Aplikasi Kurikulum SMK/MAK K13 Sebagai Pedoman Guru/Pendidik

Aplikasi Kurikulum SMK Spektrum Kurikulum, KI/KD Setiap Mata Pelajaran yang di ajarkan.
Bahyudinnor.Com - Kurikulum adalah seperangkat atau suatu sistem perencanaan dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya kurikulum adalah rencana pembelajaran untuk mengukur kemampuan diri dan konsumsi Pendidikan.
Untuk memudahakan didalam memanajemen kurikulum sebagai pedoman perencanaan dibuatlah aplikasi yang secara khusus dibuat untuk Kurikulum SMK K13.
Perlu kami sampaikan kepada Bapak/Ibu Kepala SMK di seluruh Indonesia bahwa dengan bangga kami meluncurkan Program Aplikasi Kurikulum SMK.

Kami mohon perkenan Bapak/Ibu mengunduh aplikasi tersebut. Sebagai informasi, dalam Aplikasi Kurikulum SMK tersaji berbagai informasi yang berkaitan dengan SMK. Saat ini informasi yang utama ada dalam aplikasi tersebut meliputi Spektrum SMK, Struktur Kurikulum SMK, KI dan KD tiap-tiap mata pelajaran yang diajarkan di SMK, serta informasi mengenai SMK-SMK yang ada di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, untuk informasi setiap sekolah meliputi nama dan alamat lengkap SMK serta Bidang Keahlian, Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian yang dimiliki setiap sekolah.

Mengapa kami menyajikan informasi tentang SMK sedemikian lengkap? Tidak lain karena kami ingin sekali berkontribusi kepada masyarakat luas yang ingin mengetahui berbagai hal mengenai SMK di Indonesia. Terutama, kepada para orang tua yang menginginkan anaknya bersekolah di SMK dan para siswa kelas IX SMP/MTs yang ingin melanjutkan pendidikannya di SMK, kami berusaha dengan aplikasi tersebut memberikan informasi selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya mengenai SMK-SMK yang tepat dimasuki sesuai minat dan bakat masing-masing.

Bapak/Ibu Kepala SMK yang kami hormati, sangat mungkin terjadi data-data SMK yang kami peroleh ada yang tidak tepat, karena terjadinya perubahan-perubahan kebijakan pengelolaan. Sebagai contoh, terjadinya penambahan Kompetensi Keahlian di suatu SMK atau sebaliknya karena ditutupnya suatu Kompetensi Keahlian di SMK yang lain.

Cara Menggunakan Aplikasi Kurikulum SMK

  1. Sebelum anda menggunakan Aplikasi Kurikulum SMK, Silahkan anda Download dan Instal Terlebih dahulu. Klik disini untuk download.
  2. Setelah terdownload di ponsel anda. Lakukan pemasangan dengan cara klik aplikasi yang terdownload kemudian pencet Pasang (1) dan Selanjutnya Klik Instal (2). Jika anda memasang aplikasi diluar Playstore anda wajib memberikan akses dengan cara Setelan (3).
  3. Selanjutnya Izinkan aplikasi untuk mengakses ponsel anda dengan cara klik ikon “Izinkan App Sumber Ini” (4) setelah di izinkan tekan back/Kembali untuk instalasi dan buka Aplikasi (5), dilanjutkan untuk mengizinkan aplikasi mengelola ponsel anda (6).
Sampai proses instalasi Aplikasi Kurikulum SMK sudah berhasil. Selanjutnya anda bisa mempelajari isi di didalamnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Kurikulum SMK

Setelah anda berhasil menginstal Aplikasi Kurikulum SMK, dilanjutkan Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Kurikulum SMK.
  1. Silahkan buka aplikasi yang sudah terdownload (wajib terhubung internet). Maka akan ada beberapa pilihan menu, yaitu Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, Spektrum Struktur Kurikulum KI & KD, Data Sekolah, Kontak, dan Maklumat.
  2. Saya akan membuka “Spektrum Struktur Kurikulum KI & KD” untuk melihat KI & KD yang ada di Program Keahlian “Teknik Komputer & Informatika” Jurusan “Multimedia
  3. Selanjutnya muncul menu baru berupa Spektrum SMK dari berbagai macam Bidang Keahlian. Disini saya pilih Nomor 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” dan saya pilih Teknik Komputer & Informatika” Jurusan “Multimedia
  4. Ditahap ini akan ada informasi Informasi Kompetensi Keahlian berupa Bidang Keahlian, Program Keahlian, Kompetensi Keahlian, Jam Pelajaran, Sekolah, KI & KD, dan Buku Pelajaran.
  5. Selanjutnya saya coba untuk mengakses isi KI & KD dengan memilih KI & KD, Maka akan ada semua mata Mata Pelajaran yang ada di Jurusan Multimedia yang masing-masing mata pelajaran memiliki Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
Demikianlah Cara Memanfaatkan Aplikasi Kurikulum SMK Mulai dari Cara Instal sampai Cara menggunakannya. Semoga ini bermanfaat.