"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

7 Peran Penting Seorang Creative Director Dalam Pembuatan Video Game

7 Peran Penting Seorang Creative Director dalam Pembuatan Video Game - Dari dahulu hingga kini ini pasti kita sudah memainkan banyak sekali jenis video game yang tentunya terbilang cukup populer serta terkenang di kenangan para gamer, entah itu dengan genre tipe RPG, Shooter, Action-Adventure, tentu itu semua telah pasti pernah kita mainkan. 

Peran Penting Seorang Creative Director Video Game

Peran Penting Seorang Creative Director dalam Pembuatan Video Game  7 Peran Penting Seorang Creative Director dalam Pembuatan Video Game

Dibalik suatu kesuksesan game tersebut, tentu ada salah satu jabatan yang sangat penting dimana senantiasa ada dalam pengerjaan video game tersebut, yaitu seorang Creative Director. Memang, ya walaupun untuk jabatan lain pun juga sama pentingnya. Tapi kami rasa jabatan ini terasa lebih menarik, menantang dan hal ini mungkin merupakan yang terberat ketika sobat pembaca mendapatkannya. Mengapa demikian? dengan hal ini maka pembaca bisa menyaksikan tugas-peran yang mau kami uraikan di bawah berikut ini.

1. Bekerja sama dengan Para Publisher dan bab dari penjualan

Tentu hal ini merupakan sebuah yang cukup mempesona bagi kami. Karena kami akan sungguh kecewa jikalau nantinya itu ada game dengan mutu yang sangat apik dan menjanjikan namun iklan serta video promosinya yang dilakukan pihak developer tidak mempunyai kualitas yang tidak diperlukan, bila hal ini sampai terjadi pasti akan berakibat fatal pada proses distribusi game itu sendiri. mampu di ambil teladan dari game mobile Arknights di tahun 2019, dimana iklan yang dikerjakan oleh Yostar ia selaku publisher sungguh-sungguh tidak cocok dengan mutu gameplay yang ditawarkan ke publik. Kami bahkan bersyukur tidak terpengaruhi adanya iklan tersebut dan kami pribadi jatuh cinta dengan mencoba eksklusif game mobile besutan Hypergryph ini.

2. Perlu memiliki pengalaman selaku Game Designer yang Mumpuni

Tak kalah penting, ini ialah salah satu cara yang baik untuk dapat ditunjuk sebagai seorang game designer. Jabatan seorang Game Designer juga mampu dipastikan akan melakukan pekerjaan di bawah Creative Director, alasannya seorang Creative Director hanya bisa mengarahkan dan menawarkan sebuah pandangan baru-ilham terkait dengan IP mereka. Sedangkan untuk seorang Game Designer akan mengeksekusi ilham tersebut dengan sesuai isyarat dari Creative Director. Biasanya, seorang Game Designer itu punya pengalaman untuk bekerja di bab instruksi pemrograman dan sekaligus mahir desain grafis, tetapi tidak juga menutup kemungkinan jikalau pengalaman yang diharapkan dilapangan akan lebih banyak dari yang diperkirakan.

3. Menetapkan anggaran atau pengeluaran yang dibutuhkan dikala Pembuatan

Adapun terkait dengan anggaran yang dikeluarkan, tentu hal ini perlu dicermati dengan baik, dengan cita-cita bahwa biar ongkos buatan yang nantinya dikeluarkan mampu optimal dan mampu mendapatkan keuntungan yang cukup maksimal atau memuaskan dari sisi penjualan. Kami berharap dengan adanya ulasan ini pembaca yang ingin menciptakan video game maka perlu berhati-hati bila pendanaan itu bersumber dari seorang investor. Jadi, jalan terbaik yang mungkin bisa kalian lakukan adalah dengan melaksanakan crowdfunding, alasannya adalah hal ini merupakan salah satu strategi yang justru bisa menciptakan timbal balik dan player nantinya mampu merasa menjadi bagian dari adanya pertumbuhan atau proses pembuatan video game itu sendiri.

4. Menetapkan acara aktivitas secara teratur dan terstruktur

Yang tak kalah penting menurut pengetahuan yang diperoleh kami, tentu ini ialah sesuatu yang tidak bisa dianggap remeh ya!. Hanya saja dalam pengerjaan sebuah video game memang cukup sukar kalau cuma menebar akad perihal kapan sebuah video game itu dirilis yang mana nantinya akan berujung dibatalkan jikalau nantinya tidak sesuai impian. Sehingga bagi player yang sedang menunggu seri ini semenjak lama dan ternyata datang-tiba tidak adanya kepastian dari developer, tentu si player akan merasa jenuh dan bahka bisa tidak terpesona untuk menunggu lebih lama. Terutama dikala previewnya atau trailer gameplay yang disediakan atau di tayangkan tidak terlihat menjanjikan.

5. Merupakan ‘muka’ paling depan selain HR

Pada lazimnya , HR ialah salah satu wajah terdepan dari perusahaan mereka dan juga ada posisi mirip Employer Branding dalam sebuah perusahaan, hal ini guna menarik minat kandidat para karyawan. Tapi hal ini berlawanan dengan perusahaan agency atau industri kreatif manapun ya, alasannya adalah seorang Creative Director umumnya akan muncul kepermukaan dalam pameran video game dan ia akan mempresentasikan hasil karyanya yang sudah dikerjakan bersama tim miliknya. Jadi, untuk hal ini tentu perlu memiliki skill public speaking yang baik serta cakap demi menarik minat para gamers.

6. Bekerja secara pribadi di bawah CEO

Sudah dapat ditentukan, seorang Creative Director nantinya akan melakukan pekerjaan secara langsung dari arahan CEO. Dari CEO inilah seorang Creative Director pasti akan sering melakukan pengawasan ke setiap departemen dari project atau IP yang nantinya sedang dilakukan dengan menelepon setiap kepala departemen tersebut. Dengan hal ini, posisi Creative Director itu bukanlah posisi yang dipandang sebelah mata ya, alasannya kalau sebuah proyek akan terancam gagal dalam menarik minat pemain, bahkan memiliki banyak bug sesudah yang di distribusikan ke gamer, serta tidak adanya laba maksimal yang di mampu atau balik modal dari game yang sudah dirilis. Kaprikornus, skill Leadership serta komunikasi yang tangguh sangat diperlukan untuk posisi ini.

7. Wajib menumbuhkan lingkungan kerja dan budaya kerja modern

Menurut kami ini hal yang juga relatif penting bila dari lingkungan kerja atau adanya budaya kerja yang diterapkan. Seorang Creative Director perlu membuat situasi kerja yang tenteram dan serta sesuai dengan persyaratan perusahaan yang telah berlaku. Hal ini dikerjakan demi kemakmuran para pekerja (well-being) dalam menggarap IP gres mereka dan agar sesuai dengan kinerja karyawan serta karyawan tidak merasa bosan dengan situasi kerja yang gres. Mengingat adanya para karyawan yang melakukan pekerjaan di dalam industri semacam ini ialah seseorang yang mudah sekali jenuh dan haus akan hal gres, pasti hal ini akan menjadi tanggung jawab tersendiri bagi seorang Creative Director dalam mengarahkan para karyawannya.

Akhir Kata

Baiklah, itulah tadi ulasan dari peran-peran seorang Creative Director dalam industri video game. Sebenarnya, nama untuk Creative Director pun juga mampu berlawanan-beda di setiap perusahaannya dan juga bisa merangkap dengan jabatan lainnya, tergantung dari studio game atau pihak perusahaan yang menaunginya. Tapi jika dalam sebuah industri video game, seorang Creative Director ialah salah satu jabatan yang berpengaruh besar dan layak untuk kalian miliki, bahkan jabatan ini juga terbilang cukup disegani jikalau nantinya berhasil melahirkan IP gres dan segar bagi para gamers.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar