"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

11 Cara Menanggulangi Disk Usage 100% Di Windows 10


Pernahkah anda mengalami komputer anda sungguh lambat dan dikala anda membuka Task Manager? Ada banyak penyebab dari persoalan tersebut. Dan di postingan ini, saya menjajal mengupas seluruh cara mengatasi disk 100 Windows 10 dan supaya masalah anda bisa dituntaskan.









Berikut cara mengatasi Disk Usage 100%, silahkan anda mulai dari cara nomor 1 hingga 5 apalagi dahulu dengan cara klik di masing-masing poinnya. Namun jikalau belum bisa, maka gunakan cara yang lain dari 6 sampai 11.





  1. Mengecek HDD/SSD dengan “Check Disk”
  2. Melakukan scan Virus dan Malware
  3. Menonaktifkan Windows Search
  4. Menonaktifkan Superfetch Service
  5. Menonaktifkan Adobe Flash Player
  6. Mengganti browser
  7. Mengecek Aplikasi Skype
  8. Melakukan reset Virtual Memory
  9. Mengecek Diagnostic Tracking
  10. Memasang Driver SATA Terbaru
  11. Menghapus Temporary Files




Mari kita ulas sama-sama 11 cara mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10.





1. Mengecek HDD/SSD dengan “Check Disk”





Apapun perangkat komputer yang anda gunakan, semua bisa terjadi error, tergolong HDD atau SSD anda. Error di HDD/SSD ini bisa berujung meningkatnya penggunaan disk sampai 100%. Untung saja di Windows 10, ada suatu utility yang bisa memeriksa dan memperbaiki error di HDD/SSD anda.





Klik Kanan Properties Partisi Windows File Explorer




Untuk memperbaikinya, silahkan buka File Explorer dengan cara tekan tombol Windows + E. Kemudian, klik kanan pada partisi Windows anda dan klik Properties.





Tab Tools Properties Partisi Windows




Kemudian, klik tab “Tools” dan klik “Check” pada bagian “Error checking” mirip gambar diatas.





Mulai Mengecek Error Partisi Windows




Selanjutnya, klik “Scan drive” untuk mulai memeriksa partisi yang anda pilih. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit hingga setengah jam, tergantung dari banyaknya file yang ada di partisi anda. Lakukan hal ini juga untuk partisi lain jikalau diharapkan.





2. Melakukan scanning Virus dan Malware





Sangat penting untuk kita menjaga supaya Windows tidak terinfeksi virus dan malware jahat. Proses replikasi virus maupun aktivitas malware jahat lainnya dapat memaksimalkan disk usage hingga 100%. Walaupun Windows 10 telah terpasang antivirus, masih banyak ternyata yang mematikan antivirus dengan sengaja atau bahkan tidak menyadarinya.





Windows Security Dashboard




Untuk mengetahui apakah antivirus telah terpasang dengan benar, buka Start dan ketik “windows security” dan tekan enter. Seperti gambar diatas, pada bab “Virus & threat protection”, sudah ada centang hijau yang menandakan antivirus berjalan dengan baik. Jika tidak, maka anda perlu menghidupkan antivirus dan melakukan scan terhadap metode biar memastikan tidak ada virus atau malware jahat yang berkeliaran.









Sistem operasi seperti Windows 10 sangat jauh dari kata tepat. Pastinya masih ada kesalahan yang mungkin terjadi, termasuk fitur yang berjulukan Windows Search ini. Dengan Windows Search, anda mampu mencari file dengan segera, sebab Windows Search akan melakukan indeks, layaknya suatu buku.





Membuka Command Prompt Melalui Start Menu




Namun karena ada kesalahan di Windows Search, mampu jadi Windows Search ini penyebab penggunaan disk anda 100%. Karena kita tidak tahu niscaya, kita bisa mematikan sementara Windows Search. Caranya yakni buka Start dan ketik “cmd”. Klik kanan pada hasil pencarian dan klik “Run as direktur”. Atau anda mampu mengikuti cara pada gambar diatas dengan cara buka Start dan arahkan ke folder “Windows System” dan cari aplikasi “Command Prompt”.





Selanjutnya, silahkan ketik perintah dibawah ini.





net.exe stop "Windows search"




Jika telah mengetik perintah diatas, silahkan tekan enter. Kemudian, perhatikan apakah komputer anda lebih singkat dari sebelumnya atau tidak. Jika lebih singkat, maka penyebabnya adalah Windows Search ini. Anda mampu mematikannya secara permanen. Jika sama saja, memiliki arti Windows Search ini bukan penyebabnya dan anda tidak perlu melakukan langkah dibawah.





Membuka Services Msc Melalui Run Windows




Tekan tombol Windows + R dan lalu ketik “services.msc” dan tekan enter.





Services Windows Search




Kemudian pada daftar layanan yang ada, cari “Windows Search”. Klik dobel untuk mengubahnya. Pada bab “Startup type” ubah pilihannya menjadi “Disabled” mirip gambar diatas. JIka telah, klik OK. Terakhir, coba restart komputer anda.





4. Menonaktifkan Superfetch Service





Cara berikutnya yaitu mematikan layanan Superfetch. Banyak juga yang melaporkan bahwa layanan ini membuat penggunaan disk menjadi 100%. Untuk mematikan layanan ini, silahkan ketik perintah ini di Command Prompt.





net.exe stop superfetch




Setelah anda mengerjakan perintah diatas, silahkan tunggu beberapa ketika. Juga diusulkan buat anda mengulangi cara pertama yang ada di postingan ini sehabis mematikan layanan Superfetch.





5. Menonaktifkan Adobe Flash Player





Saat ini, penggunaan Adobe Flash Player kian lama kian menurun. Ini dikarenakan Adobe Flash Player telah tergantikan oleh HTML5 yang lebih aman dan lebih cepat. Dan Adobe pun akan menghentikan Flash Player pada tahun 2020. Banyak situs web juga yang telah migrasi ke HTML5, sehingga sungguh sedikit alasan kita untuk tetap menggunakan Flash Player.





Dan ada bug pada Adobe Flash Player dimana plugin ini menimbulkan penggunakan HDD/SSD anda menjadi 100%. Walaupun Adobe menyampaikan kalau perbaikan sudah dijalankan, mampu jadi anda belum melakukan update atau bug tersebut tetap terjadi. Hal ini umumterjadi jikalau anda menggunakan Google Chrome.





Mencari Pengaturan Flash Chrome




Buka menu Google Chrome dan klik “Settings”. Kemudian pada kotak pencarian, ketik “flash”. Kemudian klik “Flash: Block sites from running flash” mirip gambar diatas.





Mematikan Flash Di Google Chrome




Pastikan Flash telah anda matikan seperti gambar diatas.





6. Mengganti Browser





Dengan perkembangan Web yang semakin lama semakin canggih, begitu pula dengan browser yang wajib bisa menampilkan teknologi-teknologi tersebut. Namun, hal ini akan mensugesti penggunaan sumber daya komputer anda. Hal ini juga berlaku kalau anda menggunakan Google Chrome.





Google Chrome terkenal alasannya adalah suka memakai memori RAM terlampau banyak. Sehingga, silahkan anda coba memakai browser lain untuk melihat apakah duduk perkara anda terselesaikan. Di Windows 10, anda mampu memakai Microsoft Edge yang telah terpasang. Atau alternatif lain seperti Mozilla Firefox.





7. Mengecek Aplikasi Skype





Skype Taskbar Exit




Sama mirip Adobe Flash, aplikasi Skpye yang terpasang di Windows anda mampu menjadi penyebab penggunakan disk menjadi 100%. Untuk menghentikan Skype berhenti berlangsung, cari icon Skype di pojok kanan bawah taskbar anda. Klik kanan dan klik “Exit”.





Jika anda tidak pernah menggunakan Skype, sangat diusulkan buat anda menghapusnya supaya kejadian tersebut tidak terulang kembali.





8. Melakukan reset Virtual Memory





Virtual Memory yakni memori yang digunakan oleh komputer kalau RAM anda telah sarat . Untuk itu, mampu jadi penyebab duduk perkara anda yakni Virtual Memory ini.





Untuk itu, mari kita reset Virtual Memory. Caranya ialah buka Start sajian dan ketik “performances of windows” dan tekan enter.





Pengaturan Virtual Memory Windows 10




Kemudian pada bagian Virtual Memory, klik “Change…”.





Mengatur Manual Virtual Memory Di Windows 19




Selanjutnya, hilangkan tanda centang pada “Automatically manage paging file size for all drives”. Kemudian, silahkan atur sesuai yang diusulkan oleh Windows. Dalam hal ini yakni 1638 MB. Jika telah, klik “Set” dan klik OK. Kemudian anda pakai komputer anda mirip biasa.





Jika dirasa dilema anda masih terjadi, silahkan optimalkan alokasinya. Rekomendasi alokasi untuk Virtual Memory adalah sebesar 1,5 kali besar RAM anda. Misalnya RAM anda memakai 4 GB, maka atur alokasi Virtual Memory menjadi 6 GB.





9. Mengecek Diagnostic Tracking





Windows secara otomatis merekam kegiatan di setiap perangkat keras. Proses ini bisa berakibat dilema penggunaan disk menjadi 100%. Untuk itu, mematikan Diagnostic Tracking mampu jadi memecahkan masalah anda.





Untuk melakukannya buka Start dan ketik “cmd”. Tunggu sampai hasil pencarian ditemukan. Jika sudah, klik kanan pada “Command Prompt” dan klik “Run as eksekutif”.





Kemudian, ketikkan perintah dibawah ini. Jalankan perintah di baris pertama, lalu lanjutkan dengan perintah baris kedua.





sc config "DiagTrack" start= disabled
sc stop "DiagTrack"




Mematikan Diagnostic Tracking Windows




Seperti gambar diatas, jikalau sukses mematikan Diagnostic Tracking, akan ada pesan “Success”.





10. Memasang Driver SATA Terbaru





Driver sangat penting supaya perangkat keras anda berkomunikasi dengan baik dengan bagian lainnya. Untuk itu, melaksanakan update terhadap driver SATA untuk kawasan penyimpanan anda sangat penting.





Update Driver Storage Controller Windows




Untuk melaksanakan update driver SATA, buka Start dan ketik “device manager” dan tekan enter. Kemudian, klik kanan pada “Microsoft Storage Spaces Controller” dan klik “Update Driver”. Setelah itu, klik “Search automatically for updated driver software”. Jika ada yang yang lain, kerjakan update mirip sebelumnya.





11. Menghapus Temporary Files





Temporary Files yaitu kawasan Windows menaruh file sementara yang diharapkan saat instalasi aplikasi gres atau menunjang penggunaan aplikasi. Namun hal ini mampu menjadi masalah saat file yang ada di Temporary Files ini tidak diperbaharui.





Untuk itu, kita perlu menghapusnya. Setelah dihapus, aplikasi mampu menyimpan kembali file dengan versi terbarunya. Untuk menghapusnya, silahkan anda buka postingan dibawah ini dan anda juga mampu meniadakan cache lainnya kalau diharapkan.









Ada banyak cara mengatasi disk 100 Windows 10





Menggunakan komputer yang lambat ialah hal yang paling mengesalkan. Mudah-mudahan dengan adanya postingan cara mengatasi disk 100 Windows 10 ini, problem anda diselesaikan. Lalu, bagaimana pengalaman anda menggunakan tips yang ada di postingan ini? Apakah ada cara lain yang mampu anda bagikan? Yuk berikan komentar anda di kotak komentar dibawah.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar