"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Mengembangkan Tampilan Komputer Drastis Dengan 5 Hal Ini!


Ada banyak cara untuk mengembangkan tampilan komputer. Namun bila anda ingin tingkatkan secara signifikan, maka anda mesti membaca artikel ini. Setelah anda membaca artikel ini dan mempraktekannya, anda mampu menyatakan salam perpisahan terhadap komputer yang lemot.









Berikut 5 upgrade yang mengembangkan performa komputer secara signifikan.





1. Solid State Drive (SSD)





Wd Green Ssd




Jika anda ialah pembaca setia situs ini, niscaya anda tahu bahwa aku sering merekomendasikan SSD atau Solid State Drive buat anda gunakan di komputer anda kini. Bahkan, bisa dibilang SSD ini wajib kita pakai. Mengapa?





SSD ialah daerah penyimpanan data yang cocok untuk mengambil alih peran HDD atau Harddisk. Komponen di dalam SSD tidak ada yang bergerak, sedangkan HDD memerlukan piringan yang senantiasa berputar untuk mencari data. Untuk itu, performa SSD sangat luar biasa dibandingkan HDD.





Bentuk Ukuran Ssd




Saya sudah menulis beberapa kali tentang SSD ini dan bahkan aku juga menulis bagaimana cara berbelanja SSD yang tepat serta beberapa perumpamaan di SSD yang wajib anda pahami. SSD ini juga mempunyai banyak bentuk, sehingga anda bisa berbelanja sesuai komputer yang anda miliki, mulai dari laptop, netbook, sampai komputer desktop.





Saya percaya sehabis anda menggunakan SSD, anda akan menyesal kenapa tidak menggunakannya dari dahulu. Saya pun seperti itu ketika pertama kali memakai SSD. Jika aku lebih tahu lebih singkat, aku akan segera mengganti HDD di laptop saya.





Cara pasang SSD di laptop











Cara pasang SSD di PC











2. Prosesor





Prosesor merupakan bagian yang sangat penting dan disinilah semua proses komputasi terjadi. Karena prosesor ialah otak di dalam komputer, upgrade prosesor tentu akan memajukan performa komputer. Namun perlu dikenang, cuma komputer desktop saja yang mampu anda upgrade. Untuk laptop, meskipun ada yang mampu di-upgrade prosesornya, itu umumnya untuk laptop gaming yang begitu mahal harganya.





Motherboard Gigabyte




Ada beberapa hal yang mesti anda amati bila ingin melakukan upgrade prosesor. Tidak semua prosesor cocok untuk motherboard yang anda pakai. Dan kalau tidak sesuai, berarti anda mesti mengubah motherboard-nya juga.





Informasi Motherboard Speccy




Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Speccy untuk mengenali spesifikasi lengkap komputer anda. Seperti gambar diatas, saya mampu lihat gosip motherboard dengan gampang.





Motherboard Gigabyte Socket




Anda perlu mengamati CPU Socket apa yang disokong oleh motherboard anda. Silahkan gunakan Google dan cari nomor model dari motherboard anda. Seperti gambar diatas, Motherboard dari Gigabyte ini mempunyai Socket AM4 dari AMD. Prosesor AMD yang mendukung Socket ini yaitu AMD Ryzen generasi pertama dan kedua. Itu artinya, anda tidak mampu memakai prosesor AMD lainnya seperti AMD FX, Athlon, dan lain-lain.





Setelah anda mendapatkan informasi perihal motherboard yang anda gunakan, silahkan cari prosesor yang lebih tinggi dari yang anda miliki. Perhatikan jumlah core yang dimiliki, alasannya adalah ialah salah faktor seberapa cepat suatu prosesor. Namun bila dirasa prosesor tersebut telah tidak mumpuni lagi atau anda ingin yang lebih singkat lagi, opsi terakhir adalah anda mesti membeli motherboard baru.





Cara memasang Prosesor











3. RAM (Random Access Memory)





Dimm Dan So Dimm Ram
RAM SO-DIMM untuk Laptop (atas) dan DIMM untuk Desktop (bawah). Sumber: MaxVT, Sodimm and dimm, CC BY-SA 3.0




RAM yakni perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan sementara metode operasi dan aplikasi yang sedang berlangsung. Sehingga, aplikasi apapun yang anda jalankan di komputer, akan disimpan sementara di RAM. RAM memiliki kapasitas memori yang lazimnya dimulai dari 2 GB hingga ratusan GB satu kepingnya.





Jika anda mempunyai RAM dengan kapasitas memori yang kecil, maka komputer anda akan kesulitan mencari ruang jikalau anda menjalankan aplikasi gres. Otomatis, sistem operasi anda mesti mencari aplikasi yang jarang dipakai dan menyimpannya sementara di HDD atau SSD anda. Proses tersebut akan menurunkan penampilan komputer secara menyeluruh.





Upgrade atau menambah RAM lagi merupakan solusi yang sempurna untuk menambah tampilan komputer anda jika memang kapasitas memori anda rendah. Jika anda masih menggunakan RAM dengan kapasitas 2 GB, melakukan upgrade atau memperbesar menjadi 4 GB atau lebih pastinya membuat komputer lebih lega.





Dari segi harga, RAM juga sangat terjangkau. RAM merupakan salah satu upgrade hardware yang paling murah yang bisa anda lakukan dengan segera dan memasangnya pun begitu mudah. RAM tersedia untuk komputer mobile dengan bentuk SO-DIMM dan tersedia untuk komputer desktop dengan bentuk DIMM.





Jika anda ingin membeli RAM, aku sebelumnya telah menulis cara berbelanja RAM yang tepat, sehingga anda tidak salah dalam berbelanja RAM dan anda bisa mengoptimalkan performa komputer anda.









Cara memasang RAM











4. VGA (Video Graphics Array)





VGA ialah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah visual grafis yang ada di komputer. Tanpa VGA, anda tidak bisa menyaksikan apapun di layar anda. Karena VGA dikhususkan untuk pengolahan grafis, melakukan upgrade tidak akan mengembangkan tampilan komputer anda secara keseluruhan, melainkan khusus meningkatkan tampilan grafis.





Melakukan upgrade VGA sangat penting bila anda bekerja di bidang animasi, 3D, pengerjaan Game, maupun pekerjaan lain yang memerlukan kinerja tambahan untuk grafis. Sama mirip prosesor, upgrade VGA cuma mampu anda lakukan di komputer desktop.





Sebelum berbelanja VGA baru, amati berapa watt VGA tersebut dan tentukan bahwa power supply yang anda miliki mampu menunjukkan tenaga yang diharapkan.





Cara memasang VGA











5. Meningkatkan tampilan komputer lewat Software





Tentu anda mampu memajukan tampilan komputer tanpa harus mengeluarkan biaya adalah lewat software. Ada banyak hal yang mampu anda lakukan, dan jika anda bingung bagaimana caranya, kami sudah merangkum semua di postingan dibawah ini.









Meningkatkan performa komputer memang sungguh penting





Anda pastinya tidak mau menggunakan komputer yang responnya terlalu lama. Karena akan mengganggu pekerjaan anda maupun penggunaan keseharian yang lain. Dari postingan ini, tentu pilihan nomor satu yang paling saya rekomendasikan dari lainnya. Jika anda memiliki uang lebih, silahkan upgrade sesuai urutan yang ada di postingan ini.





Lalu, apakah anda mempunyai pertanyaan seputar artikel ini? Jangan cuma baca, yuk tulis komentarmu di bawah. Kalau ada tips lain selain yang ada di artikel ini, saya juga sungguh siap membacanya dan mampu saja saya tambahkan di postingan ini.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar