"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Cloud Storage Dan Cara Menggunakannya


Pernah mendengar perumpamaan Cloud Storage? Istilah ini kian lama kian sering dipakai, diiringi dengan semakin mudahnya kita mengakses internet. Apa itu Cloud Storage sebenarnya dan bagaimana hal tersebut menolong kita dalam melakukan pekerjaan . Yuk kita simak pembahasannya.









Apa itu Cloud Storage?





Ilustrasi Cloud Storage




Cloud Storage yakni kawasan menyimpan file-file anda secara online, sehingga anda mampu mengaksesnya dimana-mana selagi anda punya kanal internet. Perumpamaan termudah dari Cloud Storage ialah bayangkan anda menentukan harddisk, tetapi harddisk tersebut bisa anda susukan kapan saja dan dimana saja, asal anda mempunyai jaringan internet.





Karena hanya bermodalkan internet, tidak acuh perangkat apapun yang anda pakai mirip komputer, tablet, ponsel pintar, dan perangkat lainnya, tetap anda bisa mengaksesnya.





Apakah ada ongkos dalam memakai Cloud Storage?





Membangun infrastruktur Cloud Storage tentu mempunyai ongkos. Namun, banyak yang menunjukkan layanan Cloud Storage secara gratis, namun dengan pembatasan layanan maupun fitur. Pembatasan yang paling terlihat adalah kapasitas penyimpanan.





Jika anda memakai layanan gratis, anda bisa mendapatkan kawasan penyimpanan berkisar antara 1 GB sampai 15 GB. Jika anda cuma menyimpan dokumen-dokumen, seharusnya telah cukup. Namun lain hal jika pekerjaan anda menuntut anda untuk menyimpan banyak file maupun ukuran file yang besar-besar, maka anda mesti memakai layanan berbayar.





Daftar penyuplailayanan Cloud Storage yang mampu kita gunakan





Setelah anda paham Cloud Storage, mungkin anda langsung kesengsem mengenainya. Saat ini, ada banyak sekali penyedia layanan Cloud Storage yang mampu anda gunakan. Namun, saya akan menghimpunnya menjadi 4 Cloud Storage yang paling banyak dipakai beserta fitur-fitur yang disediakan. Berikut daftarnya.





1. OneDrive





Situs Onedrive




OneDrive ialah layanan Cloud Storage yang sudah terintegerasi di Windows 10, sehingga anda tidak butuhmeng-install-nya di komputer anda. Karena itu, OneDrive menjadi salah satu Cloud Storage yang paling banyak digunakan.





Selain terintegerasi dengan Windows, OneDrive juga sangat sesuai dipakai bila dipadukan dengan Microsoft Office. Dengan saling terintegerasi, menciptakan OneDrive dapat menjadi pilihan nomor 1 bagi pengguna Windows.





Berikut fitur-fitur yang disediakan oleh OneDrive.







2. Google Drive





Situs Google Drive




Bagi pengguna Android, Google Drive umumnya telah terpasang di smartphone anda. Namun jika anda ingin meng-install-nya di komputer, tentu anda mampu melakukannya. Yang membuat Google Drive begitu menarik ialah kapasitas penyimpanan gratisnya cukup besar, yaitu sebesar 15 GB. Berikut info lengkapnya.





Penyimpanan gratis15 GB
Penyimpanan berbayar hingga200 GB untuk Google One
File VersioningYa
Pengeditan secara onlineYa
Aplikasi perangkat yang tersediaWindows, iOS, Android, Mac




3. IDrive





Situs Idrive




IDrive merupakan layanan pemasokCloud Storage yang mungkin terdengar aneh, tetapi memiliki fitur-fitur yang nyaris sama bahkan lebih kalau dibandingkan 2 pemain Cloud Storage papan atas yang telah saya sebutkan sebelumnya. Berikut penjelasan fitur-fitur singkatnya.





Penyimpanan gratis5 GB
Penyimpanan berbayar hingga12, 5 TB
File VersioningYa
Pengeditan secara onlineYa
Aplikasi perangkat yang tersediaWindows, iOS, Android, Mac




4. Dropbox





Situs Dropbox




Dropbox merupakan pemain usang dalam dunia Cloud Storage. Jumlah penggunanya pun makin lama semakin banyak. Jika anda menggunakan akun gratis, anda tidak menerima kapasitas penyimpanan yang besar jika ketimbang layanan yang lain. Berikut penjelasan singkatnya.





Penyimpanan gratis2 GB
Penyimpanan berbayar sampai3 TB (Akun Professional)
File VersioningYa
Pengeditan secara onlineYa
Aplikasi perangkat yang tersediaWindows, iOS, Android, Mac




Cara Menggunakan Cloud Storage





Seluruh layanan Cloud Storage yang aku bahas di artikel ini cara penggunaannya sangatlah seperti. Sehingga, saya hanya perlu mencontohkan satu saja. Disini, aku lebih sering menggunakan OneDrive alasannya aku sering bekerja dengan laptop saya.





Jika anda pengguna Windows 10, OneDrive telah terpasang sehingga anda tinggal menggunakannya. Buka Start dan ketik “onedrive” dan tekan enter untuk membuka OneDrive. Untuk memakai OneDrive, anda perlu membuat akun Microsoft. OneDrive akan menolong anda menciptakan akun jikalau anda belum memilikinya.





Folder Onedrive




Setelah anda membuka OneDrive, maka akan muncul file dan folder yang ada di OneDrive. Jika anda meletakkan file disini, maka secara otomatis akan terunggah ke OneDrive sehingga anda mampu mengaksesnya di semua perangkat yang memakai OneDrive.





  • Upload File Onedrive Windows
  • Onedrive Android




Untuk mengetesnya, silahkan anda taruh file apapun di OneDrive. Setelah terunggah, silahkan gunakan OneDrive di Android atau iOS anda. Setelah anda install dan login memakai akun Microsoft, maka seluruh file dan folder yang ada akan muncul.





Beberapa alasan kenapa anda mesti menggunakan Cloud Storage





Dengan adanya Cloud Storage, hal ini membuka banyak potensi bagi kita untuk melaksanakan hal gres. Namun jika anda masih gundah hal apa saja yang bisa kita lakukan, anda mampu membaca postingan dibawah ini untuk memperoleh idenya.









Selesai telah postingan Apa itu Cloud Storage





Cloud Storage sangat aku sarankan buat anda gunakan. Karena tentu akan membantu pekerjaan anda sehari-hari. Anda tidak perlu lagi memakai Flash Disk untuk transfer file antar komputer. Anda juga mampu meninggalkan komputer kantor dan eksklusif menggunakan komputer di rumah untuk lanjut melaksanakan pekerjaan anda.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar