"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Apk File Dan Bagaimana Menggunakannya?


Bagi anda pengguna Android, kemungkinan besar pasti anda pernah mendengar ungkapan APK. Lalu, apa itu APK bekerjsama dan bagaimana kita mampu memanfaatkannya mampu anda simak di artikel ini.









Apa itu APK?





Kepanjangan dari APK ialah Android Package Kit. APK ialah suatu paket software yang digunakan di tata cara operasi Android untuk mendistribusikan aplikasi. Anda mampu berpikir APK itu sama mirip file EXE yang ada di Windows.





Jadinya, bila anda mengunduh file APK, maka anda akan mendapatkan aplikasi yang siap anda install. Namun kebanyakan dari kita yang menggunakan Android, hanya mengenal Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi.





Apa alasan sehingga kita memakai APK?





Jika anda yakni pengguna tata cara operasi Windows yang cukup usang, salah satu argumentasi anda menyimpan aplikasi berbentuk exe ialah agar anda bisa meng-install-nya di kemudian hari di komputer anda sendiri atau komputer teman anda. Mungkin hal itu bisa jadi argumentasi buat anda memakai file APK di Android.





Namun, aku rasa alasan itu semakin lama makin memudar. Dikarenakan terusan internet saat ini makin mudah di mampu dan makin murah. Saya pribadi pun telah jarang menyimpan software instalasi dan lebih memilih mengunduhnya kembali, sekaligus mendapatkan update terbarunya.





Instagram Versi Alpha Apk




Untuk APK sendiri, saat ini argumentasi orang menggunakannya lebih terhadap file APK ini biasanya dirilis lebih singkat. Sehingga untuk anda yang sungguh penasaran, bisa menginstal model beta atau alpha melalui APK lebih singkat. Dan anda bisa mengetes fitur baru lebih singkat berkat adanya APK ini.





Selain itu, APK juga dipakai jikalau kita ingin memasang aplikasi diluar dari Play Store. Ya, tidak semua aplikasi bisa anda peroleh disana. Salah satu karena alasannya adalah alasan negara. Jumlah aplikasi yang mampu dipasang di Amerika berlawanan dengan yang ada di Indonesia.





Apakah file APK aman?





Sama seperti anda mengunduh file exe untuk Windows anda, mengunduh file APK juga mampu jadi berbahaya. Kunci utama jika anda ingin menerima APK yang kondusif ialah mengunduhnya dari kawasan yang aman.





Mengunduh file APK dari situs asal-asalan sungguh berisiko, Anda bisa merusak Android anda dan bahkan terkena virus ataupun malware. Untuk itu, berikut kami berikan 3 kawasan dimana anda bisa mengunduh file APK dengan kondusif.





1. APKMirror





Situs Apk Mirror




APKMirror sangat populer bagi orang-orang yang sering memakai file APK. Koleksi aplikasinya pun sungguh lengkap sehingga nyaris semua aplikasi yang anda harapkan kemungkinan besar ada.





Jika anda lihat di halaman FAQ dari APKMirror, mereka menjelaskan ada 4 hal yang mereka tentukan sebelum APK mampu di munculkan di situsnya.





  1. Seluruh file APK yang di upload sudah terverifikasi.
  2. APKMirror selalu menganalisa Cryptographic Signatures dikala suatu aplikasi memiliki pembaruan atau update. Sehingga aplikasi usang yang akan tergantikan dengan model terbaru dijamin berasal dari kawasan yang serupa.
  3. Jika aplikasi tersebut tidak pernah di upload ke APKMirror, maka mereka akan menganalisa signature lain dari pengembang aplikasi yang serupa. Jika signature-nya sama, maka aplikasi tersebut mampu muncul di situs.
  4. Jika tidak ada, maka APKMirror mencoba menganalisanya dengan aplikasi yang mirip. Jika tidak ada, maka APKMirror akan mengkontak pihak developer. Jika APKMirror tidak bisa memverifikasi apakah APK tersebut kondusif atau tidak, maka APKMirror tidak akan menampilkannya di situs.




Bisa dibilang bahwa APK Mirror sungguh teliti dalam menangani aplikasi yang dimunculkan, sehingga bukan sembarang aplikasi yang bisa masuk. Selain itu, anda juga mampu mengunduh model usang dari sebuah aplikasi.





2. APKPure





Situs Apkpure




APKPure merupakan kompetitor utama dari APKMirror. Kedua-duanya memiliki jumlah aplikasi yang lumayan banyak. Seperti APKMirror, APKPure juga menerapkan keamanan ketat sebelum aplikasi mampu ditayangkan di situsnya.





Kelebihan dari APKPure dari APKMirror yakni situsnya tersedia dalam bahasa Indonesia. Selain itu, anda juga mampu menyaring komentar menurut negara. Sehingga anda mampu melihat komentar khusus dari Indonesia saja dan menyingkirkan komentar dari negara lain.





3. APK Downloader





Situs Apk Downloader




2 situs yang sebelumnya saya berikan bahu-membahu telah lebih dari cukup. Namun jika anda belum mendapatkan aplikasi yang tepat atau ingin alternatif lain, maka APK Downloader ini bisa anda coba. Sama seperti situs yang lain, APK Downloader juga mempunyai peraturan yang ketat agar aplikasi atau game mampu tampil di situsnya.










Bagaimana cara install APK?





Setelah anda unduh file APK, anda mesti meng-install-nya di Android. Sebagai teladan, saya ingin memasang aplikasi bernama Ampere. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut.









  1. Cari lokasi dimana anda mengunduh file APK menggunakan aplikasi File Manager di Android anda. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan aplikasi Files dari Google untuk mencarinya. Jika telah ketemu, maka anda akan diminta untuk mengizinkan aplikasi File Manager anda untuk meng-install file APK.
  2. Anda mesti memberikan permission dengan cara sentuh “Allow from this source” agar anda mampu memasang file APK. Jika telah, sentuh tombol kembali.
  3. Sentuh tombol “Install” untuk memulai.




Langkah pertama dan kedua cuma anda kerjakan sekali saja. Jika di lalu hari anda ingin memasang file APK lagi, maka cukup kerjakan langkah yang ke-3.





Terjawab sudah apa itu APK dan bagaimana cara menggunakannya





Sangatlah anggun jika Android menawarkan kita opsi lain dalam memasang aplikasi baru. Namun, kita tetap harus waspada dalam menggunakan APK ini, apalagi jika anda mengunduhnya dari situs-situs yang tidak mampu diverifikasi.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar