"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Beda Modem Dan Router – Penjelasan Lengkap!


Jika anda terpesona dengan dunia jaringan komputer, pastinya anda pernah mendengar perumpamaan Modem dan Router. Dua perangkat tersebut saling berketerkaitan satu sama lain. Namun, banyak orang yang menilai modem dan router yakni perangkat yang serupa. Lalu, apa sesungguhnya beda modem dengan router? Yuk peroleh jawabannya di artikel ini.









Apa itu Modem?





Modem yaitu perangkat yang mempunyai fungsi untuk menerjemahkan sinyal masuk dan keluar dari ISP (Internet Service Provider) atau pemasoklayanan internet menuju perangkat anda dan sebaliknya. Dengan adanya modem, perangkat anda dapat menerima dan mengirim data dengan format yang sudah disesuaikan.





Untuk terhubung internet, ada berbagai jenis sinyal dan cara sehingga anda bisa berinternet. Jika anda menggunakan smartphone, maka anda menggunakan sinyal Radio untuk mendapatkan internet. Jika anda menggunakan Wi-fi di rumah, maka media fiber optic yang bahwasanya anda pakai. Selain 2 medium tersebut, internet mampu terkirim juga melalui satelit dan juga sinyal elektrik.





Ilustrasi Sinyal




Smartphone atau laptop anda tidak mampu langsung mendapatkan sinyal-sinyal diatas tersebut. Modem lah yang mau melaksanakan konversi menuju sinyal digital yang dapat dipahami oleh perangkat anda. Ketika anda melaksanakan pengantaran data mirip upload foto di Instagram, maka modem di ponsel pintar anda mengganti sinyal digital menjadi sinyal radio yang mampu dikenali oleh perangkat radio dari operator selular anda.





Kesimpulannya, Modem yang mempunyai kepanjangan Modulator-Demodulator mempunyai 2 fungsi. Modulator maksudnya adalah mampu merencanakan data untuk dikirim. Sedangkan Demodulator maksudnya yaitu dapat mengekstrak informasi yang berasal dari sinyal luar.





Modem mempunyai beberapa macam yang disesuaikan dengan jenis koneksi internet anda. Modem untuk internet rumahan pasti berlawanan dengan modem untuk sinyal 4G/5G di smartphone. Untuk internet rumahan seperti Indihome, Indosat M2, Biznet dan lain-lain, anda membutuhkan Modem Kabel.











Sedangkan untuk sinyal 4G, anda membutuhkan Modem LTE. Modem LTE ini tentu telah ada di ponsel pintar anda, sehingga anda tidak perlu memikirkannya. Sebagai contoh, Qualcomm selain menciptakan prosesor Snapdragon, juga membuat modem. Contoh modem Qualcomm yang paling kuat dikala ini yakni Snapdragon X60 5G Modem.





Apa itu Router?





Perangkat Router
Router




Router yaitu perangkat yang berfungsi untuk menciptakan jaringan setempat sehingga bila anda memiliki banyak perangkat di satu kawasan, mereka semua mampu saling bertukar data. Misalnya saja jika anda dirumah memiliki perangkat router, anda mampu dengan gampang melaksanakan copy foto dari smartphone ke laptop tanpa memakai kabel.





Pertanyaannya adalah apakah anda memerlukan router bila ingin berinternet? Jawabannya yakni tidak. Router cuma digunakan dikala anda ingin berinternet dengan banyak perangkat. Sehingga, Router tidak wajib anda pakai dikala ingin memakai internet. Router akan sangat menolong ketika dipasang di perkantoran agar semua karyawan dapat mengakses file dengan mudah tanpa perlu mengunjungi sahabat kerja secara pribadi.





Sehingga fungsi utama dari Router yaitu menertibkan jalur koneksi antar perangkat dan menciptakan rute (route) agar data mampu sampai di setiap perangkat tersebut.





Ilustrasi Jaringan Antar Perangkat (Wireless Router)
Wireless Router




Seluruh Router modern mempunyai perangkat Switch yang menciptakan anda bisa mengakses data dan internet memakai port RJ-45 yang tersedia. Jika anda memiliki Wifi di rumah, maka perangkat tersebut bernama Wireless Router yang didalamnya juga ada perangkat Modem, dimana anda mampu terkoneksi dengan internet tanpa kabel.





Router mampu anda gunakan walau anda tidak memiliki koneksi internet. Namun fungsinya hanyalah sebatas saling menyebarkan file bagi perangkat yang terkoneksi dengan Router.





Perbedaan Modem dan Router





Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Modem berfungsi untuk mengkoneksikan perangkat anda dengan internet sehingga Modem bertindak sebagai jembatan menuju akses internet. Router disini hanya berfungsi untuk menciptakan jaringan setempat. Tanpa modem, anda tidak bisa terkoneksi internet.





Kombinasi antara Modem dan Router membuat anda mampu berinternet dengan banyak perangkat. Sangat berlawanan bila anda tidak memiliki Router, dimana anda hanya bisa berinternet dengan satu perangkat saja.





Halaman Dhcp Server Pemberian Alamat Ip Pengaturan Router




Jika di kombinasikan, Router berfungsi untuk memastikan setiap perangkat mendapatkan jalur mengakses internet. Caranya yaitu dengan memperlihatkan alamat IP (IP Address) setempat untuk setiap perangkat yang terhubung. Seperti gambar diatas, gambar tersebut di ambil dari halaman pengaturan di Router. Ada 5 perangkat yang terkoneksi ke Router dan Router secara otomatis memberikan alamat IP-nya. Ini semua berkat fitur yang bernama DHCP Server. Ketika Modem menawarkan sinyal internet ke Router, Router akan membaginya ke setiap perangkat secara adil.





Biasanya Modem dan Router yang kita dapatkan sudah menjadi 1 perangkat





Banyak orang masih resah beda Modem dan Router sebab kedua perangkat ini lazimnya menjadi satu. Seperti yang saya diskusikan sebelumnya, jikalau anda menggunakan Wifi di rumah seperti Indihome, maka perangkat yang diberikan oleh pihak Telkom itu merupakan variasi Modem dan Router.





Jika anda ingin berbelanja perangkat yang terpisah, anda masih bisa menemukannya di toko komputer maupun toko online. Atau bisa jadi anda hanya ingin berbelanja Router tanpa modem, sehingga seluruh perangkat yang ada dapat saling bertukar data.





Sekarang sudah mengerti kan beda Modem dan Router?





Bagi anda siswa atau mahasiswa yang gres belajar jaringan komputer, aku percaya postingan ini telah cukup jelas mengambarkan perbedaannya. Lalu, apakah anda masih mempunyai pertanyaan perihal beda Modem dan Router? Yuk silahkan ketik di kotak komentar.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar