"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Memakai Virtualbox (2020): Isyarat Manual


VirtualBox memungkinkan anda untuk memakai banyak sistem operasi tanpa harus membeli komputer gres. Dengan memasang VirtualBox di komputer, anda mampu menjalankan metode operasi lain tanpa mesti meniadakan tata cara operasi yang sudah terpasang. Artinya, sistem operasi utama dan tata cara operasi kedua akan berjalan berdampingan. Terdengar menawan bukan? Lalu, bagaimana cara menggunakan VirtualBox?









Artikel ini pertama kali terbit pada tanggal 24 April 2018 dan diperbaharui untuk mengikuti pertumbuhan VirtualBox di tahun ini (2020) memakai Virtualbox versi 6.1.2 (sebelumnya versi 6.0.2). Serta menggunakan Windows 10 1809 dan Ubuntu 18.04.4 LTS.





Cara Menggunakan VirtualBox (2020): Petunjuk Manual





Download Virtualbox 6 1 2




Di artikel ini, kita akan belajar bersama bagaimana cara menggunakan VirtualBox. Dan saya memakai VirtualBox versi modern, sehingga tentukan anda mengunduh VirtualBox terbaru. Saat postingan ini turun, model VirtualBox yang penulis pakai yakni VirtualBox 6.1.2. Walaupun nantinya ada versi baru, penulis percaya cara menggunakannya tidak banyak berganti dalam tahun ini. Pastikan juga VirtualBox yang anda unduh sesuai dengan sistem operasi yang anda pakai. Karena artikel cara menggunakan VirtualBox ini cukup panjang, sebaiknya anda bookmark biar di browser anda biar mampu anda tidak lupa untuk mengakses postingan ini.





Persiapan memakai VirtualBox





Menggunakan VirtualBox sungguh menyedot penampilan komputer anda. Karena ini sama saja mengerjakan 2 tata cara operasi secara serentak (bahkan anda bisa mengerjakan lebih dari 2). Prosesor yang mumpuni, juga dengan RAM dan hard disk yang mempunyai ruang banyak perlu untuk disediakan.





Prosesor yang digunakan sungguh berpengaruh kepada optimalnya anda dalam memakai VirtualBox. Jika anda memakai prosesor yang dirilis 10 tahun dewasa ini, kemungkinan performanya tidak akan terlalu jelek.





Menghidupkan Virtualization Technology




Performa VirtualBox akan semakin meningkat jika dibekali Virtualization Technology. Teknologi ini berada di prosesor dan tidak semua prosesor mempunyai teknologi ini. Umumnya, seluruh lini prosesor Intel Core memiliki teknologi ini. Sebagai acuan, penulis memiliki laptop dengan prosesor Intel Core i5 7200U dan sudah mempunyai Virtualization Technology mirip gambar diatas. Anda mampu mengeceknya di BIOS atau UEFI masing-masing komputer untuk mengetahui lebih lanjut.





Tanpa adanya teknologi virtualization, anda juga tidak bisa memasang metode operasi versi 64-bit. Sehingga, cuma metode operasi 32-bit saja yang mampu anda pakai.





Langsung saja, ini dia cara menggunakan VirtualBox.





Meng-install VirtualBox





Dalam proses instalasi VirtualBox, tidak ada pengaturan yang mesti anda ubah. Oleh karena itu, eksklusif saja install seperti umumdengan mengklik Next hingga Finish.





Jendela Utama Virtualbox




Setelah simpulan, langsung lakukan VirtualBox. Tampilannya akan seperti gambar diatas. Langkah selanjutnya adalah membuat Virtual Machine (VM) baru. Maksud dari Virtual Machine adalah istilah yang digunakan membuat suatu tata cara virtual. Dalam hal ini, sistem ialah suatu komputer. Jadinya, anda membuat komputer virtual di dalam komputer fisik anda. Di VM inilah kita akan memasang tata cara operasi yang lain.





Ukuran VM sangat tergantung dari ukuran metode operasi yang akan anda install. Bisa saja akan memakan ruang penyimpanan anda sebanyak 20 GB bahkan lebih. Apalagi jika anda meletakkan banyak file di VM, akan makin membengkak. Secara bawaan, VM akan disimpan dalam folder User pada partisi C, dimana metode operasi utama anda ter-install.





Mengganti Tempat Virtual Machine




Jika anda memiliki partisi lain yang mempunyai kapasitas lebih banyak, anda pasti bisa menggantinya. Caranya yaitu klik FIle > Preference. Kemudian pada “Default machine folder”, pilih direktori baru daerah anda menyimpan VM. Karena komputer penulis hanya memiliki satu partisi, maka penulis membiarkannya disimpan di partisi C. Jika sudah, klik OK.





Meng-install Windows 10 ke Virtual Machine





Langkah cara menggunakan VirtualBox berikutnya adalah kita mulai untuk metode operasi dalam VM. Untuk percobaan kali ini, penulis akan meng-install Windows 10 ke VM. Walaupun penulis sebenarnya telah menggunakan Windows 10 di komputer ini, penulis ingin memakai Windows 10 di VM selaku sistem operasi test. Tentu anda mampu bebas menentukan metode operasi yang akan anda install. Bahkan tata cara operasi usang Windows mirip Windows XP juga mampu anda install.





Membuat Virtual Machine





Memberi Nama Ke Virtual Machine Virtualbox




Untuk menciptakan VM, silahkan klik “New”. Tampilannya akan mirip gambar diatas. Silahkan beri nama untuk sistem operasi anda. Kemudian, pilih tipe dan model tata cara operasi yang mau ada install. Versi ini aku sarankan anda memakai Windows 10 (32-bit) agar tidak terlampau berat. Jika telah, klik “Next”.





Alokasi Ram Virtualbox




Langkah kedua adalah mengalokasikan penggunaan RAM. Windows 10 32 bit mampu berlangsung di RAM sebesar 1024 MB atau 1 GB. Jika memakai tata cara operasi 64 bit, lazimnya harus ditawarkan RAM sekurang-kurangnya2 GB. Perlu diingat bahwa alokasi RAM ini tentu mengambil porsi RAM fisik anda. Jika komputer anda memiliki RAM 8 GB, maka ketika anda mengalokasikan 1 GB untuk VM, maka saat VM berlangsung, RAM fisik anda akan tersisa 7 GB saja. Jadi pastikan RAM fisik anda memadai. Klik Next jikalau sudah yakin.





Membuat Virtual Hard Disk Virtualbox




Langkah ketiga ialah menciptakan virtual Hard disk. Virtual Hard disk inilah yang digunakan untuk menyimpan file-file penting metode operasi anda. Biarkan saja opsi bawaan terpilih, ialah “Create a virtual hard disk now”. Langsung saja klik Create.





Memilih Jenis Virtual Hard Disk Virtualbox




Langkah keempat adalah memilih jenis virtual Hard disk. Anda tidak perlu mengubah opsi yang ada. Langsung saja klik Next.





Ukuran Hard Disk Virtual Virtualbox




Langkah kelima ialah memilih pilihan perihal ukuran hard disk virtual. Opsi pertama ialah “Dynamically allocated”, dimana ukuran virtual hard disk akan bertambah atau berkurang sesuai penggunaan. Jika VM anda ukurannya kian besar, begitu pula hard disk virtual-nya. Opsi kedua yaitu “Fixed size” dimana ukurannya bersifat permanen. Jika anda memperlihatkan 20 GB, maka ukurannya tidak akan berganti. Penulis kali ini akan memilih opsi pertama adalah “Dynamically allocated”. Jika sudah, klik Next.





Alokasi Virtual Harddisk Virtualbox




Langkah keenam yakni mengalokasikan besarnya hard disk virtual. Walaupun penulis menentukan hard disk virtual yang ukurannya dinamis, kita mesti mengspesifikasikannya selaku ruang dasar dalam menciptakan hard disk virtual. Penulis disini cuma mengalokasikannya sebesar 25 GB dan pasti akan bertambah sesuai kondisi. Jika sudah, klik Create. Selesai telah menciptakan VM dalam artikel cara memakai VirtualBox ini.





Unduh Windows 10





Virtual Machine sudah selesai dibentuk. Tentu agar mampu digunakan, anda perlu tata cara operasi. Karena dari awal penulis ingin menggunakan Windows 10, penulis butuh file instalasinya. Anda bisa mengunduh Windows 10 disini. File-nya berupa installer, sehingga anda tidak eksklusif mendapatkan Windows 10-nya. Kemudian, lakukan untuk mulai.





Memilih Opsi Instalasi Windows 10 Installer




Langkah pertama, anda mesti menyepakati EULA semoga dapat mengunduh Windows 10. Klik Accept untuk memulai. Selanjutnya, anda diminta untuk menentukan bagaimana Windows 10 akan terinstall. Pilih pilihan kedua ialah “Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC”. Karena kita akan mengunduh file berekstensi ISO. Klik Next jikalau sudah.





Memilih Jenis Windows 10 Installer




Langkah kedua, anda harus menentukan jenis Windows 10 yang hendak anda pilih. Disini, aku memakai Windows 10 64 bit. Namun jika anda ingin memakai versi 32 bit. hilangkan tanda centang pada “Use the recommended options for this PC”. Pada kolom architecture, penulis pilih 32-bit (x86). Windows 10 model 32 bit lebih ringan dibandingkan dengan 64 bit. Apalagi ini hanya untuk tes saja, pilihan 32 bit berdasarkan saya cukup. Jika telah, klik Next.





Memilih Media Instalasi Windows 10 Installer




Langkah ketiga yaitu memilih media instalasi. Disini kita membutuhkan ISO File, oleh sebab itu pilih saja opsi itu. Klik Next jikalau sudah. Kemudian, anda diminta untuk menentukan lokasi dimana file-nya akan disimpan.





Proses Mengunduh Windows 10 Installer




Tergantung dari kecepatan internet yang anda miliki, tunggu beberapa saat sampai Installer akhir mengunduh Windows 10.





Install Windows 10 ke Virtual Machine





Memutuskan Internet Dalam Virtualbox




Langkah selanjutnya dalam cara menggunakan VirtualBox adalah install Windows 10. Pada saat proses install Windows 10 ke Virtual Machine, Windows 10 akan menggunakan internet anda untuk mengunduh update yang ada. Jika anda tidak suka, anda bisa mengklik menu Devices > Network > Connect Network Adapter. Jika memang komputer anda tidak terkoneksi internet, anda mampu melompati cara ini.





Memilih Instalasi Windows 10 Ke Virtual Machine Virtualbox




Virtual Machine sudah siap, begitu pula dengan file instalasi Windows 10. Langkah selanjutnya dalam cara menggunakan VirtualBox adalah meng-install Windows 10 ke Virtual Machine. Di VirtualBox, silahkan anda klik dobel VM yang telah anda buat.





Optical Disk Selector Virtualbox




Kemudian, anda diminta untuk menentukan file instalasi. Klik “Add” dan pilih file ISO Windows yang sudah anda unduh sebelumnya. Jika telah, klik “Choose” dan kemudian klik “Start”.





Instalasi Windows 10 Di Virtualbox




Selanjutnya, anda mulai untuk meng-install Windows 10 ke dalam VM. Tampilannya pun mirip diatas. Inilah penulis bilang dimana 2 sistem operasi berjalan bersamaan. Saat ini, komputer penulis menjalankan 2 Windows 10 dalam 1 komputer dan secara berdampingan. Opsi yang perlu anda ubah di gambar diatas mungkin hanya pada kolom “Time anda currency format”. Ubahlah semoga menjadi Indonesia. Jika sudah, klik Next. Selanjutnya di tampilan berikutnya, klik “Install Now”.





Serial Number Windows 10 Virtualbox




Anda akan diminta untuk memasukkan serial number Windows 10. Karena kita tak memiliki, eksklusif saja klik “I don’t have a product key”.





Memilih Versi Windows 10




Kemudian, anda akan diminta untuk memilih versi Windows 10 yang akan di-install. Disini, penulis akan memakai “Windows 10 Pro” untuk menggunakan seluruh fitur yang diberikan Windows 10. Anda bisa mempelajari banyak sekali edisi Windows 10 yang ada di artikel ini. Jika telah, klik Next.





Jenis Instalasi Windows 10 Virtualbox




Selanjutnya, anda diminta untuk menyetujui EULA. Seperti biasa, beri tanda centang pada “I accept the license term” dan klik Next. Kemudian, anda diminta jenis instalasi yang dipakai. Karena kita install higienis, pilih opsi yang “Custom: Install Windows Only (Advanced)”. 





Memilih Dimana Windows 10 Akan Terinstall Virtualbox




Kemudian, anda diminta untuk menentukan dimana Windows 10 akan terinstall. Sebelumnya, kita sudah mengalokasikan virtual hard disk sebesar 25 GB. Maka seperti gambar diatas, yang tersedia juga 25 GB. Jika sudah, klik Next. Tunggu beberapa dikala hingga Windows 10 selesai di-install.





Konfigurasi Windows 10 di Virtual Machine





Saat final ter-install, Windows 10 akan memandu anda mengkonfigurasi Windows 10 dengan Cortana. Klik saja icon microphone di pojok kiri bawah bila anda tak mau memakai Cortana.





Memilih Region Instalasi Windows 10 Virtualbox




Pertama, anda akan diminta memilih region. Untuk kenyamanan, pilih saja Indonesia dan klik Yes.





Memilih Keyboard Layout Windows 10 Virtualbox




Untuk layout keyboard, pilih saja US dan klik Yes. Ketika diminta untuk menambahkan layout kedua, klik saja “Skip”.





Memilih Koneksi Internet Windows 10 Di Virtualbox




Selanjutnya, anda diminta untuk koneksi ke internet. Karena sebelumnya penulis telah mematikan internet, maka penulis diminta untuk koneksi ke internet. Klik saja “I don’t have internet” supaya Windows 10 tidak dapat menggunakan jaringan internet anda bila anda ingin mirip itu.





Penawaran Jika Terkoneksi Internet Windows 10 Virtualbox




Jika anda tidak menggunakan internet, anda akan dikonfirmasi lagi oleh Windows untuk memakai internet biar Windows mampu melakukan update. Untuk ketika ini, lebih baik anda tidak perlu melaksanakan update. Klik “Continue with limited setup” biar Windows tidak menggunakan internet.





Memberikan Nama Pengguna Windows 10




Selanjutnya, berikan nama siapa yang hendak memakai VM ini. Jika telah, klik Next.





Memberikan Password Windows 10




Langkah selanjutnya, silahkan berikan password. Berikan saja password yang gampang. Klik Next. Tahap berikutnya, konfirmasi password yang anda buat dan klik Next. Kemudian, anda diminta untuk menunjukkan petunjuk mengenai password. Anda diminta memberikan 3 jawaban untuk 3 pertanyaan. Ikuti saja dan klik Next kalau sudah.





Activity History Instalasi Windows 10




Setelah itu, anda akan diperkenalkan dengan “Activity History”. Fitur ini akan menyinkronkan aktivitas penggunaan Windows anda ke komputer lain yang menggunakan Windows 10 juga. Karena kita disini memakai VirtualBox, fitur ini tidak akan kita pakai. Dan bila anda memerlukannya, anda mampu mengaktifkannya nanti sehabis final instalasi. Untuk ketika ini, klik saja “No”.





Pengaturan Privasi Windows 10




Kemudian, anda diminta untuk mengkonfigurasi pengaturan privasi. Langsung saja, klik “Accept”. Tunggu beberapa dikala sampai konfigurasi final. Setelah masuk ke desktop, maka Windows 10 telah mampu anda gunakan.





Meng-install Guest Additions





Walaupun Windows 10 dalam VirtualBox sudah mampu anda pakai, namun anda sungguh diusulkan meng-install satu komponen yang sungguh penting. Namanya ialah “Guest Additions” yang ialah kumpulan driver dan aneka macam utility lainnya supaya koneksi antara komputer utama dan VM makin baik. Dengan memasang guest additions, anda mampu mengubah ukuran jendela VM, perlindungan drag & drop, dan lain-lain. Performa dari VM pun akan meningkat, berkat adanya driver yang cocok.





Virtual Cd Guest Addition Virtualbox




Untuk meng-install Guest Additions, tidak dibutuhkan adanya internet alasannya bekerjsama sudah ada di VirtualBox. Anda meng-install-nya lewat virtual CD Drive. Caranya ialah klik Devices > Insert Guest Addition CD Image. Kemudian, buka File Explorer dengan cara tekan tombol Windows + E. Klik dobel pada virtual CD. Maka tampilannya akan mirip dibawah ini:





Mulai Install Guest Addition




Ada 3 file .exe yang hendak muncul. Pilih saja yang “VBoxWindowsAdditions” seperti gambar diatas. Kemudian, klik Next saja sampai instalasi akhir. Nantinya ada driver yang mesti anda install. Jika ada keteranganinstalasi driver, klik saja “Install”. Terakhir, anda akan diminta untuk restart. Setelah tamat restart, maka dikala anda resize ukuran VM-nya, tata cara operasi di dalamnya pun akan menyesuaikan ukurannya. Begitu juga tunjangan drag & drop, anda mampu copy dan paste file dengan gampang antar metode.





Install Ubuntu ke Virtual Machine di VirtualBox





Memilih Ubuntu Virtualbox




Sebagai bonus dalam postingan cara memakai VirtualBox, penulis juga sertakan bagaimana cara install Ubuntu ke Virtual Machine di VirtualBox. Silahkan baca bagian “Membuat Virtual Machine” di artikel ini. Bedanya hanyalah pada saat memilih tata cara operasi, seleksilah metode operasi Ubuntu mirip gambar diatas. Kemudian, ikuti saja mirip cara sebelumnya.





Unduh Ubuntu





Download Ubuntu 18 04 4




Anda bisa mengunduh Ubuntu disini. Penulis menganjurkan anda memakai Ubuntu model LTS alasannya LTS yakni model yang paling stabil. Pada ketika postingan ini diperbaharui, versi LTS yang modern ialah Ubuntu 18.04.4. Klik saja tombol “Download” seperti gambar diatas untuk mengawali. Jika anda ingin mengunduh Ubuntu versi 32 bit, klik saja “Alternative downloads and torrents”. Pastikan anda mengunduh file yang berekstensi ISO sama seperti Windows 10.





Memasang Ubuntu ke Virtual Machine





Memilih Ubuntu 18 04 4 Virtualbox




VM dan file instalasi Ubuntu anda telah ada, kini saatnya memasang ke VM. Klik ganda VM-nya dan pilih file Ubuntu yang berekstensi ISO yang sudah anda download seperti gambar diatas. Jika telah, klik “Start” untuk mengawali.





Welcome Instalasi Ubuntu




Setelah anda menanti beberapa ketika, maka akan timbul performa diatas. Langsung saja klik “Install Ubuntu”.





Memilih Keyboard Layout Di Ubuntu




Kemudian, anda diminta untuk menentukan Keyboard Layout. Biarkan saja pengaturannya seperti normalnya dan klik saja “Continue”.





Opsi Instalasi Ubuntu




Selanjutnya, anda diminta untuk menentukan jenis instalasi Ubuntu. Pilih saja opsi “Normal Installation” biar Ubuntu juga memasang aplikasi esensial mirip browser, media player, office, dan aplikasi-aplikasi penting yang lain. Jika telah, klik “Continue”.





Tipe Instalasi Ubuntu




Selanjutnya, anda menentukan tipe instalasi. Disini, kita akan memakai opsi “Erase disk and install Ubuntu” dimana pilihan ini ialah opsi termudahnya. Jika sudah, klik “Install Now”. Kemudian, anda akan dikonfirmasi lagi perihal opsi tersebut. Klik saja lagi “Continue” untuk memulainya.





Selagi instalasi berjalan, anda akan diminta memasukkan beberapa gosip seperti di kota mana anda tinggal. Kalau anda tinggal di Indonesia bagian barat, pilih saja Jakarta. Indonesia tengah pilih saja Makassar. Dan Indonesia timur bisa menentukan Jayapura.





Informasi Pengguna Instalasi Ubuntu




Terakhir, anda akan diminta memasukkan nama beserta nama komputer anda nantinya. Karena ini hanya suatu VM, isi saja terserah anda. Jika sudah, klik “Continue”. Tunggu beberapa saat sampai instalasi Ubuntu simpulan dijalankan. Nanti anda diminta untuk melaksanakan Restart jika diperlukan.





Meng-install Guest Addition di Ubuntu





Konfirmasi Guest Addition Ubuntu Virtualbox




Seperti Windows 10, biar tunjangan fitur VirtualBox semakin banyak serta penampilan yang lebih mantap, kerjakan instalasi Guest Addition. Klik hidangan Devices > Insert guest addition CD image. Setelah itu, akan ada pemberitahuan buat anda melakukan software Guest Addition. Klik saja “Run”. Di Ubuntu, anda harus menunjukkan password supaya mampu menginstall software baru. Masukkan password semoga Guest Addition dapat ter-install dan klik “Authenticate”.





Proses Instalasi Guest Addition Ubuntu Virtualbox




Proses instalasi Guest Addition di Ubuntu akan terlihat mirip diatas. Tunggu beberapa dikala sampai proses instalasi tamat.





Cara Restart Ubuntu 18 04




Setelah simpulan, anda akan diminta untuk Restart VM anda. Pada pojok kanan atas, ada icon powerKlik saja dan klik “Shut down”. Kemudian, anda akan diminta memilih lagi. Klik “Restart”. Setelah Restart, anda siap menggunakan Ubuntu di VirtualBox!





Cara Menggunakan VirtualBox: Tools yang ada di VirtualBox





Sampai ketika ini, anda sudah berhasil membuat VM dengan 2 metode operasi yang berlawanan. Selanjutnya, penulis akan menjajal memperkenalkan anda dengan beberapa tools yang mampu anda pakai.





Menggunakan shortcut keyboard





Ketika anda memakai shortcut keyboard di VM yang anda buat, tidak semua shortcut tersebut mampu melakukan pekerjaan . Shortcut lazim seperti CTRL + C dan CTRL + V bisa anda kerjakan. Jika jendela VM anda aktif, maka shortcut tersebut akan terjadi di VM, bukan di komputer utama anda.





Namun, ada beberapa shortcut yang cuma aktif di komputer utama anda saja. Misalnya saja, coba saja anda menekan tombol CTRL + ALT + DEL dikala anda menggunakan VM. Shortcut tersebut aktif di komputer utama anda, bukan di VM. Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya ke VM?





Input Keyboard Ubuntu Virtualbox




Caranya yakni dengan klik menu Input > Insert CTRL-Alt-Del untuk mengaktifkan shortcut tersebut ke VM. Di Ubuntu, shortcut ini berfungsi untuk Log out dari komputer. Anda juga mampu mengatur shortcut yang lain di bab “Keyboard Settings”.





Aktifkan shortcut menggunakan Host Key





Host Key ialah suatu tombol khusus yang dipakai oleh VirtualBox yang aktif lewat komputer utama, namun menunjukkan efek ke VM. Jika anda memakai Windows, host key ini yakni tombol CTRL sebelah kanan keyboard anda.





Host Key ini sangat berkhasiat saat VM anda buka Full Screen dan anda ingin balik ke komputer utama. Untuk masuk ke Full Screen Mode, tekan saja Host Key + F. Maka VM anda akan masuk ke Full Screen dan komputer utama anda tidak akan kelihatan. Disini anda gundah, bagaimana balik ke komputer utama supaya mampu dipakai?





Menu View Ubuntu Virtualbox




Tekan saja shortcut tersebut lagi, sehingga ukuran jendela VM akan mengecil dan komputer utama mampu anda gunakan. Shortcut-shortcut yang memakai host key ini bisa anda dapatkan di beberapa sajian seperti hidangan View seperti gambar diatas.





Opsi untuk Shutdown





VM bisa anda pakai layaknya anda menggunakan komputer biasa. Anda bisa shutdown dan restart seperti biasa, namun hal tersebut cuma berlaku untuk VM, bukan komputer utama. Untuk mempermudah anda dalam melaksanakan hal tersebut, VirtualBox mendukung shutdown VM melalui penampilan komputer utama.





Opsi Power Ubuntu Virtualbox




Pada jendela VM, saat anda klik icon “x” seperti animasi diatas, maka ada 3 pilihan yang mampu anda pakai. Berikut penjelasannya:





  • Save the machine state: Proses ini sama layaknya hibernate. Kondisi VM ketika ini akan disimpan termasuk program-acara yang berjalan. Ketika anda mengerjakan VM-nya lagi, program-program tersebut pribadi terbuka seperti sebelumnya.
  • Send the shutdown signal: Proses ini akan mengirimkan sinyal shutdown ke VM. Ini sama seperti anda shutdown langsung di VM-nya.
  • Power off the machine: Proses ini akan menutup paksa VM. Ini sama seperti mencabut colokan listrik, sehingga komputer anda pribadi mati bila anda memakai komputer fisik.




Menggunakan Snapshot





Dengan fitur Snapshot, anda bisa menyimpan keadaan permulaan dari VM, sehingga kapan saja anda ingin kembali ke keadaan semula, anda mampu menggunakan fitur ini. Snapshot sangat berkhasiat bila anda ingin mengutak-atik VM dan saat memiliki masalah, anda cukup mengembalikan ke kondisi semula dengan Snapshot ini.





Tombol Snapshot Virtualbox




Cara memakai Snapshot di VirtualBox yakni pilih dulu VM yang ingin anda snapshot. Klik icon option di sebelah kanan dan klik “Snapshots” seperti gambar diatas.





Snapshot Virtualbox




Kemudian, klik tombol “Take” seperti gambar diatas untuk merekam keadaan Windows 10 Tester saat ini.





Deskripsi Snapshot Virtualbox




Berikan deskripsi mengenai rekaman ini. Jika telah, klik Ok.





Mengetes Snapshot




Mari kita tes bersama. Penulis membuat suatu file di desktop dengan nama “test-snapshot”. Setelah itu, Shut down VM anda.





Restore Snapshot Virtualbox




Selanjutnya, penulis akan restore ke keadaan semula dimana file tersebut seharusnya tidak ada. Caranya adalah pilih saja snapshot yang telah dibuat sebelumnya dan klik Restore. Kemudian, anda akan dikonfirmasi kembali mengenai proses ini. Klik lagi “Restore” untuk mengkonfirmasi.





Konfirmasi Restore Snapshot Virtualbox




Anda akan dimintai konfirmasi perihal snapshot yang ingin anda restore. Jika anda ingin menyimpan kondisi VM yang sekarang, anda mampu mencentang pilihan “Create a snapshot of the current machine state”. Klik Restore untuk memulai.





Keadaan Windows 10 Setelah Snapshot Virtualbox




Jalankan VM lagi dan perhatikan bahwa file “test-snapshot” yang penulis buat telah tidak ada.





Dukungan berbagi File dan Folder antar metode





Langkah terakhir dalam cara memakai VirtualBox ialah mengembangkan file dan folder. Alangkah gampangnya jikalau anda mampu menyebarkan file dan folder entah itu dari komputer utama ke VM atau sebaliknya. Sebelumnya, anda diminta untuk meng-install Guest Additions. Agar berbagi file mampu dikerjakan, pastikan anda sudah meng-install Guest Additions.





Menu Setting Virtualbox




Lalu pada jendela VirtualBox Manager, klik kanan VM yang ingin anda hidupkan pertolongan berbagi dan klik “Settings…”.





Menghidupkan Dukungan Berbagi File Folder Virtualbox




Lalu pada bagian General > Advanced, ubah pengaturan Shared Clipboard dan Drag ‘n’ Drop menjadi Bidirectional seperti gambar diatas. Jika telah, klik OK.





Masih banyak hal yang mampu anda lakukan di menu Settings pada VM. Silahkan anda telusuri opsi mirip System untuk menertibkan pengaturan Motherboard dan prosesor, Display untuk mengontrol layar, dan masih banyak lagi.





Drag N Drop Virtualbox




Untuk mencobanya, lakukan VM-nya dan kerjakan drag ‘n’ drop mirip animasi diatas. Maka anda mampu menyebarkan file dengan mudah, baik dari komputer utama ke VM maupun sebaliknya.





Cara Menghapus Virtual Machine





Klik Kanan Remove Virtual Machine Virtualbox




Anda mampu menghapus Virtual Machine dengan gampang dengan cara klik kanan pada VM yang ingin dihapus. Kemudian, klik “Remove…”. Ada 2 pilihan yang anda pilih. Jika menentukan pilihan “Remove only”, VM anda tetap ada, namun hanya hilang dari aplikasi VirtualBox. Sedangkan opsi “Delete all files” untuk menghapus seluruh file untuk VM tersebut.





Beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan VirtualBox









Selesai anda memakai VirtualBox, tentu saja ada banyak hal yang ingin anda kerjakan. Berikut penulis suguhkan beberapa hal yang mampu anda kerjakan di VirtualBox pada artikel diatas.





Selesai telah artikel Cara Menggunakan Virtualbox (2020)





Dengan membaca postingan ini, anda akan sungguh paham bagaimana cara menggunakan VirtualBox yang benar. Entah apapun argumentasi anda memakai VirtualBox, aplikasi ini sungguh powerful dan penulis sungguh menggemari aplikasi gratis ini. Lalu, bagaimana dengan anda? Apakah sudah sukses memakai VirtualBox? Apa alasan anda memakai VirtualBox? Jangan aib-aib untuk tulis di kotak komentar.





Artikel ini tersedia dalam bentuk PDF. Silahkan download E-Book Cara Menggunakan VirtualBox: Petunjuk Manual ketika ini juga. Tentu anda juga dipersilahkan untuk membaginya ke keluarga maupun sobat-sahabat anda.





Sekian postingan Cara Menggunakan VirtualBox (2020): Petunjuk Manual, agar artikel ini bermanfaat buat anda. Jangan lupa untuk Like Facebook untuk berlangganan maupun via email semoga artikel terbaru eksklusif hadir ke Facebook atau email anda.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar