"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Penyebab Gambar Animasi Tidak Bisa Diberi Warna Pada Adobe Animate

Bagi yang permulaan menggunakan software adobe Animate kadangkala mengalami beberapa hambatan dalam mewarnai gambar animasinya. Berikut beberapa solusi yang mungkin bisa dipakai mengatasinya :
  1. Jangan Tracing Langsung di Layer Sketsa
    Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan, tetapi sering jadi kesalahan penerima latih dalam mentracing bagan adalah langsung di layer sketsanya, atau satau layer saja. Maka hasilnya hasil tracing akan menempel di sketsa, dan kalau hasil tracing diambil atau dipisahkan, maka denah menjadi bolong atau hilang gambarnya. Dan kadang dikala mewarnai pribadi pada layer denah juga mempersulit pewarnaan. Jadi semestinya tracinglah gambar denah di layer lain di atas layer sketsa. Kalau layer tracingnya di bawah bagan ya gak akan kelihatan kesudahannya Jangan Sampai kebalik ya! 

  2. Gunakan Gaps
    Jika Objek tidak mampu diwarna cobalah dengan memakai control Gaps, Gaps Control dipakai untuk memberi isi sebuah garis luar yang tidak sungguh-sungguh tertutup. Pilihannya yaitu Don’t Close Gaps untuk memberi isi garis luar yang tertutup. Close Small Gaps untuk memberi isi garis luar yang tidak tertutup alasannya ada jarak yang kecil antara ujung garis yang satu dengan ujung garis yang lain. Close Medium Gaps untuk memberi isi garis luar yang mempunyai jarak cukup besar. Dan Close Large Gaps untuk memberi isi garis luar yang mempunyai jarak besar.                
  3. Break Appart
    Terkadang ketika membuat garis, tiba-tiba garis menjadi keras mirip ada garis birunya... Atau sekan-akan otomatis diconvert menjadi symbol oleh komputer atau Adobe Animate. Maka kesudahannya garis menjadi tidak nyatu, atau patah-patah... Apa yang mesti dijalankan? Kalau hanya satu garis pilih saja garis yang bermasalah tadi. Tapi jikalau nyaris semua garis di layer tersebut ya pilihlah seluruhnya atau pilih semua, dengan menekan tombol CTRL + A, sebab A artinya all (semua). Setelah itu di-brake atau dipecahin atau dilebur dengan cara menekan tombol CTRL + B atau Klik Kanan Pilih Break Apart. Maka dilema tidak bisa mewarnai gambar pun bisa terselesaikan dan mampu diwarnai dengan baik. 
  4. Zoom Out Window
    Ketika mewaranai dengan Adobe Animate, ternyata ketika kita memperkecil dari 800% menjadi 25% mampu mewarnai gambar walaupun tidak tertutup dengan sempurna. Begitulah mudahnya mewarani gambar ataupun tarcing dengan Adobe Animate. 
  5. Jenis Warna
    Pada Adobe Animate ketika mewarnai gambar terbagi menjadi dua jenis ialah: Fill Color dan Stroke Color. Fill color yakni warna untuk mengisi bagian dalam gambar. Untuk icon tool-nya disebut dengan bucket. Stroke Color berfungsi untuk mewarnai garis otline, jadi tentukan Fill Color berupa bucket di bagian paling bawah warnanya sesuai pilihanmu, dan bab garis yang iconnya berbentukpensil sesuai warna pilhanmua, lazimnya untuk membuat karakter animasi yakni warna hitam. Untuk mengganti warna garis tinggal klik ikon bucket tetapi di sisi kirinya, tepatnya di segitiga kecilnya yang artinya ada pilihan yang lain. Tool-nya berupa wadah tinta. Selain pengaturan melalu kafe tool atau tempat berjejernya tool, bisa juga dengan menentukan window, dan pilih properties, maka pilihan detilnya bisa dikelola lagi, misalnya ketebalan garisnya bisa dituliskan angka atau tinggal geser angkanya. 
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar