5 Cara Belajar Yang Benar Yang Perlu Dilakukan Semua Orang

Bahyudinnor.Com - Ada satu hal yang selalu dilakukan oleh semua orang baik sejak bayi, anak kecil, remaja, dewasa hingga tua hal itu adalah belajar.
Belajar itu nggak mengenal waktu dan juga mengenal umur, baik sekolah, kuliah, tempat kerja maupun sampai tua sekalipun semua orang harus terus belajar, karena belajar itu juga bisa mendewasakan kita. Tapi ingat loh belajar juga nggak boleh sembarang belajar. Belajar juga harus dengan cara yang benar.

Berikut ada 5 hal yang harus kamu lakukan supaya kamu bisa belajar dengan cara yang benar.

Yang Ke-1 “Mindset Yang Benar”

Sama seperti ketika kamu sebelum berolahraga. Kamu kan juga harus melakukan pemanasan dulu nih. Sama juga dengan belajar sebelum belajar pun harus ada yang dipersiapkan terlebih dahulu. Yang harus dipersiapkan adalah Mindset atau Cara berpikir kita. Pikiran kamu harus didengarkan dulu nih. Bagaikan gelas kosong yang siap menerima, bagaikan spon yang setiap menyerap.
Pikiran kamu juga harus terbuka. Jangan belum apa-apa Udah antipati duluan. Jangan belum apa-apa Kamu sudah memblok dan bilang “ah udah” “tahu Ah” “nggak perlu ini” “kan caranya beda”. Kalau komentar kamu seperti itu tuh kamu juga nggak akan bisa untuk menerima semua pembelajaran yang akan masuk ke dalamnya. Walaupun mungkin ada yang berbeda Jangan tolak dulu, tapi harus dicerna juga diolah.
Ingat dengan Mindset yang benar maka kamu pun bisa belajar dengan cara yang benar

Yang Ke-2 “Guru Yang Benar”

Belajarlah dari orang yang pernah melakukan hal yang ingin kamu pelajari. Belajarlah dari orang yang benar-benar mengerti hal-hal yang memang kamu ingin kuasai. Kalau kamu belajar masak tapi belajarnya sama montir ya nggak pernah bisa masak sama sekali!!! Pastinya, nggak akan bisa juga kan. Kalau kamu ingin belajar renang tapi belajar dengan guru yang sama sekali nggak pernah berenang pasti hasilnya juga tidak akan maksimal. Tapi kalau kamu mau belajar dengan orang yang ahli yang benar-benar sudah mengerti hal-hal yang kamu kuasai. Belajar juga dari orang-orang yang sudah terbukti melakukan hal yang memang ingin kamu dapatkan dan juga ada track recordnya. Pastinya, pembelajaran kamu juga pasti akan jauh lebih cepat dan jauh lebih efektif

Yang Ke-3 “Waktu Yang Benar”

Belajar itu juga butuh yang namanya waktu. Nggak bisa nih semua dikebut dalam semalam. Walaupun memang sih ada istilah SKS alias sistem kebut semalam atau istilah The Power Of Kepepet. hehehehe….
Sama halnya dengan belajar. Belajar juga butuh yang namanya waktu. Pikiran kita pun juga butuh jeda untuk bisa mengolah dan mencerna semua hal yang ada.Karena sebenarnya ini bahkan belajar itu harus dijadikan “Sebuah Kebiasaan”. Sama seperti halnya analogi tentang mandi ataupun gosok gigi nih.

Mungkin nggak sih kamu mandi selama 1 jam atau 2 jam bahkan habis itu kamu eggak mandi lagi selama 1 bulan. Pasti rasanya risih atau mungkin kamu udah gosok gigi nih selama setengah jam. Berarti habis itu saya nggak usah gosok gigi lagi selama seminggu. Nggak mungkin juga kan. Pasti Rasanya Risih, Pasti Rasanya aneh banget. Sama juga belajar pun harus seperti itu harus dijadikan habit. Jangan sampai waah hari ini kan saya sudah belajar terus-terusan 10 jam. Habis itu tinggalkan aja deh Nggak belajar lagi jadinya kan nggak efisien.
Ingat belajar itu sekali lagi harus dijadikan “Sebuah Kebiasaan” seperti mandi, sama seperti gosok gigi. Sehingga kalau ada hari dimana kamu eggak mandi eggak gosok gigi. Rasanya ada yang kurang ya. Aduh nggak enak yah. 
Begitu juga dengan belajar. Kalau itu sudah menjadi sebuah kebiasaan. Sehari aja kamu nggak belajar pasti kamu akan ngerasa “aduh risih ya, kok kok ada yang kurang ya.!!!” Karena sekali lagi semua itu sudah menjadi kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari.

Yang Ke-4 “Cara Yang Benar”

Setiap orang punya cara tersendiri bagaimana dia bisa menyerap informasi secara efektif dan efisien. Kamu pun harus kita mengenali kamu termasuk orang yang belajar Seperti apa?
Secara garis besar nih , ada tiga tipe orang 1) Visual, 2) Auditori dan 3) Kinestetik. Orang visual itu biasanya mereka akan menangkap secara optimal, menyerap informasi yang dibaca apa dibaca. Orang biasanya adalah orang yang lebih mudah menerima informasi melalui apapun yang dia dengar. Sedangkan orang Kinestetik adalah orang yang biasanya sangat senang dan juga cepat mengerti bila informasi itu diserap terlebih dahulu atau pun dicontohkan dahulu atau dia membayangkan orang lain untuk melakukan hal yang telah dipelajarinya. Kalau kamu termasuk yang mana nih ? Coba Kenali diri kamu terlebih dahulu dan ketahui cara belajar mana yang paling efektif untuk menggunakan cara tersebut dengan tepat

Yang ke-5 “Lingkungan Yang Benar”

Ada orang yang suka ketenangan dalam belajar, harus tenang banget, bahkan ada suara nyamuk lewat aja “Waduh mengganggu konsentrasi” Tapi ada juga nih orang yang suka belajar dengan menggunakan musik. Jadi saat belajar dia harus mendengarkan musik, baik itu musik klasik, musik pop atau bakal musik rock. Apapun itu yang paling penting adalah kamu tahu yang mana yang membuat kamu bisa belajar. Ada juga nih orang yang suka belajarnya sendirian. Ada juga orang yang suka belajar secara berkelompok biar ada teman yang diajak diskusi katanya! Boleh-boleh saja, nggak ada salahnya!.
Yang penting kamu sendiri tahu apakah dengan cara itu pembelajaran kamu lebih efisien atau enggak dan yang paling penting apapun itu pasti kan kamu juga sudah berada di lingkungan yang positif. Karena dengan siapa kamu bergaul saat ini itu akan mempengaruhi masa depan kamu.

Jadi itu dia lima hal yang harus kamu ketahui. Jadi walaupun kamu suka belajar nggak boleh belajar sembarangan yah. Karena belajar juga harus dengan cara yang tepat, Mindset yang benar, Cari guru yang benar, Gunakan waktu yang benar dengan cara yang benar dan pastinya di lingkungan yang benar. Ok

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "5 Cara Belajar Yang Benar Yang Perlu Dilakukan Semua Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel