"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Bahyudin Nor - Membuat Imbas Neon Di Coreldraw


Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menciptakan imbas tulisan menjadi bercahaya atau seperti lampu neon. Cara ini bukan hanya text tool saja, tapi objek-objek lain pun bisa kita beri efek mirip lampu neon ini, misalnya ellipse atau rectangle dan sebagainya.

Oke pribadi saja kita ikuti langkah-langkahnya..

Pertama
Buat goresan pena menggunakan Text Tool atau tekan F8, kemudian sesuaikan jenis font dan ukurannya. Disini aku menggunakan jenis Font Freestyle Script.

Kedua
Klik 2kali Rectangle Tool (F6) di Tool Box, maka otomatis akan terbentuk persegi di area kerja kita. Kemudian beri warna hitam pada object rectangle nya, lalu textnya beri warna putih.

Ketiga
Duplicate text nya dengan menekan CTRL+D atau Copy Paste(CTRL+C , CTRL+V) kemudian beri warna kuning. Lalu posisikan text yang tadi kita duplicate menjadi dibelakang, dengan menekan tombol CTRL+PgDwn. Makara posisinya Text yang berwarna putih letaknya paling atas, lalu text warna kuning ada dibelakang text warna putih.

Keempat
Seleksi text yang kuning, lalu klik menu kafe Bitmaps > Convert to Bitmap..
Resolution pilih 300dpi, Color Mode pilih RGB Color (24-bit) kemudian OK
Klik lagi Bitmaps di Menu Bar lalu pilih Blur > Gaussian Blur…, Radius kita isi 25pixel lalu klik OK.

Kelima
Geser shadow (text kening) tadi sejajar dibelakang text warna putih. Karena tadi aku menggunakan Duplicate(CTRL+D) karenanya posisinya tidak pas dibelakang. Jika telah di geser sempurna dibelakang text warna putih maka jadinya mirip ini.

Keenam
Seleksi kembali shadownya, kemudian duplicate lagi (CTRL+D), lalu letakkan di belakang shadow dengan menekan CTRL+PgDown. Karena yang kita duplicate tipe gambarnya sudah Bitmap maka kita tidak perlu mengconvert nya ke bitmap lagi. Klik Bitmaps > Blur > Gaussian Blur.. 
Radius kita geser sampai 80pixel lalu klik OK.

Ketujuh
Buat pemanisnya dengan memakai Ellipse Tool(F7), Beri warna putih pada Outlinenya(garis luar) dan ukuran outlinenya 25 px, Untuk warna fill(dalamnya) tidak usah diberi warna. Sesuaikan posisinya dan beri warna putih seperti gambar dibawah ini

Kedelapan
Buat effect neon pada objek ellipse, ikuti langkahnya sama mirip cara diatas yang menggunakan text tool. Setelah final memberi shadow kuning di ellipse, kau bisa memodifikasi object ellipse menjadi versi artistic.

Untuk masuk ke sajian Artistic Media Klik saja Menu Effect > Artistic Media. Lalu kamu bisa pilih versi yang ingin diganti, disini saya memakai modelnya mirip dibawah ini yang berwarna biru, lalu ganti warna putih untuk fill nya dan outlinenya tidak usah diberi warna.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar