"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Optimasi SEO Internal Link Blog Yang Efektif

Cara Optimasi SEO Internal Link Blog Yang Efektif
Cara Optimasi SEO Internal Link Blog Yang Efektif - Peran internal link atau tautan internal dalam dunia blogging telah menjadi hal yang sangat penting dan vital. Jika kita melihat goresan pena-tulisan di situs besar, niscaya di dalam goresan pena tersebut terdapat setidaknya satu hingga lima tautan yang akan mengalihkan pembaca ke tulisan yang yang lain.
OPTIMASI INTERNAL LINKBagi mereka yang masih baru dalam dunia blogging, mungkin internal link belum menjadi unsur penting dan masih jadi tanda tanya. Berbeda dengan mereka yang telah usang menjalani profesi ini, tautan jenis tersebut menjadi kewajiban semoga goresan pena menjadi lebih efektif dan digemari mesin penelusuran.

Menggunakan tautan antar halaman bahu-membahu sangat gampang dan sudah dijelaskan dengan lengkap di banyak sekali sumber, tetapi yang menjadi dilema cuma satu, ialah cara meningkatkan secara optimal yang sering menciptakan blogger salah kaprah dalam segi penggunaannya.

Pengertian dan Defenisi

Secara mendasar, internal link berasal dari Bahasa Inggris yang terdiri dari dua suku kata, adalah Internal yang memiliki arti Satu Wadah, Tempat, atau Jenis. Sedangkan itu, Link memiliki arti Tautan. Jika digabungkan, Internal link ialah Tautan dalam satu wadah, daerah, atau jenis.

Tautan jenis tersebut memiliki kegunaan untuk memudahkan robot mesin pencari seperti Google dalam memperoleh dan mengindeks suatu tulisan. Jika Google sudah terbiasa menyaksikan tautan Anda, tentu bukan perkara sukar bagi mesin penelusuran untuk mengindeks dan memperlihatkan peringkat yang lebih tinggi.

5 Cara untuk Mengoptimasi Internal Link di Blog

Usahakan untuk Membuat Konten yang Lebih Banyak dan Saling Berkaitan

Inilah yang menjadi poin paling penting dalam pembahasan kali ini. Dengan banyaknya konten goresan pena yang ada, maka semakin banyak pula goresan pena yang bisa diseleksi untuk digunakan sebagai internal link. Saran aku, buat konten tulisan dengan keyword turunan dari postingan sebelumnya. Dengan begitu, postingan akan lebih mudah untuk dihubungkan.

Sebagai teladan, kalau di artikel sebelumnya Anda membicarakan dilema template gratis, maka Anda mampu menggunakan kata kuncitemplate premium di artikel berikutnya. Dengan begitu, artikel akan lebih gampang untuk dikaitkan satu sama lain.

Gunakan Anchor Text

Bagi yang belum tahu saja, anchor text ialah kata atau kalimat yang berfungsi selaku penegas dari suatu tautan. Namun dalam penggunaan anchor text tersebut, jangan menggunakan kata atau kalimat seperti di sini, klik di sini, dan tekan link berikut ini. Sebaiknya, gunakan anchor text yang mengandung kata kuncipada postingan yang mau dituju.

Hal tersebut berguna untuk memberikan sedikit deskripsi mengenai postingan target. Selain itu, Google memang mengusulkan untuk memakai kata kuncidi setiap anchor text.

Gunakan Link yang Relevan dengan Topik Pembahasan

Dalam penggunaannya, wajib hukumnya untuk menggunakan link yang berhubungan dengan topik pembahasan yang sedang ditulis. Selain memudahkan pembaca dalam mencari isu lainnya yang berhubungan, hal tersebut memang telah ada dalam panduan kebijakan Google.

Gunakan Link Dofollow

Link dofollow ialah jenis tautan yang akan menawarkan perintah kepada robot mesin telusur untuk mengikuti tautan tersebut. Agar SEO blog menjadi lebih optimal, gunakan link dofollow tersebut di setiap internal link yang digunakan di dalam tulisan. Sementara itu, link nofollow mampu dipakai untuk optimasi eksternal link.

Gunakan Secukupnya

Internal link memang menjadi unsur yang sangat penting untuk dipakai dalam mengoptimasi tulisan, namun gunakan dengan sewajarnya saja. Jangan memakai dalam skala yang banyak, takutnya mutu halaman menjadi berkurang. Sedikit-sedikit link, sedikit-sedikit link, hal tersebut hanya akan menciptakan mood untuk membaca menjadi menyusut.

Catatan

Untuk penulisan, gunakan format berikut ini:

#
" target="_blank" title="Cara Optimasi Internal Link Blog yang Efektif"block">#">Anchor text di sini
  1. Atribut title ialah judul singkat dari suatu link
  2. Atribut target ialah perintah terhadap browser untuk membuka halaman baru pada dikala link diklik atau ditekan
  3. Tag strong ialah perintah untuk menebalkan aksara yang ada di dalamnya. Penggunaannya seperti dengan tag b
  4. Anda juga bisa menyertakan format tulisan di atas dengan atribut rel dengan nilai nofollow, noopener, dan noreferrer jikalau diperlukan.

Penutup

Walaupun terkesan gampang untuk dilaksanakan, tetapi meningkatkan secara optimal dari suatu internal link semoga lebih efektif bisa dikatakan susah. Salah sedikit saja, maka taruhannya adalah skor SEO blog. Mulai dari sekarang, perhatikan setiap tautan yang Anda gunakan di setiap halaman goresan pena.

Hal tersebut berkhasiat untuk meingkatkan skor SEO blog agar lebih baik. Dengan skor SEO yang lebih baik dan tinggi, maka goresan pena lebih memiliki peluang masuk ke halaman pertama mesin penelusuran.

Cukup sekian postingan perihal Cara Optimasi SEO Internal Link Blog Yang Efektif ini, Terima kasih.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar