"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Administrasi Aplikasi Di Windows: Tips Super!


Semua orang tahu bahwa Windows adalah sistem operasi yang mampu anda pasang banyak sekali aplikasi yang lain. Misalnya saja anda install Microsoft Office di Windows. Intinya, Windows hanyalah sebuah kawasan untuk menampung aplikasi yang anda pasang. Yang paling penting sebenarnya yaitu bagaimana manajemen aplikasi di Windows agar anda jadi lebih produktif dan menghemat waktu anda.









Nah di postingan ini, anda akan segera tahu panduan super dalam memanajemen aplikasi di Windows. Tips-tips ini mesti anda terapkan dan kebiasaan lama anda semestinya tidak boleh dengan tips yang ada di sini. Saya yakin, kiat-tips ini mampu mengembangkan produktivitas anda dan meminimalkan waktu berharga anda.





1. Atur desktop seminimalis mungkin





Desktop ialah hal pertama yang anda lihat ketika masuk di Windows. Biasanya kita meletakkan berbagai shortcut supaya kita mampu meluncurkan aplikasi dengan segera. Namun jika terlalu banyak, akan terlihat sungguh berantakan.





Windows 10 Desktop Dengan Wallpapaer Quote




Bisa dilihat pada gambar diatas, banyaknya shortcut mampu membuat penampilan desktop anda terlihat semrawut. Lagipula, tidak semua shortcut yang ada di desktop akan kita laksanakan. Coba bandingkan dengan desktop aku ketika ini.





Windows 10 Desktop Dengan Wallpapaer Quote Tanpa Shortcut




Gambar diatas merupakan desktop aku dikala ini. Sangat simple sekali bukan? Saya sangat menggemari desktop ini, alasannya adalah biasanya aku memasang wallpaper panorama atau wallpaper yang terdiri dari quote untuk penyemangat hari. Dengan begitu, anda jadi lebih inspiratif dan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan .





Klik Kanan Desktop Show Desktop Icon Windows




Anda dapat dengan mudah menyembunyikan semua shortcut yang ada di desktop dengan cara klik kanan di desktop > View > Klik “Show desktop icon”, sehingga tanda centang disebelah kirinya hilang. Maka semua shortcut akan disembunyikan. Anda dapat melakukan cara diatas lagi untuk memunculkan shortcut-nya.





Lalu pertanyaannya, bagaimana anda dapat melaksanakan aplikasi kalau shortcut-nya disembunyikan? Nah, ada aneka macam cara untuk melakukannya dan dijamin jauh lebih singkat dari cara usang. Simak saja langkah selanjutnya.





2. Menjalankan aplikasi memakai Search di Start





Kolom pencarian di Search sangatlah penting. Anda bisa mencari data apa saja melalui Search, termasuk aplikasi yang terpasang di Windows. Cara ini jauh lebih cepat dibandingkan anda mesti mencari icon aplikasinya di desktop.





Membuka Aplikasi Dari Start Menu Windows




Untuk mencari aplikasi, buka Start dan ketik nama aplikasinya. Misalnya anda ingin membuka Notepad, ketik saja “notepad” dan tekan saja enter. Anda mampu memperoleh tips membuka aplikasi yang lain di artikel 5 Cara Cepat Membuka Aplikasi Di Windows.





3. Menjalankan aplikasi dengan Keyboard Shortcut





Keyboard Shortcut jauh lebih singkat dibandingkan anda mengambil mouse, kemudian membuka aplikasi dengan klik kiri. Dengan beberapa variasi keyboard saja, anda bisa melaksanakan banyak hal, termasuk dalam melakukan aplikasi. Ya, anda mampu melakukan seluruh aplikasi favorit anda dengan keyboard shortcut. Bagaimana caranya?





Klik Kanan Properties Aplikasi




Silahkan anda temukan dahulu icon shortcut aplikasi favorit anda. Entah itu di desktop, di Start Menu, ataupun di tempat lainnya. Jika telah, klik kanan saja icon-nya dan klik “Properties”.





Memberikan Shortcut Ke Aplikasi




Pada kolom “Shortcut key:” berikan variasi shortcut untuk aplikasinya (dalam contoh ini: Spotify). Shortcut mesti diawali dengan kombinasi “CTRL + ALT”. Kemudian tombol selanjutnya, silahkan anda buat sendiri. Kali ini, aku akan menawarkan tombol shortcut “CTRL + ALT + W” untuk membuka Windows Media Player. Jika sudah, klik OK.





Dimanapun dan kapanpun anda memakai komputer, anda mampu menekan kombinasi shortcut tersebut untuk membuka Windows Media Player. Sangat cepat bukan? Silahkan anda lakukan cara tersebut di semua aplikasi favorit anda.





4. Menggunakan Snap untuk membagi layar menjadi beberapa bagian





Bayangkan perkara ini. Anda ingin meng-copy banyak file dan file tersebut berada di banyak daerah. Biasanya yang kita lakukan yakni mencari 1 daerah terlebih dulu, lalu paste di daerah tujuan. Kemudian, anda cari lagi file yang ingin di-copy dan menuju kembali ke kawasan tujuan untuk di-paste. Itu sangat mencampakkan waktu!





Snap Di Windows 10




Dengan Snap, anda mampu membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Yang perlu anda lakukan yakni buka 2 jendela File Explorer. Kemudian klik dan bawa jendela File Explorer pertama ke kiri atau kanan layar anda. Dalam acuan ini, saya membawa jendela File Explorer pertama ke kanan. Maka di bab kiri layar, anda dapat menentukan satu jendela lagi untuk mengisi setengah layar di bagian kiri. Pilih saja jendela kedua dari File Explorer.





2 Jendela File Explorer




Jika sudah, anda mampu klik dan bawa file dari jendela File Explorer kiri ke kanan tanpa perlu mencari direktori tujuan. Ada banyak hal yang mampu anda lakukan dengan Snap. Anda bisa melakukan komparasi 2 file yang seperti, atau mengerjakan 2 proyek sekaligus bila anda mempunyai layar yang besar.





5. Gunakan klik tengah (tombol scroll) di mouse untuk membuka jendela gres atau menutup jendela





Jika aplikasi yang anda buka mendukung multi-window mirip File Explorer yang dibahas sebelumnya, maka anda mampu menggunakan klik tengah dengan tombol scroll di mouse anda.





Klik Tengah Di Icon Pada Taskbar




Silahkan anda buka satu saja File Explorer. Kemudian, arahkan kursor mouse anda ke Taskbar dan tujukan ke icon File Explorer. Coba anda klik tengah, maka akan ada jendela baru yang muncul. Cara ini bisa anda kerjakan di semua aplikai yang mendukung jendela gres lainnya, mirip Microsoft Office dan browser kesayangan anda.





Klik Tengah Di Thumbnails




Hal lain akan terjadi Jika anda menekan klik tengah pada thumbnail dari jendela seperti pada gambar diatas. Maka anda akan menutup jendela tersebut.





6. Menggunakan Task View/Virtual Desktop (Windows 10)





Task View Windows 10




Dengan Task View atau Virtual Desktop, anda bisa membuka kawasan kerja baru di Windows. Sehingga, semua aplikasi yang anda buka saat ini tidak akan terlihat jika anda membuat Virtual Desktop baru. Dengan begitu, anda dapat lebih fokus melaksanakan peran anda. Misalnya di Desktop 1, anda mengerjakan peran kuliah anda. Kemudian di Desktop 2, anda dapat menjalankan tugas kantor anda.





Hal ini telah di diskusikan di postingan sebelumnya adalah Cara Menggunakan Virtual Desktop Di Windows 10. Silahkan anda cek di artikel tersebut.





Manajemen Aplikasi di Windows sangatlah penting!





Dari semua cara yang dibahas, adakah yang belum pernah anda lakukan? Atau, apakah anda mempunyai cara lain untuk menertibkan atau memanajemen aplikasi di Windows? Silahkan anda bagikan di kotak komentar semoga siapa pun mampu mengetahuinya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar