"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Membuat Tombol Back Dan Next Dengan Action Script 3.0

Pada Materi Kita Kali ini kita akan membuat menu navigasi Back dan Next menggunakan Action Script 3.0. Dengan memakai Software Adobe Animate.


Pertama tama Disini Admin mengasumsikan bahwa kita telah biasa menggambar atau menciptakan tombol. Buatlah dua buah Tombol Back dan Tombol Next, dengan memanfaatkan sajian pada Tool Box. 
Setelah Selesai Menggambar Jangan lupa untuk melakukan convert objek menjadi symbol dengan Type Button dengan Registration tengah.


Selanjutnya pilih tombol back, lalu lihat panel properties, beri nama pada instance name dengan nama tombol_back. Lakukan hal yang serupa pada tombol next, beri nama pada instance name dengan nama tombol_next


Tambahkan 3 layer gres, dengan cara menekan icon New Layer.

Ubah Nama layer dengan cara klik layer dua kali kemudian layer_1 diganti menjadi navigasi, layer_2 diganti menjadi materi, layer_3 diganti menjadi Action_Script.


Pilih Frame 1 Layer Materi, Kemudian buatlah tulisan Ini ialah Layer 1.


Pilih Frame 2 Layer Materi, Kemudian Klik Kanan Pilih Convert to Keyframe dan ganti tulisan menjadi goresan pena Ini adalah Layer 2. Lanjutkan hingga Frame 5 pada layer Materi dengan cara sama seperti diatas.


Setelah tamat melaksanakan tahap diatas, Klik/pilih Frame 5 pada Layer Tombol_Navigasi, Kemudian kerjakan Klik kanan pilih Insert Frame


Setelah akhir melakukan tahap diatas, lanjutkan membuat Action Script nya semoga nantinnya tombol mampu berfungsi. Klik Kanan Frame 1 Layer Action_Script, Kemudian Pilih Actions. Ketik atau Copy Paste Action Script dibawah ini.



Lakukan test movie dengan cara menekan CTRL+ENTER pada Keyboard untuk melihat hasilnnya. Selamat mencoba semoga berhasil. Oya... untuk file jadi diatas bisa didownload pada link dibawah ini. Terimakasih sudah mampir di guruAnimasi.com (^_^)v



Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar