"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Bahyudin Nor - Istilah Rancangan Grafis Yang Wajib Kau Tahu

Istilah Rancangan Grafis Yang Wajib Kau Tahu

Untuk mitra-mitra yang telah malang melintang di dalam profesi rancangan grafis pasti profesi ini diketahui dengan banyak sekali banyak istilah. Berbeda untuk pemula yang gres terjun atau masuk di dalam dunia rancangan grafis kadang-kadang istilah ungkapan masih terdengar sungguh ajaib di telinga. Nah berikut ini perumpamaan-perumpamaan perihal desain grafis yang wajib kamu tahu :



Pertama (Raster dan Vector)
Gambar Rester atau pada umumnya orang menyebutnya gambar bitmap yakni gambar yang terbentuk dari kumpulan pixel atau titik yang tersusun menjadi sebuah gambar tertentu. Contoh dalam gambar rester ialah Foto. Software yang paling familiar dengan Rester yaitu Photosop dan GIMP. Dengan software itu kau dapat memanipulasi warna dan mengganti sifat pixel. Karena Rester mengandung jumlah pixel yang terbatas, merubah ukuran dapat menjadi lebih rumi dan sukar.
Contohnya bila pixel suatu foto berskala kecil kau ingin membesarkannya,sudah pasti mutu foto akan menurun.
Beda dengan halnya dengan Gambar Vector. Gambar Vector terdiri dari titik-titik atau point yang masing-masing diputuskan oleh titik koordinat titik X dan titik Y. Titik-titik tersebut besatu menjadi suatu bentuk tertentu dan kamu bisa mengisinya dengan warna. Dan gambar Vector dapat dirubah menjadi ukuran berapapun tanpa harus takut akan kehilangan kualitas ketajaman gambarnya.Biasanya gambar Vector dipakai untuk Pelaku usaha percetakan baik itu Banner, Flayer, Baliho. Karena vector ini sungguh dianjurkan untuk dunia desain baik itu untuk logo,illustrasi atau grafis lain yang hendak dipakai diberbagai media. Software pengolah vector antara lain CorelDRAW, Adobe illustrator, inkspace.


Kedua (CMYK dan RGB)
CMYK merupakan kependekan dari Cyan,Magenta,Yellow,Black. CMYK ialah warna standar rancangan yang hendak digunakan untuk proses percetakan atau printer. Jika kawan-mitra ingin mencetak dari hasil desain brosur atau yang lainnya ke mesin printer gunakanlah pengaturan warna CMYK untuk menerima hasil warna yang optimal.
RGB merupakan warna dasar ialah Red, Green, Blue ialah warna yang umumnya dipakai unuk performa monitor atau ponsel pintar. Apabila warna cmyk dibuka dalam ponsel pintar maka warna yang keluar dari smartphone akan terperinci berlawanan dengan aslinya. Maka usahakan untuk keperluan di Smartphone gunakan pengaturan warna RGB.


Ketiga (DPI dan PPI)
DPI atau Dot Per Inch, kian tinggi dpi sebuah gambar maka kualitas gambar akan kian baik. Dan patokan untuk printing ialah 300dpi.
PPI yakni pixels per inch yang mengacu pada jumlah pixel per inch dalam suatu gambar.


Keempat (Typography)
Typography ialah Model dari huruf atau tulisan. Seorang desainer baik dapat menentukan penyeleksian jenis huruf supaya rancangan yang dihasilkan dapat menjadikan nilai plus diakhir desain.


Kelima (GRID)
Grid dalam dunia desain grafis ialah kumpulan dari garis horizontal dan vertical yang tersusun rapi untuk membuat lebih mudah para desainer membuat desain yang lebih perspektif atau belance antara tulisan dan gambar.


Keenam (Logo dan Brand)
Logo ialah karya desain grafis yang berpengaruh. Tanpa adanya logo, maka nilai jual sebuah merk mampu menjadi tidak optimal dan optimal. Logo yang baik mampu menjadi nilai plus dalam sebuah poduk. Dalam merancang logo, ciptakan logo yang gampang diingat dikalangan siapa saja, logo minimalis dan simple bisa menjadi nilai tambah untuk  menjual brand di pasaran,


Brand mengandung pemahaman yang lebih luas dari sekedar rancangan logo. Logo mencerminkan komponen-unsur ini dan bekerja  dalam system merk itu sendiri. 

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar