"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

10 Cara Mempercepat Internet Android Super Gampang!


Tentu siapa pun membenci internet yang lambat, terlebih anda lagi berada di dikala yang genting. Ada banyak penyebab internet melambat di Android anda dan di artikel ini, kita akan bedah satu persatu, kira-kira apa penyebab internet anda melambat. Langsung saja, ini beliau 10 cara mempercepat internet Android dengan gampang.









Karena setiap ponsel pintar Android memiliki performa yang berlainan, kiat di postingan ini bisa saja mempunyai posisi menu yang berlainan. Di artikel ini, saya menggunakan Android versi Android One dan berada di model Android 10. Langsung saja, ini ia cara mempercepat internet Android.





1. Mulai ulang Android anda





Tips super mudah ini bisa saja memperbaiki internet anda yang melambat. Apalagi bila anda merasa telah usang tidak melaksanakan hal tersebut, me-restart smartphone anda bukanlah hal yang merepotkan.





Menu Tombol Power Android




Caranya sama seperti anda mematikan Android anda. Tekan dan tahan tombol power Android anda dan sentuh “Nyalakan ulang” dan tunggu hingga selesai Android kembali menyala dan silahkan anda coba lagi internet anda.





2. Mematikan VPN





Jika anda memakai VPN (Virtual Private Network), mampu jadi penyebabnya internet lambat ialah VPN. Ini dikarenakan cara kerja VPN, dimana ketika anda mengakses suatu situs, komputer anda seperti mengakses situs tersebut dari negara lain. Hal ini tentu memperbesar proses dari situs yang anda tuju dan dapat memiliki efek lambatnya internet anda.





Ada banyak VPN yang tersedia di Android. Namun aku kira cara mematikannya semua sama. Ketika anda membuka aplikasi VPN di Android, di beranda utama umumnya akan ada pilihan untuk mematikan VPN. Jika anda memakai VPN di browser Opera, berikut cara mematikan VPN di Opera.





Cara mematikan VPN di browser Opera









  1. Buka hidangan Opera dan sentuh “Pengaturan”.
  2. Di halaman pengaturan, geser switch VPN ke kiri untuk menonaktifkannya.




3. Berpindah lokasi





Banyaknya sinyal yang anda peroleh pasti sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya internet. Untuk itu, kita perlu tahu apa saja penyebabnya. Berikut aspek penyebab rendahnya sinyal.





  1. Benda atau penghalang di sekeliling kita mirip tembok, gedung, dan lain-lain.
  2. Cuaca.
  3. Jauh dari BTS (Base Transceiver Station).
  4. Banyaknya pengguna di satu BTS.




Ilustrasi Peta Lokasi




Solusi dari 4 penyebab rendahnya sinyal tersebut yakni anda harus pindah lokasi. Jika anda dalam gedung, silahkan pergi ke kawasan yang memiliki jendela. Dan jikalau masalahnya belum juga kelar, mampu jadi anda harus keluar gedung dan mencari kawasan lapang.





4. Menonaktifkan aplikasi yang menggunakan internet di latar belakang





Untuk tips yang satu ini, anda mesti melakukan sedikit investigasi di HP anda. Kali ini anda harus menyelidiki aplikasi apa yang paling banyak menggunakan internet. Penggunaan internet terbagi menjadi 2 jenis:





  1. Latar depan: Penggunaan internet di ketika anda memakai aplikasi. Misalnya saat anda membuka aplikasi Twitter. Setiap kali ada gambar atau video yang muncul dan menggunakan internet, itulah yang dinamakan penggunaan internet latar depan.
  2. Latar belakang: Penggunaan internet di saat anda tidak memakai aplikasi. Contoh paling gampangnya ialah aplikasi chatting seperti Whatsapp. Ketika anda tidak memakai Whatsapp, anda terus mendapatkan notifikasi pesan baru.




Yang jadi masalah disini adalah penggunaan internet latar belakang. Bisa jadi ketika anda memakai aplikasi tertentu, ada aplikasi lain yang menggunakan internet di latar belakang dan menciptakan internet anda menjadi lambat. Berikut cara menonaktifkan aplikasi yang memakai internet di latar belakang.









  1. Buka Setelan > Jaringan & internet > Jaringan seluler > Data usage (Penggunaan data)
  2. Kemudian, silahkan anda cek aplikasi yang sekiranya banyak memakai koneksi internet. Seperti gambar diatas, aku menyaksikan aplikasi Shopee dengan penggunaan latar belakang yang berdasarkan saya banyak. Untuk itu, saya menonaktifkannya pada bab “Kuota latar belakang”.




5. Mengecek denah paket data





Setiap operator selular memberikan bagan paket data internet yang berlainan-beda. Untuk itu, anda perlu mencermati skemanya sebelum anda berbelanja paket data tersebut. Jika anda tidak terlalu memperhatikannya, mampu jadi gara-gara sketsa tersebut koneksi internet anda menjadi lambat.





Skema Paket Data Internet Smartfren




Saya beri contoh satu operator selular yakni Smartfren. Operator ini menunjukkan paket internet tidak terbatas atau unlimited. Namun sketsa paket internetnya adalah saban hari, anda diberi kuota sebesar 1 GB. Jika dalam hari tersebut anda sudah menggunakan 1 GB, maka kecepatan akan diturunkan. Karena itulah internet anda menjadi lambat bila telah menghabiskan kuotanya.





Untuk itu, silahkan anda cek bagan paket data operator selular anda, apakah ada yang sama atau seperti mirip Smartfren.





6. Mengecek jaringan operator selular





Tidak selamanya kecepatan internet lambat karena kesalahan dari kita. Bisa jadi operator selular anda mengalami gangguan. Jika memang terjadi hal seperti itu, anda mampu mengevaluasi apakah operator selular anda berurusan dengan mengakses situs Downdetector.





Situs Downdetector Telkomsel




Seperti gambar di atas, di kotak pencarian saya mengetik “telkomsel”. Jika sudah, tekan enter.





Laporan Masalah Jaringan Telkomsel Downdetector




Hasilnya akan muncul seperti gambar diatas kalau tidak ada gangguan. Jika terjadi, maka akan ada laporannya beserta lokasinya. Karena koneksi ponsel pintar anda lambat, anda bisa mengeceknya jika anda terkoneksi Wifi atau anda mampu memakai smartphone teman anda yang memiliki operator berlainan.





7. Melakukan setel ulang jaringan di Android





Pengaturan jaringan internet di Android anda bisa jadi berganti tanpa sepengetahuan anda. Ini dikarenakan anda mampu saja memasang aplikasi di Play Store atau di kawasan lain dan aplikasi tersebut mengubahnya. Untuk itu, melaksanakan setel ulang jaringan internet mampu jadi solusinya.





Konsekuensi anda melakukan setel ulang jaringan di Android adalah tidak cuma jaringan internet yang mau di setel ulang. Jaringan Wi-Fi dan Bluetooth juga akan di setel ulang. Oleh sebab itu, anda perlu koneksi kembali jaringan Wi-fi kantor atau rumah dan juga memasangkan ulang perangkat Bluetooth yang ada. Cara setel ulang jaringan di Android adalah selaku berikut.









  1. Buka “Setelan > Sistem > Opsi setel ulang”.
  2. Kemudian sentuh “Setel ulang Wi-Fi, kuota seluler & Bluetooth”.
  3. Anda akan dikonfirmasi kembali tentang hal tersebut. Jika telah percaya, sentuh “Setel Ulang Setelan”.




8. Smartphone anda tidak mendukung 4G/5G atau kartu anda belum di upgrade





Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy Ace Nxt Gsmarena




Jika smartphone anda keluaran lama, kemungkinan ponsel pintar anda tidak mendukung jaringan 4G sungguh besar. Untuk itu, anda mampu memeriksa model ponsel pintar anda di internet. Saya pribadi sering menggunakan situs GSMArena untuk mengecek spesifikasi smartphone. Seperti gambar diatas, ponsel pintar yang dirilis di tahun 2014 ini cuma mendukung jaringan HSPA dimana HSPA yakni jaringan 3G.





Penyebab lainnya yaitu anda belum melaksanakan upgrade kartu SIM anda. Seluruh operator di Indonesia dikala ini semakin gencar meminta pelanggan untuk upgrade kartunya biar mampu menikmati jaringan 4G. Selain itu, banyak operator yang memberikan bonus kuota internet kalau anda melakukannya. Dan anda tidak perlu cemas mengenai biaya karena penggantian kartu SIM 3G ke 4G gratis. Untuk itu, secepatnya datang di gerai operator selular anda secepatnya untuk mengganti.





9. Mencabut dan masukkan kembali kartu SIM





Kartu SIM bertujuan untuk mengkoneksikan smartphone anda ke cell tower atau BTS biar ponsel pintar mampu dihubungi oleh telpon, sms, maupun tersedianya koneksi internet. Bisa jadi alasannya adalah posisi kartu SIM yang agak miring maupun adanya abu menimbulkan koneksi internet anda menjadi pelan.





Kartu Sim




Untuk itu, silahkan anda cabut kartu SIM anda. Kemudian, bersihkan jikalau terlihat ada bubuk dengan tisu halus seperti tisu wajah atau kain microfiber dan anda dihentikan memakai tisu atau kain yang agresif.





10. Mengunjungi gerai operator selular





Jika kiat-kiat diatas tidak ada yang mampu menangani internet anda yang lambat, mungkin ini saatnya anda mengunjungi gerai atau kantor operator selular anda. Bisa jadi kartu SIM anda sudah rusak maupun alasannya adalah persoalan lain, sehingga kartu SIM anda mampu saja diganti. Penggantian kartu SIM lazimnya menyantap ongkos, namun tidak mahal adalah sekitar 10 ribu atau lebih. Siapkan juga KTP atau kartu identitas lainnya.





Selesai sudah cara mempercepat internet Android





Saya berharap postingan ini mampu menanggulangi segala keluhan internet lambat anda. Lalu, apakah ada tips lain yang bisa anda sarankan ke aku? Jika ada, silahkan anda tulis di kotak komentar ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar