Berbagi Pengalaman Mendapatkan Sertifikat Google fo Education

Bagi teman-teman guru yang berminat mendapatkan sertifikat seperti ini ada dua cara bisa langsung menebus voucer ke google dengan biaya Rp 160.000
Bahyudinnor.Com - "Alhamdulillah Lulus ujian Google Classroom Edocator Level 1 (GCE L1)", begitulah ucap salah satu guru yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Bagi teman-teman guru yang berminat mendapatkan sertifikat seperti ini ada dua cara bisa langsung menebus voucer ke google dengan biaya Rp 160.000 atau dengan mengikuti kegiatan webinar di https://belajar.id/.

Teman-teman bisa mengukiti jalur kedua yaitu dengan mengikuti kegiatan webinar selama 4 hari. tapi untungnya kita tidak mesti harus mengikuti di waktu itu, kita bisa juga menonton rekaman video jika kita tidak sempat live di waktu itu. Tapi jangan lupa isi daftar hadirnya (ada tenggat waktunya juga) dan aktif saat webinar. Waktu itu peserta yang mengikuti webinar Desember ada 5000 orang, yang beruntung dapat undangan  hanya 59 orang.

Peserta yang dapat undangan akan digabung dalam satu kelas di Google Classroom untuk mengikuti persiapan Ujian. Tahap ini semua peser wajib menyelasaikan course GCE L1 di https://teachercenter.withgoogle.com/ sebanyak 13 unit dan nilai reviewnya wajib 100 semua . Waktu yang diberikan hanya 2 hari untuk menyelesaikan course.

Tipsnya yang bisa kami berikan yaitu kalian ubah dulu bahasa menjadi bahasa Indonesia, baca materi dahulu tapi jika sudah terbiasa menggunakan Google Suite bisa langsung kerjakan saja. Untungnya soal reviewnya bisa diulang berkali-kali jika tidak mencapai nilai 100. Tips kepepetnya (japri aja😊)

Bagi peserta yang sudah menyelesaikan tugas sebelum duetime akan diberikan voucher ujian secara gratis (Voucher ini sebenarnya berbayar, harganya Rp 160.000). Setelah itu voucher ditukarkan dengan akun ujian GCE L1. Anda diberikan waktu 8 hari untuk mengikuti ujian setelah menukarkan voucher dengan akun ujian.

Sebelum tes, tips dari saya banyak-banyak belajar tentang Google Suite For Education (GSites, Gslied, GDocs, GSheets, GForm, GClass, GCalender, GGroup, GChat, GMail) . Kalian bisa mengunjungi web https://belajardimanasaja.refoindonesia.com/ atau tonton saja channel youtube REFO INDONESIA atau KOK BISA. Kalau saya sangat beruntung karena sebelum ujian saya mengikuti kegiatan Pelatihan G-Suite yang diadakan oleh REFO.

Oke lanjut persiapan ujian, nah sesaat sebelum ujian ada beberapa hal yang perlu disiapkan diataranya:

  1. Pastikan jaringan internet lancar,
  2. Kondisi Tubuh fit, 
  3. Suasana tenang, 
  4. Siapkan air minum, 
  5. Lalu yang terpenting tempat ujian jangan jauh-jauh dari WC.

Hal-Hal diatas sangat perlu diperhatikan karena ujiannya Full Online lalu durasi waktunya cukup lama yaitu 3 jam.

Saat ujian perlu atur strategi karena meski durasi waktunya 3 jam tapi ternyata itu sangat singkat. Soal terdiri atas dua bagian yaitu soal teori dan soal praktek. 

Soal teori terdiri atas 20 nomor (Bentuk soalnya PG & Drag n Drop. Soal teorinya cukup menantang karena soalnya panjang-panjang (soalnya berupa permasalahan pendidikan yang dikaitkan dengan GSuite). 

Saran saya selesaikan ujian ini dalam waktu 20 - 30 menit , kalau ada yang tidak tau lewati saja tapi jangan lupa mark soal tersebut nanti sebelum submit baru kerjakan lagi begitu juga soal praktek. 

Sesi terakhir adalah soal ujian praktek sebanyak 11 bagian, tiap bagian terdiri dari 2 sampai 6 cabang soal. Soalnya cukup mudah jika sudah terbiasa menggunakan GSuite. Hanya karena soalnya bercabang-cabang makanya kita harus cepat, Nah disini kecepatan internet sangat mendukung. Untuk soal praktek sediakan waktu minimal 2,5 jam.

Sertifikat GCE L1 tingkat pertama, masih ada tahap di atasnya yaitu GCE L2, Google Master Trainer, Google Innovator.

Semoga kawan-kawan pendidik bisa mengikuti dan berbagi juga! Amin

Yuk yang mau berbagi pengalaman silahkan komentar ya!!

=======