"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

7 Cara Edit Video Biar Tidak Kena Hak Cipta Dan Copyright Dari Youtube

Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright dari YouTube dan Facebook Terbaru – Seiring maraknya perkembangan dunia digital menciptakan orang kini berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah konten video baik untuk media Facebook, Instagram, Youtube maupun media yang lain. Memang saat menciptakan suatu video dibutuhkan hal kreativitas agar konten video yang di buat banyak ditonton orang dan laku di pasaran.

7 Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright

Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright dari YouTube dan Facebook Terbaru 7 Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright dari YouTube

Adapun untuk cara melaksanakan sebuah langkah mengedit video biar tidak kena hak cipta dan juga copyright ialah sebagai berikut ini.

1. Pakai Video yang Menggunakan Keterangan Licence Creative Commons

Pastinya jikalau teman ini mengambil video orang lain dengan begitu saja tanpa adanya izin atau link dari sumber video, kemungkinan besar sahabat ini akan masih terkena pelanggaran hak cipta dan copyright. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menentukan video yang memiliki keterangan Licence Creative Commons.

Adapun untuk kiat mencari video yang memiliki keterangan licence creative commons yaitu sebagai berikut:

  1. Silahkan sobat datangi Youtube.
  2. Ketikan saja kata kuncidi sajian pencarian Youtube, kemudian klik atau tekan enter.
  3. Jika video yang memiliki keterangan licence creative commons telah muncul, klik Filters dan pilih Video Creative Commons.
  4. Langsung saja unduh video yang telah sahabat pilih. Lakukan editing sekreatif mungkin supaya lebih menawan. Kemudian buatlah suatu kompilasinya.

Ikuti kiat tersebut dengan benar, semoga video kompilasi yang sobat buat tidak kena hak cipta dan juga copyright.

2. Ubah Resolusi Video dan Tambahkan Efek Baru pada Video Tersebut

Salah satu cara selanjutnya ialah editing video agar tidak kena hak cipta dan copyright adalah dengan melaksanakan langkah-langkah mengubah resolusi video yang aslinya. Misalnya saja: Video yang orisinil 720p, maka dalam hal ini silahkan sahabat ubah menjadi 360p. Adapun untuk mengubah resolusi videonya, sobat mampu menggunakan suatu software untuk memperkecil video, seperti halnya aplikasi Hanbrake.

Setelah sahabat sukses mengubah resolusinya, biar video tersebut tidak sama persis dengan video yang aslinya, maka sobat mampu menyertakan sebuah efek. Adapun imbas yang dimaksud itu seperti: menyertakan frame pada video atau sobat mampu menambahkan imbas yang yang lain. Nah, untuk mampu menambahkan efek pada video, maka sahabat dapat memanfaatkan fitur yang tersedia di aplikasi edit video.

3. Kompilasikan Videomu Sekreatif Mungkin

Jika sobat sudah kehabisan ide untuk menciptakan sebuah konten video, maka teman dapat menciptakan sebuah kumpulan belahan video atau kompilasi sebuah video secara kreatif. Artinya sahabat ini jangan asal ambil video karya dari orang lain, tetapi lakukan sebuah kompilasai video secara kreatif.

Nah, dengan melakukan suatu kompilasi video, kemungkinan besar sobat tidak kena hak cipta. Hal tersebut alasannya adalah sahabat ini hanya mengambil bagian video saja. Namun, perlu kamu ingat meskipun teman ini cuma mengambil kepingan video, tetap alangkah baiknya bila sobat tetap menyertakan sumber video di kompilasi video yang gres teman buat. Hal tersebut dapat dipakai sebagai post credit kepada si pemilik video aslinya.

4. Ubah Suara Audionya dan Tambahkan Sebuah Musik Bebas Copyright

Ada cara yang lain untuk mampu edit video dari video yang aslinya yakni dengan cara mengedit musik agar lolos dari copyright dan menyertakan suatu musik bebas copyright. Adapun untuk mengganti audio video ini, teman mampu memakai bantuan software khusus, seperti: Aplikasi Adobe Audition atau Audacity. Ubah audio sekreatif mungkin biar jauh lebih menarik penonton.

Selain itu, sobat juga mampu menambahkan suatu musik yang bebas copyright. Nah, untuk menyertakan sebuah musik bebas copyright ini, teman tidak perlu cemas sebab lazimnya pihak Youtube sudah menawarkan konten audio yang bebas copyright. Caranya adalah silahkan sahabat temukan di audio library Youtube. Setelah sahabat sukses menentukan musik atau audio yang tepat untuk video kompilasimu, tambahkan musik tersebut ke video kompilasimu tersebut.

5. Tambahkan Intro dan Outro pada Video

Satu lagi yang tak ketingalan yang harus dilakukan agar editing video kompilasimu itu tidak kena hak cipta yakni dengan menyertakan intro dan outro video. Tentu saja sehabis rangkaian editing yang sobat  lakukan, teman ingin memiliki video yang betul-betul berlainan dengan video yang aslinya.

Oleh sebab itu, sungguh direkomendasikan untuk menambahkan sebuah intro dan outro pada video. Soal menyertakan audio intro dan outro ini, sobat dapat menggunakan sumbangan software dan template audio yang tersedia. Sobat juga mampu mengunduhnya di google play.

6. Meminta izin kepada pemilik hak cipta 

Cara gampang menangani copyright lagu di youtube yang juga mampu sahabat tempuh ialah dengan meminta izin terhadap si pemilik hak cipta. Hanya saja, umumnya sobat akan membayar sejumlah uang untuk memakai lagu-lagu yang mempunyai hak cipta tersebut untuk mampu digunakan. Silahkan pelajari saja cara meminta izin hak cipta lagu terhadap pemilik si hak ciptanya. 

7. Membuat video yang original

Cara mudah untuk upload lagu atau Video ke youtube tanpa kena hak cipta yang paling cantik dan sangat dianjurkan yaitu dengan menciptakan video originalnya. Jadi, bukan hanya video original saja yang bebas hak cipta dari sisi video reupload tapi juga dapat dilihat dari sisi audionya.

Untuk lagunya sahabat mampu gunakan yang free license atau mampu beli lisensinya. Namun sebelumnya, pastikan dulu video-video yang akan sobat upload memang betul-betul unik, original dan kreatif semoga mampu dirasakan penontonnya.

Totalitas dalam menciptakan sebuah konten video Youtube yang original dan beda dari lainnya tentu menjadi kunci berhasil seorang Youtuber. 

Sekedar gosip embel-embel perihal Claim conten ID: Jika salah satu video sahabat itu terjaring razia hak cipta dan diklaim oleh orang pihak ketiga maka sahabat tidak akan bisa menampilkan iklan di dalam video tersebut. Sementara si pihak pengklaim bisa memasang iklan di video tersebut selaku si pemilih hak cipta.

Baca Juga : Cara Download Video YouTube Teknik SS

Akhir Kata

Demikianlah cara edit video dengan gampang supaya lolos copyright di Youtube, facebook dan di media yang lain, baik itu video reupload dan Audio bebas hak cipta. Semoga ulasan ini bisa berguna!. Selamat mencoba, supaya berhasil. Sampai jumpa lagi di ulasan yang yang lain.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar