KULIAH SAMBIL KERJA, BISA TIDAK YA?

Bahyudinnor.Com - Kenapa Tidak? Banyak kok karyawan yang kuliah sambil kerja Bahkan sekarang sudah jadi hal yang biasa. Saat ini hampir seluruh perguruan tinggi sudah memiliki kelas khusus untuk karyawan.

Kuliah dan bekerja adalah dua dunia yang berbeda. Di satu sisi kita melihat keduanya saling menunjang, sedangkan di sisi yang lain keduanya mempunyai kepentingan yang berbeda. Pendidikan adalah hal yang sangat penting namun memerlukan biaya yang tidak sedikit. Banyak orang mengatasinya dengan bekerja. Di kota-kota besar, saat ini orang lebih cenderung untuk kuliah sambil bekerja. Keuntungan kuliah sambil bekerja adalah meningkatnya penilaian positif perusahaan terhadap para karyawan dari segi mutu mereka.

Risiko yang paling sering terjadi jika kamu kuliah sambil kerja adalah jadwal kuliah yang bentrok dengan jadwal pekerjaan. Hal inilah yang harus kamu sikapi dengan bijak. Selain itu, kamu juga akan merasa kelelahan karena telah bekerja seharian, kemudian harus menyiapkan diri lagi untuk kuliah. Oleh karena itu, efeknya adalah kurang fokus dalam menjalani perkuliahan. Penulis lebih menyarankan untuk melaksanakan kuliah di hari Sabtu atau Minggu sehingga tidak mengganggu waktu kerja. Hanya saja, kamu harus mengorbankan waktu istirahat dan waktu untuk keluarga.

Lantas bagaimana menyiasatı waktunya? Pasti hal utama yang menjadi masalah bagi para pekerja yang juga berstatus mahasiswa adalah mengenai pengaturan waktunya. Pengelolaan waktu memang sangat penting agar dua kepentingan yang saling bertolak belakang tersebut bisa tetap berjalan secara harmonis. Bekerja sangatlah penting karena akan menunjang kebutuhan hidup dan kuliah. Tetapi di sisi lain, kuliah juga penting untuk menunjang karier kita dalam bekerja.

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk mengelola waktu antara bekerja dan kuliah adalah dengan menyesuaikan jadwal kuliah dengan bekerja. Orang-orang yang bekerja di kantoran, jadwal bekerja mereka sudah jelas, biasanya mulai dari hari Senin sampai Jumat. Dengan demikian, waktu libur pada hari Sabtu dan Minggu bisa dimanfaatkan untuk kuliah. Hal ini dilakukan untuk menyiasati waktu kerja yang padat dan tidak tentu sehingga seorang pekerja tidak harus beraktivitas hingga malam karena harus kuliah.

Bisa juga kita ambil jam kuliah untuk pegawai, misalnya kuliah malam yang memang diselenggarakan khusus untuk para pekerja yang tidak punya waktu banyak. Pilihan jadwal ini bisa dijadikan acuan untuk para pekerja yang ingin kuliah lagi. Rasanya saat ini sudah hampir semua universitas atau akademi menyelenggarakan kuliah malam yang
diperuntukkan bagi para pekerja dengan kesibukan yang padat.

Bagaimana dengan pekerjaan yang menggunakan sistem bergantian (shift)? Kan, waktunya juga enggak pasti, bisa saja minggu ini masuk pagi, tetapi minggu depan masuk siang atau bahkan masuk malam. Bagaimana menyikapi hal ini?

Untuk para pekerja yang bekerja dengan sistem shift, mereka bisa kuliah di Universitas Terbuka. Mereka enggak usah harus hadir di kampus. Mereka cukup membeli buku-buku penunjang perkuliahan jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, maka mahasiswa bisa menemui dosen dengan jadwal mereka yang telah disesuaikan.

Bagi yang bekerja di bidang jasa atau pabrik dengan sistem shift, akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka jika ingin meningkatkan level pendidikannya. Ini karena waktu mereka yang sangat dinamis dan selalu berubah-ubah. Sedangkan jadwal kuliah bisa dibilang tetap dalam jangka waktu tertentu misalnya untuk satu semester.

Salah satu cara untuk mengatasi kendala waktu kuliah bagi para pekerja shift adalah dengan membicarakan rencana mereka pada pihak manajemen perusahaan di tempat mereka bekerja. Mereka bisa meminta agar jadwal bekerja dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah. Perundingan atau negosiasi ini akan menghasilkan satu keputusan yang diharapkan menguntungkan dan tidak memberatkan kedua belah pihak (pekerja dan perusahaan). Komitmen ini tentunya harus dipatuhi oleh keduanya.

Sebaiknya para pekerja shift merencanakan jadwal kuliah yang tidak berubah-ubah. Misalnya mereka melaksanakan kuliah pada malam hari saja, sehingga di tempat kerja mereka tidak ikut dalam shift malam. Ini sebaiknya terus berlangsung selama mereka kuliah sehingga pihak manajemen perusahaan tidak mengalami kendala dalam menyusun waktu kerja (shift).

Selain itu, pekerja shift juga bisa menegosiasikan waktu kuliah mereka dengan dosen pembimbing akademik. Misalnya dengan menjelaskan posisi mereka di perusahaan tempat bekerja, bahwa mereka bekerja dengan sistem shift berupa tiga shift yaitu shift pagi, siang, dan malam. Nanti pihak universitas atau akademi pun akan menyesuaikan dengan jadwal dosen yang ada, seusai dengan mata kuliah yang akan diambil untuk semester yang akan dijalani.
===========================================================

TIPS

1. Pilih sekolah sesuai dengan jurusan yang diminati.
2.Pilih sekolah yang punya prioritas penyaluran kerja atau fleksibel untuk menyambi kerja (pilih sekolah malam).
3.Buat manajemen waktu, harus pintar membuat pembagian waktu kerja dan sekolah.
4. Usahakan disiplin pada manajemen waktu.
5 Rencanakan jenjang karier sedini mungkin berupa tujuan dan target kerja ke depannya.
===========================================================

Nah, Bagaimana menurut kalian Kuliah sambil kerja. Apakah kamu siap????????

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "KULIAH SAMBIL KERJA, BISA TIDAK YA?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel