"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Mengetahui Situs Yang Memberatkan Komputer Di Google Chrome


Semakin hari, situs web makin mempesona untuk dilihat dan makin kompleks. Karena makin kompleks, melihat isu di internet ketika ini juga butuh tenaga lebih yang lazimnya membebankan komputer anda. Semakin banyak situs yang anda lihat di browser anda, kian bekerja ekstra komputer anda. Lalu, bagaimana cara mengenali situs yang memberatkan komputer di Google Chrome?









Menggunakan Google Chrome Task Manager





Layaknya tata cara operasi Windows, Google Chrome juga memiliki Task Manager. Sehingga, anda bisa melihat banyak beban di setiap situs yang anda buka. Untuk membuka Task Manager untuk Google Chrome, anda bisa klik Menu Chrome dengan icon 3 titik di kanan atas layar anda. Kemudian arahkan ke More Tools > Task Manager.





Google Chrome Task Manager




Atau, anda mampu menekan tombol Shift + Esc dan jendela Task Manager akan terbuka. Setelah muncul, anda bisa menyaksikan beberapa gosip mirip berikut:





  • Task: Berisi informasi situs atau extension yang berjalan di Google Chrome.
  • Memory Footprint: Jumlah kapasitas RAM yang dipakai.
  • CPU: Persentase penggunaan CPU.
  • Network: Jumlah bandwidth internet yang digunakan.
  • Process ID: Tidak perlu diperhatikan. Ini hanya suatu nomor identitas yang diberikan oleh Chrome secara otomatis.




Dari Task Manager, anda bisa melaksanakan beberapa hal.





Menutup situs yang terlalu banyak memakan sumber daya komputer





Anda bisa klik pada kolom Memory Footprint dan menyortir situs menurut penggunaan RAM yang terbanyak. Jika sudah ketemu, anda mampu menutup situs tersebut semoga penggunaan RAM tidak terlampau banyak. Hal ini bisa anda lakukan ketika anda merasa komputer anda melambat seiring banyaknya situs yang anda buka.





Menghapus extension





Selain situs yang dibuka, di Task Manager juga diperlihatkan extension yang berjalan. Sama seperti situs, extension juga memiliki beban memori. Anda bisa menghapus extension tersebut jikalau dirasa ekstension itu memberatkan atau telah jarang dipakai.





Menggunakan extension OneTab





Bagi anda yang sangat suka membuka banyak situs dalam satu waktu, anda perlu mempunyai extension yang mampu mengontrol seluruhnya. Salah satu extension tersebut yaitu OneTab. Extension ini mampu mengontrol tab dan juga mengurangi penggunaan RAM di komputer anda.





Extension One Tab Google Chrome




Silahkan anda install Extension OneTab. Setelah itu, silahkan klik icon extension OneTab dan seluruh tab anda yang terbuka akan disimpan di satu halaman.





Situs Di One Tab




Setelah anda klik icon OneTab, maka tampilannya menjadi seperti diatas. Seluruh tab yang terbuka akan disimpan di satu tempat. Untuk mengunjunginya, anda cuma perlu mengklik link yang tersedia. Jika anda membuka tab sebanyak 20 tab atau lebih, menggunakan OneTab akan meminimalisir penggunaan RAM secara drastis.





Memberikan Nama One Tab




Selain itu, anda juga mampu memperlihatkan nama terhadap kumpulan tab tersebut. Caranya ialah anda tinggal klik pada bagian kiri atas di bersahabat jumlah tab dan mulai ketik namanya mirip animasi diatas.





Selesai sudah postingan Cara Mengetahui Situs Yang Memberatkan Komputer di Google Chrome





Setelah mengikuti tips di artikel ini, saya yakin komputer anda menjadi lebih cepat sehingga anda bisa membuka aplikasi lain secara serempak. Jika tidak, anda bisa melihat beberapa kiat untuk mempercepat komputer Windows.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar