"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

5 Cara Cepat Membuka Aplikasi Di Windows


Bagaimana cara anda membuka aplikasi jika menggunakan komputer? Biasanya anda mencari shortcut di desktop dan melaksanakan klik 2 kali. Atau, anda mencari di Start menu. Disini, aku akan membicarakan 5 cara cepat membuka aplikasi di Windows yang mampu saja tidak pernah anda tahu sebelumnya.









Di postingan ini, anda akan mempelajari aneka macam cara dalam membuka aplikasi di Windows. Sehingga, anda tidak terpaku dengan cara-cara lama dan mungkin cara alternatif ini dapat dipakai untuk berbagai suasana dan kondisi. Langsung saja, ini ia 5 cara cepat membuka aplikasi di Windows yang saya urutkan menurut yang paling mudah.





1. Membuka aplikasi lewat Kotak Pencarian Start





Membuka Aplikasi Dari Start Menu Windows




Cara ini mungkin masih sangat jarang digunakan dan saya percaya, anda lebih menyukai cara ini dibandingkan cara lainnya. Caranya yakni tekan tombol Start di keyboard anda dan mulai ketik nama aplikasi yang ingin anda buka dan tekan tombol enter. Misalnya saya membuka aplikasi Notepad. Dengan mengetik, anda tidak perlu mencari shortcut di desktop maupun di Start Menu.





Bahkan tidak hanya aplikasi, anda mampu mengetik nama dokumen, foto, musik, maupun video dan konten yang anda mau akan timbul. Saya sungguh sering memakai cara ini dan aku telah tidak pernah lagi repot mencari file maupun aplikasi.





2. Membuka aplikasi yang berada di Taskbar





Tidak seperti cara sebelumnya, dimana anda mampu membuka aplikasi apapun asalkan aplikasi tersebut telah terinstall, cara ini hanya dapat dijalankan kepada aplikasi yang berada di Taskbar.





Taskbar Dengan Aplikasi




Caranya adalah dengan memakai tombol Windows lalu dibarengi dengan urutan icon dari aplikasi yang ada di Taskbar. Pada gambar diatas, urutan aplikasinya ialah sebagai berikut:





  1. Microsoft Edge
  2. File Explorer
  3. Store
  4. Task Manager




Jika anda ingin membuka “Store”, maka tekan tombol WIN + 3. Lakukan hal tersebut untuk aplikasi yang lain.





Pin Aplikasi Ke Taskbar Windows




Untuk memindahkan aplikasi yang terpasang ke Taskbar, anda bisa mencarinya dengan cara pada kiat pertama. Kemudian, klik kanan pada aplikasi tersebut dan klik “Pin to taskbar”.





3. Membuka aplikasi dengan tombol shortcut





Cara ini sebenarnya lebih singkat daripada kiat pertama Namun, anda harus mengendalikan tombol shortcut-nya untuk setiap aplikasi yang ingin anda lakukan.





Klik Kanan Properties Aplikasi




Untuk mengendalikan shortcut untuk aplikasi yang dikehendaki, silahkan gunakan tips sebelumnya. Namun yang berbeda yaitu anda klik kanan aplikasinya dan klik “properties” mirip gambar diatas.





Memberikan Shortcut Ke Aplikasi




Pada kolom “Shortcut key:”, silahkan berikan tombol shortcut untuk aplikasi tersebut (dalam pola ini, aplikasi yang dipakai adalah Windows Media Player). Tombol shortcut mesti berawalan CTRL + ALT. Seperti gambar diatas, saya membuat shortcut CTRL + ALT + W. Jika telah, klik OK.





Setelah anda mengaturnya, anda mampu membuka aplikasi Windows Media Player kapanpun anda membutuhkannya dengan tombol shortcut yang baru saja dibentuk.





Namun, cara ini mewajibkan anda untuk menghafal shortcut keyboard yang anda buat. Tapi jika anda sering menggunakan cara ini, tentu saja usang kelamaan akan hafal dengan sendirinya.





4. Membuka jendela gres dari aplikasi yang terbuka





Banyak aplikasi yang membolehkan anda untuk membuka 2 atau lebih jendela untuk satu aplikasi. Contohnya yaitu File Explorer. Anda bisa membuka aplikasi tersebut sebanyak apapun.





Agar lebih singkat, anda bisa memakai tombol scroll untuk membuka jendela gres di aplikasi yang serupa. Arahkan kursor anda ke aplikasi yang terbuka di Taskbar dan tekan tombol SCROLL/GULIR yang ada di mouse anda layaknya anda mengklik kiri maupun kanan mouse anda.





5. Membuka aplikasi lewat Run (WIN + R)





Run adalah aplikasi yang telah ada di semua Windows yang dapat membuka direktori, meluncurkan aplikasi, dan melaksanakan beberapa perintah. Dari judulnya saja, anda mampu membuka Run dengan cara menekan tombol WIN + R.





Menjalankan Aplikasi Lewat Run




Setelah dibuka, anda mampu membuka aplikasi dengan mengetik nama file aplikasi yang ingin dibuka. Misalnya saja anda ingin membuka Windows Media Player, anda cukup mengetikkan “wmplayer” dan tekan enter.





Mengetahui Nama File Aplikasi Di Task Manager




Sebelumnya, aku menyampaikan ribet karena anda mesti tahu nama file aplikasi tersebut jikalau ingin membuka aplikasi melalui Run. Untuk mengetahui nama file-nya, anda bisa  membuka Task Manager lalu klik tab “Details”. Untuk Windows Media Player, nama file-nya seperti pada gambar diatas.





Cara ini bekerjsama anggun untuk membuka aplikasi, tetapi anda mesti mengenali nama file-nya. Cara ini sengaja saya taruh paling bawah dan mungkin bisa anda gunakan dikala anda tidak bisa mengakses Start Menu atau desktop sama sekali dikala Windows anda error.





Artikel cara cepat membuka aplikasi di Windows pastinya sangat menghemat waktu bukan?





Dari semua cara diatas, yang mana yang paling anda suka? Jika anda punya cara lain, jangan sungkan untuk menulisnya di kotak komentar. Siapa tahu cara anda kami masukkan ke artikel ini.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar