"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

10 Aplikasi Untuk Pc Baru Yang Wajib Anda Install


Memiliki komputer baru tentu saja ialah hal yang menggembirakan. Karena komputer baru ketika ini lebih cepat, lebih stabil, dan lebih bertenaga dibandingkan komputer-komputer sebelumnya. Sebelum anda gunakan komputernya, yuk pahami apa saja aplikasi PC baru yang wajib anda install. Dengan begitu, anda siap menggunakannya baik untuk bekerja maupun untuk hal lainnya.









1. Browser: Google Chrome





Internet dikala ini telah jadi hal yang biasa. Untuk itu, browser sungguh penting untuk anda install pertama kali. Walaupun Windows 10 memiliki browser sendiri yang bernama Microsoft Edge, banyak orang yang tidak menyukainya. Jika anda seperti itu juga, saya disini merekomendasikan Google Chrome. Kenapa?





Halaman Utama Situs Google Chrome




Untuk saat ini, Google Chrome menguasai pangsa pasar browser di desktop dengan persentase lebih dari 60%. Itu artinya, browser dari Google ini merupakan browser paling banyak dipakai. Bisa diambil kesimpulan bahwa Google Chrome saat ini memang sungguh gampang digunakan dan juga sungguh cepat, sehingga banyak orang yang memakainya.





Walaupun Chrome terdengar sangat elok, namun Chrome memiliki kelemahan. Banyak orang yang komplain bahwa Chrome sungguh boros RAM. Dan kalau komputer anda melambat alasannya adalah berbagai membuka tab di Chrome, ada browser alternatif yang bisa anda pakai mirip Mozilla Firefox dan Opera.









2. Streaming Music: Spotify





Industri musik dikala ini sudah banyak berubah. Dulu, kita harus mendownload lagu dan memutarnya dengan aplikasi mirip Windows Media Player. Bahkan jikalau anda pengguna komputer di tahun 2000-an, anda mengenal aplikasi bernama Winamp.





Di tahun 2020 ini, streaming music telah menjadi kebiasaan alasannya adalah kian murahnya ongkos internet dan internet saat ini mampu di peroleh dimana saja. Dan aplikasi streaming music yang paling populer saat ini ialah Spotify. Yang perlu anda lakukan yakni membuat akun dan anda eksklusif mampu mendengar jutaan musik dari seluruh dunia secara gratis.





Aplikasi Spotify Di Microsoft Store - Salah Satu Aplikasi Untuk PC Baru




Untuk meng-install aplikasi Spotify. Anda mampu memakai Microsoft Store. Caranya yakni buka Start hidangan dan ketik “store” dan tekan enter untuk membuka Microsoft Store. Kemudian, pada kotak pencarian, ketik “spotify” dan tekan enter. Silahkan klik “Install” untuk memasang Spotify di komputer anda.





Walau Spotify bisa anda gunakan gratis, akan ada iklan yang harus anda dengarkan dan juga lihat saat menggunakannya. Namun, anda mampu berlangganan semoga mampu menetralisir iklan.





3. Video Player: VLC Media Player





Karena aku sudah beberapa tahun memakai PC, saya sering sekali mengubah aplikasi yang saya gunakan, termasuk aplikasi untuk memutar video. Dan ketika ini, saya terus memakai VLC Media Player. Ada beberapa alasan kenapa saya memakai media player ini.





Halaman Utama Vlc Media Player




Alasan pertama adalah media player ini sangat cepat. Ketika aku klik dobel suatu video, tak perlu memakan banyak waktu untuk video tersebut langsung diputar. Alasan yang lain yaitu VLC mendukung aneka macam format video dan film. Dan aku eksklusif tidak pernah mengeluh sebab tidak mampu memutar video di format tertentu. Terakhir, alasannya aplikasi ini Open Source, tidak ada iklan yang muncul.





Namun kalau anda tidak senang dengan VLC, ada beberapa alternatif lain yang pernah saya gunakan. Contohnya adalah Media Player Classic dan GOM Media Player.









4. Produktivitas: Microsoft Office





Microsoft Office Word




Ketika anda menggunakan komputer, nyaris tidak mungkin jikalau anda tidak pernah membuka dokumen baik untuk melakukan pekerjaan maupun cuma untuk sekedar membaca. Saat ini, aplikasi office yang paling banyak orang pakai ialah Microsoft Office. Oleh alasannya adalah itu, memakai Microsoft Office merupakan pilihan utama dikala ini alasannya supaya mempertahankan kompatibilitas dokumen saat anda menerima file office dari rekan kerja maupun dari internet.





Microsoft Office mampu anda peroleh dengan 2 cara. Cara pertama yaitu membelinya sarat dan kedua adalah dengan cara berlangganan. Ketika anda berbelanja sarat , anda akan menerima semua aplikasi Office seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Access dan lain-lain. Namun, anda cuma mendapatkan update untuk keamanan saja dan tidak mendapatkan fitur baru ketika Microsoft merilisnya.





Sebagai pola, Microsoft Office terbaru saat ini yakni Microsoft Office 2019. Ketika anda membelinya, anda bisa menggunakan produk tersebut selama-lamanya. Namun ketika Microsoft merilis Office 2022, anda tidak bisa upgrade ke versi tersebut.





Cara kedua yakni dengan cara berlangganan dengan paket bernama Office 365 (sudah diubah menjadi Microsoft 365). Skema berlangganannya ialah bisa per bulan maupun per tahun. Microsoft juga menawarkan anda update keselamatan dan juga fitur baru selama anda terus berlangganan.





Jika anda tidak ingin membayar dan mau memakai aplikasi alternatif yang gratis, ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan. Salah satunya yaitu WPS Office. Aplikasi ini mempunyai kompatibilitas dengan file Microsoft Office yang sungguh tinggi. Namun kelemahannya adalah aplikasi ini acap kali menampilkan iklan dikala anda menggunakannya.





Berbeda dengan alternatif lain mirip LibreOffice. Aplikasi ini gratis dan bebas iklan. Namun kompatibilitas dengan file Microsoft Office tidak setinggi WPS Office, sehingga sering kali dikala membuka file Microsoft Office memakai WPS, ada beberapa bagian yang tidak cocok.









5. Kompres File dan Folder: 7-Zip





Pastinya nanti anda akan menjumpai file atau folder yang di kompres. Baik itu alasannya adalah ada batasan ukuran file dikala memakai email atau anda ingin mengarsipkan file atau folder lama. Dan dari semua aplikasi kompresi file dan folder, saya sangat menggemari 7-Zip dan anda juga akan menyukainya.





Aplikasi 7 Zip Windows




Aplikasi ini Open Source, sehingga ia gratis dan bebas iklan. Ukuran aplikasinya pun sangat kecil dan juga sungguh cepat. Aplikasi ini mampu melakukan kompresi dengan ekstensi file .7z yang ketika aku gunakan, hasil kompresinya lebih anggun dibandingkan dengan .zip maupun .rar. Namun, anda juga bisa membuka .zip dan .rar serta ekstensi kompresi yang lain dengan mudah.





Biasanya, banyak teman anda mungkin menyarankan aplikasi Winrar. Namun perlu diingat bahwa Winrar adalah aplikasi berbayar. Saya kira aplikasi 7-Zip ini sudah lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari anda. Alternatif lain yang bisa anda pakai yaitu Peazip. Aplikasi ini juga bersifat Open Source, namun saat saya menggunakannya, performanya tidak secepat 7-Zip.









6. Screenshot: ShareX





Aplikasi PC baru yang lain yang sungguh disarankan yakni aplikasi untuk menangkap layar atau Screenshot. Untuk melaksanakan Screenshot, sesungguhnya Windows 10 sudah menyediakannya yakni aplikasi Snip & Sketch. Namun aplikasi tersebut tidak mempunyai fitur yang lengkap. Saya mempunyai saran lain buat anda yakni aplikasi ShareX.





Aplikasi PC Baru: Sharex




Sama seperti 7-Zip, aplikasi ini berbentuk Open Source, sehingga gratis dan bebas iklan. Selain itu, banyak sekali fitur-fitur yang ditanamkan, bahkan anda mampu mengambil animasi GIF dengan gampang. Selain itu, telah ada editor gambar yang siap di gunakan untuk mengedit gambar anda.





Alternatif lain yang bisa anda gunakan Greenshot. Jangan khawatir juga, Greenshot juga berbentuk Open Source. Namun, Greenshot ini tidak memiliki fitur untuk membuat animasi GIF.









7. PDF Reader: Foxit Reader





Aplikasi PC Baru: Foxit Reader Windows




Sama mirip sebelumnya, Windows 10 juga sudah membenamkan aplikasi untuk melihat PDF. Karena fiturnya kurang lengkap, saya menyarankan anda untuk menggantinya. Aplikasi yang aku sarankan yaitu Foxit Reader.





Tampilannya sungguh seperti dengan aplikasi Microsoft Office sehingga tidak butuhbanyak waktu untuk mempelajari bagaimana cara menggunakannya. Selain itu dalam membuka file PDF, aplikasi ini cukup cepat dan fitur-fitur mirip memberikan komentar, anotasi, dan pinjaman Bookmark juga tersedia.





Namun bila kecepatan dalam membuka file PDF ialah nomor satu, aplikasi SumatraPDF bisa jadi opsi anda. SumatraPDF secara instan akan membuka file PDF ketika anda klik dobel. Kekurangannya ialah fiturnya yang tidak selengkap Foxit Reader.









8. Editor Gambar: Gimp





Editor gambar yang umum orang gunakan adalah Adobe Photoshop. Namun, anda tidak perlu membeli software yang mahal itu hanya untuk mengedit foto, kecuali anda adalah seorang yang memang bekerja dalam dunia edit foto. Aplikasi alternatif yang bekerjsama sungguh powerful dan gratis yaitu Gimp.





Aplikasi Gimp Windows




Gimp sudah usang menjadi alternatif pilihan untuk editor gambar. Mengingat fiturnya yang lumayan banyak dan juga gratis, sungguh disayangkan jika anda eksklusif berbelanja Photoshop dengan harga mahal. Saat ini, belum ada yang bisa menandingi aplikasi Open Source ini. Jika ingin alternatif lain, ada aplikasi bernama Paint.NET, namun fitur-fiturnya tidak selengkap Gimp.









9. Penganalisa Penggunaan Ruang Harddisk/SSD: Windirstat





Ruang harddisk atau SSD sungguh terbatas. Kecuali anda yaitu orang yang sering memperhatikan ukuran file yang tersimpan, maka anda butuh aplikasi yang dapat mengenali file atau folder apa yang mempunyai ukuran yang besar. Cara paling gampang ialah dengan menggunakan aplikasi Windirstat.





Menggunakan Windirstat




Saya sebelumnya sudah membahas secara eksklusif perihal cara penggunaan Windirstat. Intinya, aplikasi ini dapat mendapatkan file atau folder apa yang mengkonsumsi banyak ruang dan di representasikan dalam bentuk grafik warna mirip gambar diatas.









10. Download Manager: Free Download Manager





Halaman Utama Free Download Manager




Aktivitas download juga dikala ini merupakan hal yang lumrah. Untuk itu, anda perlu aplikasi khusus yang mampu mengatur file yang ingin anda download. Dan usulan aku yakni aplikasi Free Download Manager (FDM). Aplikasi ini sekali lagi gratis dan Open Source serta tanpa iklan. Dukungan mendownload Torrent juga ada di aplikasi ini. Aplikasi seperti FDM ini memungkinkan kita untuk mendownload dengan kecepatan optimal dan jauh lebih cepat jikalau dibandingkan download lazimdi browser.





Jika anda mempunyai duit lebih, anda bisa membeli aplikasi Internet Download Manager (IDM). Aplikasi tersebut juga sangat manis untuk melaksanakan download. Namun saya perhatikan, seluruh fitur yang ada di IDM telah ada di FDM. Selain itu, yang membuat aku sayangkan yakni FDM belum memiliki fitur untuk mendownload video Youtube.









PC Baru anda sudah siap dengan aplikasi-aplikasi esensial





Aplikasi PC gres anda sudah siap buat anda pakai bekerja maupun sebagai media hiburan. Namun tidak cukup itu saja, pastikan anda senantiasa meng-install update dan driver terbaru dan melaksanakan meningkatkan secara optimal Windows 10 sehingga komputer anda terasa seperti baru terus menerus. Lalu, apakah ada aplikasi gres untuk PC yang anda rekomendasikan? Yuk berikan komentar anda di kotak komentar dibawah.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar