"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Bahyudin Nor - Membuat Dokumen Baru Dan Menyimpan Di Photoshop

Membuat Dokumen Baru Dan Menyimpan Di Photoshop

Bahyudin Nor -  Membuat Dokumen Baru Dan Menyimpan Di Photoshop. Salam Desainer untuk para sobat pengunjung blog ini. Kali ini kita akan membuat dokumen baru dan menyimpannya pada aplikasi pengolah foto yaitu Adobe Photoshop. Gimana caranya, eksklusif saja berikut tutorialnya..

Membuat Dokumen Baru
Pertama
Buka Aplikasi Adobe Photoshop di Laptop atau PC kalian. Ada 2 Cara yang bisa kalian pilih untuk membukanya. Pertama dari Menu Start Windows > Kemudian Pilih Shortcut Adobe Photoshop yang sudah terurut sesuai alfabet.
Cara kedua kalian bisa langsung membukanya di dalam folder instalasinya. Buka File Explorer (Ctrl+E) Lalu Masuk ke Drive C : > Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CC 2018 > Kemudian cari file Photoshop.exe lalu klik 2 kali.

Kedua

Setelah Aplikasi Photoshop terbuka, Pilih Menu File > New (Ctrl+N)

Setelah itu muncul jendela New Document, disini kalian bisa pilih ukuran yang ingin kalian gunakan. Mimin pilih Print > A4 (210 x 297 mm @300 ppi)
Jika kalian ingin mengcustom sendiri ukuran lembar kerja yang ingin kalian gunakan, kalian bisa isikan sendiri di menu bar

1. Width(lebar), Height(tinggi), pilih satuannya millimeters / pixels / inches / centimeters / point

2. Resolutions (Untuk offset atau printing bisa memakai resolusi 300dpi. Untuk keperluan cetak outdoor atau indoor bisa menggunakan resolusi 100 - 150dpi.Untuk content atau benner website mampu menggunakan resolusi 72 dpi. Sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan.

3. Color Mode (Bitmap, Grayscale, RGB Color, CMYK Color) Pilih sesuia keperluan kalian. Disini aku menentukan RGB Color alasannya kebutuhan rancangan hanya sebatas layout saja (maksudnya untuk di tampilkan di perangkat komputer/mobile). Kalau ingin digunakan untuk keperluan cetak banner kalian mampu pilih CMYK Color.

Setelah selesai mengatur ukuran yang diinginkan, kalian bisa klik Create. Maka penampilan lembar kerja kalian seperti ini..


Menyimpan Dokumen

Langkah ini adalah untuk menyimpan file hasil desain kalian. Setelah selesai dalam pembuatan desain lalu kalian ingin menyimpannya.. Kalian bisa pilih menu File > Save As

Pada jendela Save As, kalian isikan nama filenya, kemudian pilih Save As Type nya..

Disini bila kalian ingin suatu saat dapat melanjutkan atau mengganti hasil dari editan kalian, maka pilih Type Photoshop (*.PSD,*;PDD;*PSDT). Format Khusus Photoshop yang merupakan keseluruhan objek , effect, atau layer yang sudah kamu buat sebelumnya.

Jika ingn memperlihatkan hasil desain kalian saja, gunakan Type As JPEG (*.JPG;*.JPEG;*.JPE)

Lalu tekan Save.

Begitulah tutorial singkat cara membuat dokumen baru dan menyimpannya pada aplikasi Adobe Photoshop. Semoga dapat berguna.

Salam Desainer..

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar