"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Bahyudin Nor - Desain Membuat Stempel Dengan Corel Draw


Oke Guys, kali ini kita akan membuat desain stempel yang mudah memakai Corel Draw. Untuk versi stempel banyak bentuk dan ukurannya.. Ada yang berupa kotak,bulat,oval dan sebagainya..

Untuk rancangan stempel kali ini kita memakai desain yang berbentuk bundar, Umumnya stempel lingkaran ukuran diameter 3,5 cm dan 4 cm. Nanti mimin akan diskusikan ukuran-ukuran untuk stempel di artikel berikutnya..

Baiklah, pribadi saja kita ikuti langka-langkah membuat stempel lingkaran, kita gunakan ukuran tolok ukur stempel yang paling banyak digunakan ialah 4cm.

Pertama
Kita buat bundar menggunakan Ellipse Tool(F7)

Kedua
Kursor ke Pick Tool, lalu klik di luar lingkaran. Kemudian ubah ukuran satuannya menjadi Centimeters, seleksi objek lingkaranya kemudian rubah object sizenya menjadi 4 cm dan tekan enter bila sudah. Perbesar objek dengan menscrol mouse.

Ketiga
Copy Object bundar tersebut (Seleksi dulu bulat dengan Pick Tool), lalu klik kiri tahan sambil tekan shift semoga objek proporsional, kemudian tarik kedalam lalu klik kanan mouse. Lakukan sekali lagi untuk object bundar yang di tengah

Keempat
Buat tulisan dengan menggunakan text tool (F8)

Kelima
Seleksi Tulisannya, lalu pilih menu Text > Fit Text to Path

Keenam
Maka kursor akan berubah menjadi lengkungan path, lalu arahkan posisi ke dalam objek bulat tersebut. Kecilkan tulisannya, lalu untuk memposisikan tulisan ketengah bulat, sleksi tulisannya dengan pick tool lalu klik kiri tahan dan tarik ke arah tengan dalam bulat. Dan Tebalkan Font nya dengan Bold.

Ketujuh
Buat lagi tulisan disdikpora, sleksi tulisan disdikpora,lalu ke menu Text > Pilih Fit Text to Path letakan kedalam bundar dan sesuaikan posisinya (klik mirror text horizontally & vertically). Untuk mengatur jarak spasi tulisannya kita mampu gunakan Shape Tool (F10) lalu geser

Kedelapan
Buat Object Star dengan memakai Star Tool yang ada di Tool Box, warnai dengan warna hitam posisikan seperti acuan pada gambar. Btw, jangan lupa text nya di Ctrl+Q biar mampu di rubah-rubah.

Kesembilan
Buat persegi memakai Rectangle Tool, kemudian seleksi persegi dan bulat yang didalam. Kemudian pilih intersect yang ada di jendela shaping. Buang atau delete persegi yang usang..

Kesepuluh
Buat tulisan SMK Negeri 5, sesuaikan ketebalan dan ukurannya. Lalu letakkan di tengah persegi.

Untuk mengontrol rata tengah, seleksi tulisan dan objectnya kemudian tekan tombol C dan tombol E. Sebelumnya sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Bagaimana, cukup mudahkan sahabat desain :)

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar