"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

3 Langkah Memulai Bisnis Online Agar Usaha Anda Berhasil

Ketika hendak mulai menjalankan bisnis online, pasti ada banyak keraguan yang membayangi pikiran Anda. Biasanya. beberapa pertanyaan pokok berikut ini selalu muncul di dalam benak Anda. Pertama, bisakah saya menjalankan bisnis online? Kedua, apakah bisnis ini cocok untuk saya jalankan? Ketiga, berapa modal yang dibutuhkan? Keempat, langkah apa saja yang perlu saya lakukan untuk menjalankan bisnis online? Sebenarnya, tidak ada patokan pasti terkait langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menjalankan bisnis online. Namun demikian, ada tiga hal utama yang perlu Anda persiapkan dengan baik.
Bahyudinnor.Com - Ketika hendak mulai menjalankan bisnis online, pasti ada banyak keraguan yang membayangi pikiran Anda. Biasanya. beberapa pertanyaan pokok berikut ini selalu muncul di dalam benak Anda. Pertama, bisakah saya menjalankan bisnis online? Kedua, apakah bisnis ini cocok untuk saya jalankan? Ketiga, berapa modal yang dibutuhkan? Keempat, langkah apa saja yang perlu saya lakukan untuk menjalankan bisnis online?
Sebenarnya, tidak ada patokan pasti terkait langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menjalankan bisnis online. Namun demikian, ada tiga hal utama yang perlu Anda persiapkan dengan baik. Perhatikan uraian selengkapnya berikut ini.

1. Memutuskan Produk yang Dijual

Sebagai langkah awal, Anda perlu memikirkan produk yang mau dijual di toko online. Carilah sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Posisikan diri Anda sebagai problem solver, yakni pemberi solusi dari permasalahan yang dihadapi banyak orang.

Jangan sampai Anda meniru pebisnis online pemula yang mengambil langkah pertama secara keliru. Mereka terlalu fokus untuk memutuskan produk tanpa memerhatikan kebutuhan banyak orang. Akibatnya, bisnis mereka tumbang sebelum mencapai masa tiga bulan. Anda sebaiknya menyediakan waktu untuk melakukan riset terhadap suatu produk. Sebisa mungkin produk tersebut tergolong cepat laku serta memiliki perputaran cepat. Artinya, banyak orang yang membutuhkan produk tersebut dan pangsa pasarnya luas. Dengan memilih produk yang tepat, toko online Anda kemungkinan besar tetap berjalan setidaknya hingga tahun kelima.
Jenis produk yang dijual itu bisa berwujud benda fisik, digital, atau jasa. Contoh produk fisik adalah sabun kecantikan herbal, tas cantik, jam tangan trendi, smart phone, pernak-pernik/aksesori, rumah atau bangunan, dan sebagainya. Contoh produk jasa di antaranya pembuatan website, pemasaran online, persewaan mobil, rental motor khusus mahasiswa, tour and travel, dan sebagainya. Contoh produk digital adalah e-book dan software. 

Hal terpenting dan perlu diingat adalah produk tersebur harus dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan demikian produk tersebut dapat cepat terjual di toko online Anda Selain itu, perputaran uangnya juga berjalan cepat.

2. Membuat Halaman Online

Maksud halaman online adalah tempat berjualan dan mempromosikan produk di internet. Untuk menerapkan langkah ini, Anda bisa memulai dengan membuat halaman (fans page) di media sosial, terutama Facebook. Selanjutnya, Anda juga perlu memanfaatkan layanan-layanan yang ada di media sosial lain, seperti Twitter, facebook, Youtube, Whastsapp, Instagram, Pinterest, dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa melakukan promosi di BBM, Line, serta situs-situs jual beli online. Promosi melalui media-media tersebut gratis sehingga bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk secara online.

Ketika Anda ingin lebih serius dalam berjualan produk secara online, Anda bisa mulai membuat website sendiri. Nantinya, website ini akan dijadikan sebagai halaman resmi toko online Anda di dunia maya. Adapun terkait cara membuat website akan dijelaskan secukupnya pada bagian selanjutnya.
Ketika sudah memiliki website, Anda bisa menjadikannya sebagai tempat rujukan ketika menyebar promosi melalui media. Dengan demikian, calon konsumen yang melihatnya bisa langsung mengunjungi website atau toko online Anda.

3. Mempromosikan Website atau Toko Online

Setelah memiliki website sendiri, Anda bisa mulai mempromosikan sebagai toko online. Tujuannya adalah menjaring lebih banyak pelanggan ke website Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mulai mempromosikannya dengan memanfaatkan berbagai media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Youtube, Twitter, Instagram, Pinterest, dan sebagainya.

Strategi promosi dengan cara seperti ini tergolong sangat tepat. Anda bisa mendapatkan lebih dari 100 kunjungan pelanggan setiap hari hanya dengan menerapkan strategi promosi tersebut. Apabila dilakukan secara konsisten, website Anda akan cepat terkenal dan citra toko online Anda akan cepat meroket sekaligus mendapat tempat di hati konsumen. 

Cara lain untuk mempromosikan adalah dengan memasang iklan di pada beberapa situs-situs jual beli online sambil mencantumkan alamat URL website Hal ini akan mendorong pelanggan untuk langsung berkunjung ke toko online Anda. Selain itu, agar promosi lebih efektif, Anda perlu memaksimalkan SEO (search engine optimization). Hal ini akan menjadikan website mudah terindeks oleh Google sehingga pelanggan mudah menemukan toko online Anda.

Baca Juga
Saya hanyalah manusia biasa yang hanya ingin berbagi manfaat yang Menyajikan Update Informasi Terbaru Tentang Tutorial, Tips dan Triks, Aplikasi, Dunia Bisnis, YouTube, Tutorial, Blogging, Edukasi, R…

Posting Komentar