknya suatu aplikasi yang biasa anda pasang melalui Play Store, App Store, maupun Microsoft Store.





Fungsi Progressive Web Apps





Fungsi utama PWA yaitu mengembangkan jumlah kunjungan seseorang ke situs dengan mengganti situs layaknya aplikasi persyaratan yang umum di-install. Dengan pengguna smartphone yang semakin banyak, mengakses konten melalui aplikasi kriteria ialah cara tercepat dan terbanyak. Namun, hal ini tidak berlaku untuk situs yang mesti kita saluran lewat browser.





Contoh paling konkret ialah aplikasi e-commerce mirip Lazada atau Bukalapak. Kita semua tahu bahwa Lazada mampu kita gunakan menggunakan browser, termasuk browser smartphone. Namun, cenderung kita pasti install aplikasi Lazada lewat Play Store daripada membukanya di browser smartphone anda.





Dengan ada PWA, perusahaan tak perlu membuat aplikasi persyaratan dan cukup menggunakan PWA di situsnya.





Tujuan Progressive Web Apps





Berdasarkan dari situs Google Developers, berikut beberapa pondasi utama atau tujuan dari PWA.





  1. Fast (Cepat) – PWA cepat dalam berinteraksi dengan pengguna dengan animasi yang halus dan cepat.
  2. Integrated (Terintegrasi) – Pengguna tidak perlu memakai browser untuk mendatangi situs. Cukup luncurkan layaknya anda menggunakan aplikasi biasa.
  3. Reliable (Dapat diandalkan) – Muat konten dengan cepat, tidak seperti saat anda memakai browser dan lebih mirip seperti aplikasi tolok ukur.
  4. Engaging (Menarik) – Dengan penampilan yang serupa seperti dikala anda membuka situs pertama kali dan diluncurkan sama seperti aplikasi persyaratan menciptakan PWA mempesona dan fitur mirip notifikasi juga bisa dipakai.














Cara install dan memakai Progressive Web Apps





Sangat mudah! Namun, tidak semua situs bisa memakai PWA. Ini semua sangat tergantung dari pembuat situs tersebut apakah mendukung PWA atau tidak. Dan sangat disayangkan juga bahwa tidak ada tempat khusus untuk mencari PWA ini, sehingga anda harus mengeceknya satu persatu.





  • Tombol Untuk Menambah Pwa
  • Menambahkan Ke Layar Utama
  • Twitter Berbasis Pwa Sudah Terpasang
  • Tampilan Twitter Pwa




Sebagai acuan paling mudah yaitu Twitter. Twitter dikala ini bisa anda pakai selaku PWA. Cara memasangnya ialah kunjungi Twitter di browser anda seperti Chrome. Kemudian, akan ada kalimat seperti ini: “Tambahkan Twitter ke layar Utama” atau “Add Twitter to Home screen”. Jika anda klik atau sentuh tombol tersebut, maka Twitter akan menciptakan shortcut layaknya dikala anda memasang aplikasi dari Play Store maupun App Store.





Jika anda sentuh PWA-nya, maka beliau akan meluncur layaknya aplikasi standar. Bahkan, bila ada Tweet gres dari orang yang anda follow, notifikasi akan timbul juga di smartphone anda.





PWA juga bisa diakses secara offline atau tanpa internet. Namun, konten yang tampil di PWA adalah konten yang lawas yang sebelumnya sudah anda lihat. Jika anda terkoneksi dengan internet, PWA secara otomatis memperbarui kontennya.





Cara kerja Progressive Web Apps





Ketika anda menyertakan suatu situs PWA ke perangkat anda, situs tersebut akan memindahkan seluruh bagian statis atau elemen yang hendak terus digunakan kedalam perangkat. Elemen-elemen ini contohnya adalah nama aplikasi, tombol-tombol, logo aplikasi, dan masih banyak lagi. Karena unsur-unsur ini sungguh jarang untuk tergantikan, sehingga komponen tersebut tidak butuhdi muat ulang untuk dipakai secara offline.





Kemudian, ada bagian bernama Service Worker. Komponen ini dibuat memakai kode Javascript yang berfungsi untuk menerima konten modern baik ketika anda membuka dan memakai PWA. Sehingga, anda senantiasa menerima konten modern apapun keadaannya. Kelebihan dari Service Worker ini adalah komponen ini mampu bekerja meskipun dengan koneksi yang lambat sekalipun.





Service Worker juga dapat menyimpan konten baru berupa gambar selaku cache yang disimpan di perangkat anda. Sehingga dikala anda membuka PWA dan ada konten yang serupa, maka PWA tidak perlu memuat kembali dan cukup memuatnya melalui cache. Cache ini juga berperan dikala anda tidak terkoneksi internet dan PWA mampu menampilkan cache, sehingga konten tetap terlihat meskipun tidak terkoneksi internet.





Apakah semua browser mampu memasang PWA?





Versi Chrome Android




Hampir semua browser terkemuka bisa memasang PWA. Namun, perlu anda perhatikan model berapa browser anda. Misalnya jikalau anda memakai Chrome di Android, anda bisa buka sajian dan buka “Pengaturan”. Gulir sampai kebawah dan sentuh “Tentang”. Tampilannya mirip diatas.





Is Service Worker Ready




Setelah anda mengetahui versi berapa browser anda, anda mampu mengevaluasi situs Is Service Worker Ready untuk melihat browser versi apa saja yang mendukung PWA dan komponen yang wajib ada di PWA adalah Service Worker ini.





Terjawab sudah Apa itu Progressive Web Apps





Dengan adanya PWA, banyak pihak yang mendapatkan keuntungan. Dari segi perusahaan pemilik situs, mereka tidak perlu menciptakan aplikasi embel-embel biar mampu masuk ke perangkat anda. Dan kita selaku pengguna, mampu mendapatkan aplikasi kriteria yang tidak memakan banyak ruang kosong perangkat.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar