"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

7 Cara Mengurangi Penggunaan Ram Di Windows


Seringkah anda membuka Task Manager dan melihat seberapa banyak penggunaan RAM? Jika banyak sekali aplikasi yang memakai RAM anda, maka komputer akan melambat. Untuk itu, anda perlu mengenali tips bagaimana cara menghemat penggunaan RAM di Windows.









Apa itu RAM?





Dimm Dan So Dimm Ram
RAM DIMM untuk Desktop (atas) dan SO-DIMM untuk Laptop (bawah)




Sebelum kita mulai membicarakan judul postingan ini, kita bahas dulu secara singkat apa itu RAM. RAM atau Random Access Memory adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan seluruh proses dari aplikasi yang sedang anda jalankan. Misalnya saat anda membuka Microsoft Word, maka seluruh komponen untuk melakukan Microsoft Word akan dipindah dari perangkat penyimpanan mirip harddisk atau SSD ke RAM.





Sebaliknya, kalau anda menutup Microsoft Word, prosesnya akan dimatikan sehingga mampu dipakai untuk aplikasi lain. Kesimpulannya, bertambah banyak kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi yang bisa anda buka secara bersamaan.





RAM bersifat Volatile, yang artinya semua data yang ada di RAM akan terhapus bila tidak di aliri listrik. Sehingga, anda perlu menyimpan data anda di harddrive sebelum anda mematikan komputer.





Cara Mengurangi Penggunaan RAM di Windows





Berikut ialah beberapa cara yang bisa and agunakan untuk meminimalkan penggunaan RAM. Langsung saja, ini beliau caranya:





1. Melakukan restart komputer





Windows memperkenalkan fitur Fast Startup mulai dari Windows 8 dan digunakan hingga Windows 10. Dengan fitur ini, ketika anda melaksanakan shut down komputer, semua proses pada RAM akan dipindahkan ke harddrive. Manfaatnya yaitu komputer anda bisa menyala lebih cepat alasannya tidak perlu memproses ulang data tersebut dan eksklusif mengambilnya di harddrive.





Hal ini tidak terjadi di Windows 7. Ketika shut down, Windows anda meniadakan data yang ada di RAM dan memproses ulang semuanya ketika komputer dihidupkan.





Karena fitur fast startup ini, bisa jadi Windows anda masih menyimpan data-data yang tidak dipakai selama anda memakai komputer. Restart akan meniadakan seluruh data yang ada di RAM dan memuat ulang sehingga penggunaan RAM bisa dikurangi.





Anda bisa melaksanakan restart komputer seminggu sekali atau dikala anda mulai merasa bahwa penggunaan RAM telah tinggi.





2. Menonaktifkan aplikasi saat startup





Saat anda menyalakan komputer, ada beberapa aplikasi yang pribadi jalan tanpa sepengetahuan anda. Hal ini menciptakan penggunaan RAM meningkat. Anda bisa mengatur aplikasi tersebut dan menonaktifkannya.





Startup Di Task Manager




Caranya adalah tekan tombol CTRL + Shift + ESC untuk membuka Task Manager. Kemudian, pilih aplikasi yang berdasarkan anda tidak perlu diangkut secara otomatis saat komputer nyala dan klik “Disable” pada bab bawah kanan Task Manager. Hal ini tidak meniadakan aplikasi tersebut dan hanya menonaktifkannya saja.





3. Menganalisa penggunaan RAM





Setiap aplikasi yang berjalan, tentu saja menggunakan ruang kosong di RAM. Tapi apakah anda tahu seberapa banyak yang digunakan? Seperti kiat sebelumnya, anda mampu menggunakan Task Manager untuk mengetahuinya.





Task Manager Dengan Penggunaan Tinggi




Buka Task Manager dan pada bab “Process”, anda bisa menyaksikan aplikasi yang berlangsung dan seberapa banyak penggunaan RAM-nya. Seperti gambar diatas, mampu anda lihat bahwa aplikasi Firefox yang saat ini menggunakan banyak RAM. Untuk browser, anda mampu menutup tab yang tidak anda pakai dan penggunaan RAM akan menurun dengan sendirinya.





4. Menggunakan aplikasi alternatif yang memakai RAM lebih sedikit





Aplikasi seperti browser saat ini sungguh menyedot penggunaan RAM. Untuk itu, anda bisa mencari alternatif browser lain bila perlu. Sebelum itu, kita perlu mengecek kira-kira browser mana yang lebih banyak memakai RAM. Caranya sama mirip kiat sebelumnya adalah memakai Task Manager.





Membandingkan Penggunaan Ram Task Manager




Disini, aku mengetes 2 browser populer, yakni Google Chrome dan Mozilla Firefox. Saya memakai extention yang serupa di 2 browser tersebut dan sama-sama memakai versi modern. Kemudian, aku mengakses 5 situs di 2 browser tersebut. Hasilnya ternyata, penggunaan RAM untuk Firefox lebih tinggi daripada Chrome.





Lakukan hal yang serupa juga dengan aplikasi lain. Untuk melihat dokumen PDF, aku sarankan anda memakai aplikasi SumatraPDF. Lakukan hal yang sama dengan aplikasi lain jikalau memungkinkan.





5. Melakukan scan malware jahat





Virus dan malware jahat yang lain dapat memajukan penggunaan RAM anda. Selain itu, Windows anda mampu error dan terkena problem lainnya. Seluruh pengguna Windows 10 bisa tenang alasannya adalah Windows Defender (Windows Security di Windows 10 versi terbaru) sudah terpasang dikala anda install Windows 10. Namun, perlu anda cek apakah antivirusnya berjalan atau tidak.





Windows Security Dashboard




Buka Start dan ketik “windows security” dan tekan enter. Jika semua status berwarna hijau, itu artinya komputer anda telah terproteksi. Untuk keamanan lebih lanjut, aku merekomendasikan anda untuk memakai aplikasi Malwarebytes dan melakukan scanning dengan aplikasi tersebut.





6. Menggunakan ReadyBoost





Fitur ini telah ada semenjak Windows Vista. Saya pun sudah pernah membicarakan ReadyBoost di artikel sebelumnya. Intinya, anda mampu menggunakan Flash Disk sebagai ‘pemanis RAM’. Namun, Hal ini hanya berlaku untuk komputer yang masih menggunakan harddisk. Jika komputer anda telah memakai SSD, anda tidak akan mendapatkan penambahan kecepatan apapun.





Untuk hasil maksimal, direkomendasikan anda menggunakan flash disk dengan kapasitas 2x dari kapasitas RAM. Jika anda mempunyai komputer dengan RAM 4 GB, disarankan anda memakai flashdisk dengan 8 GB dan begitu seterusnya.





Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya, anda mampu membaca artikel Cara Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Memanfaatkan Windows ReadyBoost ini.





7. Membeli RAM gres





Beli RAM V-Gen 4 GB untuk laptop




Jika dirasa masih kurang cukup, tidak ada cara lain selain anda menambah RAM gres. Opsi ini juga menjadi opsi yang paling baik, walaupun karenanya anda mesti menyisihkan duit. Dengan aplikasi komputer yang kian banyak fiturnya, RAM pun kapasitas besar pun sangat diperlukan.





Jika anda menyaksikan laptop baru, seluruhnya sekarang memiliki RAM sekurang-kurangnya4 GB. Tidak seperti dulu yang sekurang-kurangnya2 GB.





Jika anda telah siap berbelanja RAM baru, saya sebelumnya telah menulis postingan 6 Cara Membeli RAM Yang Tepat (RAM Buying Guide) yang mampu dijadikan referensi.





Selesai sudah postingan cara meminimalisir penggunaan RAM di Windows





Saya yakin ketika anda telah melaksanakan kiat diatas, anda mampu meminimalkan penggunaan RAM dan komputer anda akan terasa lebih cepat. Lalu, dari semua kiat diatas, yang mana yang paling anda sukai? Yuk berikan komentar anda di kotak komentar dibawah.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar