"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Apa Itu Apu? Penjelasan Lengkap Accelerated Processing Unit!


Istilah APU atau Accelerated Processing Unit mungkin jarang kita dengar walaupun anda sering mengikuti isu perihal teknologi. APU merupakan istilah marketing yang dibentuk oleh AMD untuk menjual produk mereka. Di artikel ini, saya akan coba diskusikan apa itu APU dan apa perbedaannya dengan CPU dan GPU.









Apa itu APU?





APU yaitu variasi antara CPU/Prosesor dan GPU/Kartu grafis di dalam satu chip. Dengan begitu, prosesor dan kartu grafis berada di satu tempat dan tidak terpisah. AMD bukanlah yang pertama mempunyai inspirasi menyatukan CPU dan GPU dalam satu kawasan, tetapi AMD mengklaim bahwa APU ini bisa mampu membuat komputer anda bermain game dengan mutu yang lebih baik.





Amd Ryzen Apu
Sumber: Techarp




Seperti gambar diatas, bisa anda lihat bahwa prosesor dan juga kartu grafis berada dalam satu chip. Kombinasi antara prosesor Ryzen dengan Vega Graphics dalam satu chip menimbulkan ungkapan yang dinamakan APU. Lalu, apa saja keunggulan APU ini? Yuk mari kita simak kelebihan APU.





Kelebihan APU





Berikut keunggulan APU bila dibandingkan dengan kombinasi CPU + GPU:





  1. APU lebih efisien dibandingkan CPU + GPU alasannya kedua unsur tersebut berdekatan dan bisa saling mengembangkan resource dengan gampang.
  2. Mengurangi konsumsi daya sehingga tagihan listrik anda tidak terlampau tinggi.
  3. Konsumsi daya yang rendah menciptakan panas yang dihasilkan bisa di minimalkan.
  4. Performa meningkat karena jarak CPU dan GPU makin bersahabat.
  5. Harga bikinan menjadi lebih hemat biaya sehingga APU mampu anda beli dengan harga terjangkau bila dibandingkan anda berbelanja CPU dan GPU terpisah.




Haruskah anda berbelanja APU?





Jawabannya tidak. Walau APU mempunyai keunggulan yang sangat menawan, APU tetap tidak bisa dipakai untuk semua skenario. APU sangat sesuai bagi kita yang membangun komputer dengan duit terbatas tanpa harus membeli kartu grafis dedicated. Jika anda mempunyai duit terbatas, menentukan APU yakni opsi terbaik sebab anda tidak perlu pusing mencari duit berbelanja kartu grafis dedicated.





Amd Apu




Jika anda seorang gamer dengan game yang memiliki system requirement tinggi, membeli CPU dan GPU terpisah masih menjadi pilihan utama. Ini semua alasannya ukuran APU sesungguhnya sama atau mungkin lebih besar sedikit dibandingkan dengan CPU yang umum kita gunakan. Karena ukurannya sama, penampilan yang dihasilkan pun terbatas kalau dibandingkan anda membeli kartu grafis dedicated.





Istilah APU ketika ini lebih melekat terhadap AMD. Namun, Intel juga bekerjsama memiliki produk yang sama, hanya saja mereka tidak memasarkannya dengan nama APU. Jika anda membeli laptop berbasiskan prosesor Intel, kemungkinan besar laptop anda telah mempunyai kartu grafis bernama Intel HD Graphics. Begitu juga dengan prosesor Ryzen milik AMD, dimana laptop dengan prosesor Ryzen juga memiliki AMD Vega Graphics.





Apakah APU mampu dikombinasikan dengan GPU Dedicated?





Ya, tentu mampu. Jika komputer anda sebelumnya memiliki APU, anda bisa berbelanja GPU lagi untuk memajukan penampilan grafis. Jika dikombinasikan, maka komputer secara otomatis akan menggunakan APU ketika pekerjaan yang anda lakukan ringan. Contohnya kalau anda cuma browsing, menonton video, dan mendengarkan musik, komputer anda secara otomatis hanya menggunakan APU dan tidak memakai GPU dedicated. Dengan begitu, konsumsi daya komputer anda tetap rendah.





Task Manager 2 Kartu Grafis Windows




Namun bila anda mulai bermain game, komputer akan eksklusif memakai kartu grafis dedicated anda sehingga performanya meningkat. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, laptop aku mempunyai 2 kartu grafis. Pertama ialah Intel HD Graphics, dimana kartu grafis ini yang senantiasa digunakan dikala pekerjaan yang aku kerjakan hanya yang ringan saja. Ketika saya bermain game, maka kartu grafis dedicated saya adalah AMD Radeon 520 yang hendak dipakai.





Sekarang anda telah paham apa itu APU





Artikel ini mampu jadi rujukan anda dalam berbelanja komputer atau laptop gres. Jika dana anda terbatas, berbelanja komputer dengan APU yakni opsi yang bijak. Jika anda tak ingin prosesor milik AMD, anda bisa membeli prosesor Intel yang mempunyai kartu grafis Intel HD Graphics. Lalu, apakah anda mempunyai pertanyaan lain tentang apa itu APU? Berikan komentar anda di bawah ya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar