"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Latihan Soal Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2 Dimensi

Fungsi utama dari prinsip-prinsip dasar animasi yaitu agar setiap animasi yang dibuat kelihatan mempesona, dramatis, dengan gerakan yang alami
























PENILAIAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar 3.1

Rangkuman
Animasi yaitu suatu proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk menerima sebuah ilusi pergerakan. Berdasarkan arti harfiah, animasi yaitu membangkitkan. Yaitu perjuangan untuk menggerakkan sesuatu yang tidak mampu bergerak sendiri. Teknik animasi berisikan animasi frame by frame dan teknik animasi tweening. Sedangkan berdasarkan teknis pembuatannya dibagi menjadi teknik manual dan teknik animasi 2 dimensi dengan komputer. 

Fungsi utama dari prinsip-prinsip dasar animasi yaitu agar setiap animasi yang dibuat kelihatan mempesona, dramatis, dengan gerakan yang alami. Pada dasarnya prinsip animasi ialah teori dasar fisika yang di aplikasikan pada animasi huruf.Fungsi Tambahan dari prinsip animasi ialah untuk media hiburan, media presentasi, dan media penawaran spesial atau iklan. 

12 prinsip animasi timbul untuk membuat hasil animasi yang menarik, dinamis dan tidak membosankan. Prinsip animasi tersebut diciptakan atas dasar sebagai teori dasar yang bersifat wajib dimiliki dan dikuasai oleh para animator untuk membangkitkan huruf animasinya.

Kedua belas Prinsip tersebut mencakup : Squash and Stretch, Anticipation, Staging, Straight Ahead And Pose to Pose, Follow Through And Overlapping Action, Slow In And Slow Out, Archs, Secondary Action, Timing, Solid Drawing, Appeal, Exageration.

Tugas individu 

Tonton/Identifikasi beberapa iklan atau film kartun sebanyak 4 film/iklan. hasil observasi ditulis di buku tugas, diserahkan terhadap guru pada saat pertemuan Tatap Muka Minggu kedua!

No.

Judul Film

Prinsip animasi yang menonjol

Adegan yang membuktikan adanya prinsip animasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Rambu  penilaian :

Kesesuaian kenali menurut 12 prinsip-prinsip animasi

Tes Formatif

  1. Jelaskan definisi perumpamaan animasi menurut Ibiz Fernandes!
  2. Sebutkan jenis-jenis teknik animasi!
  3. Jelaskan pengertian animasi stop motion dan sebutkan jenis-jenisnya!
  4. Jelaskan pengertian Secondary Action!
  5. Jelaskan pemahaman Appeal!
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar