"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Pengenalan Dasar Adobe Illustrator

Adobe illustrator ialah salah satu software pengolah grafis yang berbasis vector, berlawanan dengan saudaranya adobe photoshop yang berbasis raster. Jika hasil gambar rester di aplikasikan untuk keperluan yang lebih besar teladan mirip baliho atau reklame maka dipastikan jadinya tidak akan tajam dan baik malah tidak terperinci tampakatau pecah. Nah, untuk penggunaan rancangan mirip baliho, reklame, atau banner disarankan menggukan software berbasis vector. Maka desain yang dibuat diaplikasikan untuk keperluan percetakan maka kesudahannya akan optimal dan gambarnya tampaklebih jelas dan tajam. Oke, Langsung saja kita mulai pengenalan wacana Adobe illustrator. Kali ini saya coba memakai aplikasi Adobe illustrator CC 2018.
Pertama 
Buka aplikasi Adobe illustrator, kemudian buat dokumen gres (Create New). Lalu pilih Ukuran kertas yang inggin dipakai, lazimnya menentukan A4, Raster Effect pilih 300 ppi, sesudah itu klik create.

Untuk keperluan yang pertama dalam merancang aku menyarankan memakai Layout pada hidangan workspace mirip teladan gambar dibawah ini kemudian pilih Layout
Maka performa adobe illustrator akan berubah menjadi lebih gampang dan lengkap untuk menciptakan banyak sekali macam rancangan.
Untuk mengganti warna debu-abu dibelakang menjadi warna putih, klik hidangan View > Overprint Preview (Alt+Shift+Ctrl+Y)


Kedua
Cara mengedit artboard, tentukan kursor di posisi Selection Tool (V)

Kemudian pilih Document Setup yang terletak di atas atau di bawah sajian, Lalu pilih Edit Artboards


Akan timbul Property Artboard di atas, jadi kita tinggal pilih untuk mengubah ukuran kertas di area Property Artboard tersebut. 
Kita bisa memberi nama artboard tersebut diproperty artboard 


Kemudian kita bisa tambahkan artboard baru dengan cara klik dan tahan pada layar lalu drag sesuai dengan keperluan.


Jika inggin tampilan Artboard berada ditengah,kita seleksi dulu artboard nya lalu tekan (Ctrl+0) nol ya bukan abjad O.he :) 
Shortcut untuk membuat lebih mudah :
Untuk Zoom Out bisa kita tekan (Ctrl+-)
Untuk Zoom In mampu kita tekan (Ctrl+=)
Untuk Zoom 100% bisa kita tekan (Ctrl+0) angka nol
Bisa juga dengan tekan dan tahan tombol alt lalu scroll mouse (maka akan otomatis menyesuaikan besar kecilnya area kerja)
Untuk menggeser area kerja kita gunakan Hand Tool (H), atau kalian bisa tekan dan tahan space kemudian geser mouse.
Selection Tool (V)


Ketiga
Bagaimana cara memasukan sket kita di artboard atau ruang kerja kita. Caranya dengan mengklik Menu File > Place (Shift+Crtl+P). Lalu pilih lokasi file yang ingin di masukan.  Umumnya aplikasi lain menggunakan Imports.
Sekian pengenalan dasar Adobe illustrator, pembahahan berikutnya kita lanjut di postingan berikutnya..

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar